RELEVANSI ILMU KANURAGAN DALAM PENGUATAN KARAKTER DAN KECERDASAN RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35697Keywords:
Ilmu Kanuragan, Karakter Santri, Kecerdasan Religius.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi ilmu kanuragan dalam penguatan karakter dan kecerdasan religius santri di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pengurus pondok pesantren, asatidz pondok pesantren, instruktur pencak silat pondok pesantren, dan santri, peneliti mendapatkan data yang menjelaskan karakter santri, hubungan ilmu kanuragan dengan karakter dan kecerdasan religius santri, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan ilmu kanuragan. Dari data yang diperoleh, karakter santri di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ditemukan beragam, sebagian santri memiliki karakter religius yang kuat dan sebagian lagi masih membutuhkan pembentukan karakter. Relevansi ilmu kanuragan dalam penguatan karakter dan kecerdasan religius santri terlihat pada kedisiplinan dan tanggung jawab yang ditanamkan melalui amalan-amalan kanuragan seperti diniyah dan wirid. Namun, tidak semua santri mengamalkan ilmu kanuragan, dan faktor pengaruh teman, lingkungan dan pendidikan di rumah menjadi kendala utama. Faktor pendukungnya antara lain dukungan dari asatidz, orang tua, dan pengamalan ilmu kanuragan. Asatidz memiliki peran penting dalam mengawasi dan membenarkan pengamalan ilmu kanuragan, sedangkan orang tua merasa terbantu dengan adanya dukungan dari asatidz dalam hal ini. Tempat-tempat untuk mempraktikkan ilmu kanuragan seperti pencak silat juga memberikan kontribusi positif dalam memperkuat karakter siswa. Penelitian ini menggambarkan kompleksitas penerapan ilmu kanuragan sebagai upaya penguatan karakter santri. Meskipun terdapat faktor penghambat seperti pengaruh teman dan lingkungan, namun faktor pendukung seperti dukungan asatidz, orang tua, dan tempat latihan tetap menjadi kunci dalam penguatan karakter dan kecerdasan religius santri di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.References
Al Quran dan Terjemahannya Departemen Agama RI, 2005.
Ali Anwar, Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Darlis, A., Lubis, Y., Hasibuan, A., Alamsyah, M., & Ramadhan, W. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Harum Sentosa Perbaungan Perbaungan. Journal on Education, 5(3), 6912-6919. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1474
Hasil Wawancara dengan informan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, 11 Januari, 2024.
Lubis, Y., & Ritonga, A. (2023). Mobilization School Program: Implementation of Islamic Religious Education Teacher Preparation in Elementary Schools. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.632
Lubis. Y. W. (2024). Pembentukan Karakter Unggul: Analisis Optimalisasi Pendidikan Melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Di MAN 2 Deli Serdang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 274-282. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.554
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Mulyadi, M. Pendidikan Karakter di Pesantren: Telaah atas Program dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 2, 2015.
Nurhidayat, N. Pengaruh Pendidikan Spiritual terhadap Kecerdasan Intrapersonal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, No. 3, 2018.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Kanuragan#cite_note-1 dikutip tanggal 16 November, 2023.
Yani Sukriah, Muhammad Darwis, Riski Baroroh, Wulan Andriyani, “Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempauan”, Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, Vol. 2, No. 1, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imam Sofiyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.