RELEVANSI FILSAFAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23531Keywords:
Filsafat; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Kurikulum Pembelajaran Mandiri.Abstract
Filsafat sebagai ibu dari segala ilmu pengetahuan digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum Belajar Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan relevansi filsafat dalam pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum Belajar Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat relevansi filsafat dalam pembelajaran bahasa sesuai dengan Kurikulum Belajar Mandiri. Pertama, filsafat memberikan arahan pada pembelajaran bahasa. Kedua, pembelajaran bahasa merupakan bagian dari ontologi filsafat. Ketiga, pembelajaran bahasa, khususnya dalam kurikulum belajar mandiri, menggunakan teori filsafat konstruktivisme. Keempat, pembelajaran bahasa sesuai dengan teori filsafat modern dan postmodern. Kelima, filsafat moral digunakan dalam pembelajaran bahasa untuk mencapai kompetensi karakter Pancasila. Keenam, filsafat dan pembelajaran bahasa memiliki hubungan timbal balik. Ketujuh, nilai-nilai aksiologis, epistemologis, dan ontologis filsafat ditemukan dalam penilaian pembelajaran bahasa Indonesia. Kedelapan, terdapat teori kebenaran filsafat dalam pembelajaran bahasa.References
Anugrah, M. N., & Radiana, U. (2022). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 182–187. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41741
Ardiel, V., Zaim, M., Thaha, H. E., Arpen, R. S., & Asmawati, D. (2023). Filsafat sebagai Landasan Berpikir untuk Pengimplikasian Unsur Linguistik dalam Tatabahasa Pedagogis sebagai Kebutuhan Pengajaran EFL. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 11–22. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.23490
Arianto, A. (2023). Konsep Nasionalisme Michael Sastrapratedja?: Sebuah Tinjauan Filsafat Pancasila dalam Rangka Pengembangan Karakter Bangsa. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 347–358.
Cahya, A., Nahdiyah, F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep Pendidikan Perspektif Filsafat Humanisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka ( MBKM ). Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 143–151.
Durasa, H. (2023). Telaah Filsafat Moral Imanuel Kant dan Urgensinya dalam Pendidikan. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 231–237.
Dwi, N. vitria. (2021). Tinjauan Filsafati (Ontologi, Epistimologi, Dan Aksiologi) Dalam Muatan Materi Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Viii Serta Relevansinya Dengan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.22841
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.
Gayatri, P. D. (2020). Pelaksanaan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kajian: Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi. Basastra, 9(1), 35. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17773
Handayani, D., & Zaim. (2023). Urgensi Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Berbasis Outcome Based Education. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 213–219. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56834
Hilal, M. (2019). Filsafat Bahasa Biasa Gilbert Ryle Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 29(2), 206–227. https://doi.org/10.22146/jf.44313
Istikhomah, R. I., & BS, A. W. (2021). Filsafat Sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 59–64.
Kardiyem, Arsyad, M., & Mukoyimah, S. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka?: Kajian Filsafat Pendidikan Barat dan Timur Serta Realitasnya. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 291–302.
Lutfi. (2023). Kajian Aksiologi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 284–290. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.42373
Maharani1, A., & Sauri, S. (2023). Perkembangan Filsafat Ilmu dan Peranannya dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Sosfilkom, XVII(1).
Maulana, M. A. (2023). Teori Kebenaran Dalam Filsafat?: Peran Integrasi Keilmuan dengan Aspek Kehidupan dalam Upaya Memerangi Fenomena Penyebaran Hoax di Masyarakat. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 29(1), 12–17.
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Nugroho, R. A. (2018). Peranan Filsafat Bahasa dalam Perkembangan Linguistik. Jalabahasa, 14(2), 10–20. Diambil dari http://jalabahasa.kemdikbud.go.id/index.php/jalabahasa/article/view/204
Nurmansyah, R. (2023). Relevansi Filsafat Ilmu terhadap Pembentukan Karakter. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 29(1), 121–127.
Prasetyo, A. (2021). Implementasi filsafat pendidikan konstruktivisme terhadap pembelajaran di sekolah. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(2), 18–24.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Rahmah, D. A., Nisa’, I., & Machfudz, M. (2021). Hakikat Perkembangan Ontologi Pendidikan Aqidah dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(1).
Santosa, H. S., & Fitri, N. (2022). Paradigma Filsafat Konstruktivisme dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(4), 97–102. Diambil dari https://doi.org/10.33503/paradigma.v28i4.2545
Situmorang, B. A. H. (2021). Alienasi dalam Fenomena pembelajaran daring di SMAK St. Albertus Malang (Tinjauan Filsafat Relasionalitas). Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(2), 1–8. Diambil dari http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/paradigma/article/view/1673
Suaryo, A., Lurina, R. O., & Isnaini, H. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Pamanukan, Kabupaten Subang. Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 2962–8687. Diambil dari https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.187
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 29–43.
Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 122–135. Diambil dari https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2007%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2007/1452
Tarigan, M., Bidadari, L., & Alfatih, F. (2023). Ruang Lingkup Filsafat terhadap Perspektif Islam pada Masa Kini. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 29(2), 6–11.
Unwakoly, S. (2022). Berpikir Kritis Dalam Filsafat Ilmu: Kajian Dalam Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 95–102. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42561
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wiranata Febriani, S. (2021). Penerapan Aliran Filsafat Progresivisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(2), 34–40.
Wisnu, S., Nurlaila, N., Rojab, T. F., & Agustin, U. (2023). Epistemologi Ibnu Khaldun dan Relevansinya Terhadap Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 376–383.
Yuliyanti, Y., Damayanti, E., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2023). Filsafat Pendidikan Realisme. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8011
Zuhri, I., & Sumaryati, S. (2022). Tinjauan Aksiologi Terhadap Aliran Psikologi Behaviorisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 123–128. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.41392
Zuhri, S. (2020). (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Literasi Moderasi Beragama di Indones, 1(1), 168–181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ria Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.