DINAMIKA PERUBAHAN KURIKULUM PESANTREN:STUDI PERBANDINGAN PESANTREN MUSTHAFAWIYAH DAN DARUL MURSYID
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21731Keywords:
Kurikulum Pesantren, Musthafawiyah, Darul MursyidAbstract
Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui, Dinamika Perkembangan Pola Kurikulum Pesantren: Studi Perbandingan Pesantren Musthafawiyah dan Darul Mursyid. Metode penelitian, yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitati deskriptif dengan jenis studi komparatif. Penentuan informan penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclution). Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan, berdasarkan perkembangan kurikulum pesantren diketahui bahwa pertama, Pesantren Musthafawiyah yang didirikan oleh syekh Musthafa Husein pada Tahun 1912 pada awalnya hanya mengadopsi pelajaran kiitab-kitab klasik, dan setelah adanya perkembangan dan perubahan setelah pergantian pimpinan pesantren maka terdapat penambahan mata pelajaran umum yang masih diadopsi sampai sekarang yang sesuai dengan visi misi pesantren yaitu Tafaqquh fiddin untuk mencetak ulama. Namun berbeda dengan pesantren Darul Mursyid yang didirikan oleh Drs. H. Ihutan Ritonga tahun 1993 pada awalnya berdirinya pesantren ini mengadopsi pelajaran kitab-kitab klasik dan pelajaran umum akan tetapi setelah adanya dinamika perubahan pesantren maka pesantren ini hanya mengadopsi pelajaran umum saja dan tidak ada lagi pelajaran kitab-kitab klasik sampai saat sekarang ini.References
Abbas Pulungan, Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Mandailing: Pesantren Terbesar Di Sumatera Utara, Berdiri Tahun 1912, Medan : Perdana Publishing, 2020
Abuddin Nata, Sosiologi Pendidikan Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014
Abd. Muin, dkk, Pendidikan Pesantren dan Potensi Radikalisme, Jakarta: CV. Prasasti, 2007
Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001
A Pulungan, Pewarisan Intelektual dan Kharisma Kepemimpinan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Mandailing, 2005
A Rasyidin.Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal, 2017.
Ali ibrahim Siregar, Implementasi Kurikulum Berbasis Sains, 2017
A Abdurrahman, Exploration Of The Implementation Of Islamic Guidance And Counseling Services At Darul Mursyid Modern Islamic Boarding School In South Tapanuli, Indonesia, 2021
A. Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2019
A Pulungan - Edukasi, 2005 - neliti.com, Pewarisan Intelektual dan Kharisma Kepemimpinan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Mandailing, https://www.neliti.com/publications/294481/pewarisan-intelektual-dan-kharisma-kepemimpinan-di-pondok-pesantren-musthafawiya
A Rasyidin, Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal, Journal Of Contemporary Islam And Muslim Societies, academia.edu, vol. 1 no. 1 Januari-Juni 2017.
Bisyri Abdul Karim, Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Transformasi Penguatan Sistem Subkultur Pondok Pesantren Indonesia, Makassar: Lpp Unismuh Makassar, 2020
Darul Abror, Kurikulum Pesantren: Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf, Yogyakarta: Deepublish. 2020
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1999
Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012
Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam di Indonesia Historis dan Eksistensinya, Jakarta: Kencana, 2019.
Imam Bawani, Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, Surabaya: al-Ikhlas, 1998.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
M. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana, 2021
Made Saihu, Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren, Tangerang Selatan: Yapin An-Namiyah, 2020
R Yanti, Perkembangan kurikulum pendidikan dan implikasinya terhadap capaian pembelajaran siswa di pondok pesantren musthafawiyah purba baru kab. Mandailing natal, 2023
Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Hijri Pustaka utama, 2008
Said Aqiel Siradj, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Bandung:Pustaka Hidayah,1999
Sulthon Masyhud, et.al, Manajemen Pondok Pesantren, ed. Mundzier Suparta, Jakarta: Diva Pustaka, 2005
Syarifah, Kurikulum Titik Temu (Studi Kurikulum di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba baru Mandailing Natal Tahun 1975-1985), 2019
SU Rangkuti Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal, 2019
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2021
Syarifah - 2019, Kurikulum Titik Temu (Studi Kurikulum di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Mandailing Natal Tahun 1975-1985), https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49049.
Tanjung, Sahrul, Konseling Islami Dalam Penerapan Bimbingan Konseling Pola 17 Plus Di Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Husni Mubarok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.