PROBLEMATIKA INTERAKSI SISWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS DI PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19028Keywords:
Problematika, Interaksi, Bahasa, Pondok PesantrenAbstract
Berdasarkan obeservasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa permasalahan Interaksi Siswa dalam menggunakan bahasa arab dan inggris di pondok pesantren al-fatah lampung, Tujuan penelitian ini untuk menganalisis problematika dan solusi agar siswa mampu berinteraksi dengan menggunakan bahasa arab dan inggris di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung. Metode yang digunakan dalam peneliti ini ialah metode kualitatif dan pengumpulan datanya dengan: metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi siswa dalam penggunaan bahasa arab dan inggris masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala yang ada dilingkungan pondok pesantren seperti kurang nya pemahaman siswa akan penting nya bahasa asing, minim nya kosa-kata yang di kuasai para siswa sehingga menurun nya rasa percaya diri untuk mengungkapkan kalimat-kalimat bahasa arab dan inggris, sebagian asatidz dan asatidzah belum menggunakan bahasa arab dan inggris dalam berkomunikasi saat berinteraksi dengan siswa, serta seringnya masyarakat di sekitar pondok yang berbaur dengan lingkungan pondok pesantren dan menggunakan bahasa selain arab dan ingris.References
Alfitri, A., Supriyady, H., & Saproni, S. (2020). Hambatan dalam Menciptakan Lingkungan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Munawaroh Pekanbaru. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9 (1), 212-220.
Aliyah, V. H., Maghfur, A. A. dan Hilmi, D. (2019) Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang, Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11, (1), 180.
Ardinal, E. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dan Inggris, Jurnal Tarbawi, 1, 83-95.
Awwaludin, M., Malik, S. dan Siswanto, N.D. (2022) Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM),” Definisi: Jurnal Agama dan Sosial-Humaniora, 1, (1), 56.
Dhofier, Z. , (1994) Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.
Fajriah, Z. (2015) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar", Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1, 107-126
Haedari, A. dkk, (2004), Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global, IRP Press, h. 3
Kahfi, S., dan Kasanova, R. (2020) Manajemen Pondok Pesantren di Masa Pandemi Covid -19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro),” Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3, (1), 28
Manurung, P. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 10-13.
Rivai, A. Lundeto, A. Ponny, M. R. dan Piliang, I. P. (2021) Pembiasaan Berbahasa Arab Melalui Lingkungan Berbahasa Di Pondok Pesantren Assalam Manado,” Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis 3, (2), 23.
Wiryosukarto, A. H. (1996) Biografi KH. Imam Zarkasih dari Gontor Merintis Pesantren Modern Gontor Press, h. 5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Kholid, Doni Sastrawan doni, fuad buntoro buntoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.