TRANSFORMASI PENDIDIKAN: PERAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ABAD KE-21
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21907Keywords:
Transformasi, Pendidikan, Pendidikan Bekelanjutan, Abad 21Abstract
Pendidikan mengalami transformasi signifikan sebagai respons terhadap dinamika global dan perkembangan teknologi di abad ke-21. Studi ini mengulas peran penting pendidikan berkelanjutan dalam mengatasi tantangan-tantangan masa depan. Fokus utama adalah mengidentifikasi strategi dan inovasi dalam pendidikan yang mendukung pembelajaran seumur hidup dan mempersiapkan individu untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Melalui pendekatan analisis literatur, kami menjelajahi dampak teknologi, perubahan sosial, dan kebutuhan pasar kerja terhadap desain kurikulum dan metode pengajaran. Temuan penelitian menyoroti perlunya pembelajaran yang responsif, fleksibel, dan relevan dengan kebutuhan kontemporer. Penelitian ini memberikan landasan bagi pemikiran mendalam tentang bagaimana pendidikan berkelanjutan dapat menjadi pilar utama dalam membangun masyarakat yang mampu menghadapi tantangan kompleks abad ke-21.References
Nugraha, Alifian. (2019) Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan Di Era Revolusi Industri 4.0, Majalah Ilmiah Pelita Ilmu https://doi.org/10.37849/mipi.v2i1.118
Ghany, Hafizah. (2018) Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunanberkelanjutan Di Sekolah Dasar, Jurnal Madaniyah, Volume 8 Nomor 2
Unesco. (2012). Education for Sustainable Development Sourcebook. Paris: United Nations Educationa
Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 3, 430-450.
National Research Council. (1999). Our Common Journey: A Transition Toward Sustainability. Washington DC: National Academy Press.
Panuluh, S., & Fitri, M. R. (2016). Perkembangan Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia September 2015-September2016. International NGO Forum on Indonesian Development.
Basuki, 2006, ”Mengonstruksi Pendidikan Kritis-Humanis dan Populis, Tinjauan tentang Politik Pendidikan Indonesia Era Globalisasi”, dalam Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan, EDUKASI. 4, (2).
Hadi, Sofiyan. (2015). Menggagas Pendidikan Karakter Responsif Gender, PALASTREN: Jurnal Studi Gender
Ni'mah, Dina Zahrotun. dkk. (2021). Fleksibilitas Dan Aksesibilitas Digitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah SEMANTIKA https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.570
Jumali, Muhamad Abdul, & Kristina, Anita (2017) Total Quality Management In Educationpada Perguruan Tinggi :Upaya untuk Memenuhi Kebutuhan Ketenagakerjaanpada Sistem Industri Modern Di Indonesia, Jurnal TeknikWAKTUVolume 15 Nomor 2
Savitri, Astrid. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0, Yogyakarta: Penerbit Genis
Zubaidah, Siti (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics):Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-211, Makalah Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di FKIP Universitas Wiralodra Indramayu.
Sinmanjuntak & Maria Dewi Ratna (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Repositori Digital Universitas Negeri Medan
Wijaya, Yuni. (2016) Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan
Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 1 Tahun 2016
Dalmeri (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character), Al-Ulum V olume. 14 Nomor 1, Juni 2014 Hal 269-288
Siagian, P. Sondang. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Ansyar, Mohamad (2015) Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Media Grup
Zubaidah, Siti. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21, https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125
Anshori, M., & Iswati, S. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Airlangga University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.