TRANSFORMASI PENDIDIKAN: PERAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ABAD KE-21

Authors

  • Hendra Jaya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muh. Hambali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fakhrurrozi Fakhrurrozi STAI Taswirulafkar Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21907

Keywords:

Transformasi, Pendidikan, Pendidikan Bekelanjutan, Abad 21

Abstract

Pendidikan mengalami transformasi signifikan sebagai respons terhadap dinamika global dan perkembangan teknologi di abad ke-21. Studi ini mengulas peran penting pendidikan berkelanjutan dalam mengatasi tantangan-tantangan masa depan. Fokus utama adalah mengidentifikasi strategi dan inovasi dalam pendidikan yang mendukung pembelajaran seumur hidup dan mempersiapkan individu untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Melalui pendekatan analisis literatur, kami menjelajahi dampak teknologi, perubahan sosial, dan kebutuhan pasar kerja terhadap desain kurikulum dan metode pengajaran. Temuan penelitian menyoroti perlunya pembelajaran yang responsif, fleksibel, dan relevan dengan kebutuhan kontemporer. Penelitian ini memberikan landasan bagi pemikiran mendalam tentang bagaimana pendidikan berkelanjutan dapat menjadi pilar utama dalam membangun masyarakat yang mampu menghadapi tantangan kompleks abad ke-21.

References

Nugraha, Alifian. (2019) Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan Di Era Revolusi Industri 4.0, Majalah Ilmiah Pelita Ilmu https://doi.org/10.37849/mipi.v2i1.118

Ghany, Hafizah. (2018) Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunanberkelanjutan Di Sekolah Dasar, Jurnal Madaniyah, Volume 8 Nomor 2

Unesco. (2012). Education for Sustainable Development Sourcebook. Paris: United Nations Educationa

Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 3, 430-450.

National Research Council. (1999). Our Common Journey: A Transition Toward Sustainability. Washington DC: National Academy Press.

Panuluh, S., & Fitri, M. R. (2016). Perkembangan Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia September 2015-September2016. International NGO Forum on Indonesian Development.

Basuki, 2006, ”Mengonstruksi Pendidikan Kritis-Humanis dan Populis, Tinjauan tentang Politik Pendidikan Indonesia Era Globalisasi”, dalam Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan, EDUKASI. 4, (2).

Hadi, Sofiyan. (2015). Menggagas Pendidikan Karakter Responsif Gender, PALASTREN: Jurnal Studi Gender

Ni'mah, Dina Zahrotun. dkk. (2021). Fleksibilitas Dan Aksesibilitas Digitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah SEMANTIKA https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.570

Jumali, Muhamad Abdul, & Kristina, Anita (2017) Total Quality Management In Educationpada Perguruan Tinggi :Upaya untuk Memenuhi Kebutuhan Ketenagakerjaanpada Sistem Industri Modern Di Indonesia, Jurnal TeknikWAKTUVolume 15 Nomor 2

Savitri, Astrid. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0, Yogyakarta: Penerbit Genis

Zubaidah, Siti (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics):Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-211, Makalah Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di FKIP Universitas Wiralodra Indramayu.

Sinmanjuntak & Maria Dewi Ratna (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Repositori Digital Universitas Negeri Medan

Wijaya, Yuni. (2016) Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan

Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 1 Tahun 2016

Dalmeri (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character), Al-Ulum V olume. 14 Nomor 1, Juni 2014 Hal 269-288

Siagian, P. Sondang. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Ansyar, Mohamad (2015) Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Media Grup

Zubaidah, Siti. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21, https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125

Anshori, M., & Iswati, S. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Airlangga University Press

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Jaya, H. ., Hambali, M. ., & Fakhrurrozi, F. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: PERAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ABAD KE-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2416–2422. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21907