PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID PADA GENERASI Z MELALUI APLIKASI TIKTOK DI PP AMMU BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18863Keywords:
Nilai-Niai Pendidikan Tauhid, Generasi Z, PP AMMUAbstract
Nilai pendidikan tauhid mempunyai peranan yang sangat penting dan keberadaannya pun di yakini dan dianut oleh seseorang atau sekelompok orang sebagai dasar berfikir dan bertindak baik atau buruk dalam berkehidupan. Tujuan dari penulisan ini untuk mendeskripsikan terkait penanaman nilai-nilai pendidikan tauhid terhadap generasi Z dengan aplikasi tiktok di PP AMMU. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan Objek penelitian yaitu Santriawati PP AMMU Kota Serang Banten. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara terhadap 10 orang santriawati. Dengan hasil para santriawati rata-rata merupakan kelahiran tahun 1997-2000, yang masuk kategori generasi Z. yang aktif di sosial media, dan hampir semuanya memiliki aplikasi tiktok. Dengan temuan penelitian mengatakan masih ada santriawati yang belum mengetahui terkait dali-dalil naqli, dan nilai-nilai pendidikan tauhid. Dan mereka setuju dengan aplikasi tiktok sebagai media untuk pembelajaran, karena lebih efektif dan menarikReferences
Al-Qosbah, T. (2022). Al-Quran Hafalan dan Terjemah. In A. S. H. dan Setiawati (Ed.), PT. Alqosbah Karya Indonesia.
Alfatah, S. S. S. dan A. I. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Perspektif Syekh Ahmad Al-Marzuki dalam Kitab Aqidatul Awam. Jurnal Islam Nusantara, Vol. 5(No. 1), 92–98. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v5i1.243
Bhandari, A., & Bimo, S. (2022). Why’s Everyone on TikTok Now? The Algorithmized Self and the Future of Self-Making on Social Media. Social Media and Society, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.1177/20563051221086241
Darajat, M. (2021). Nilai-Nilai Tauhid Dalam Ayat Kursi Dan Metode Pembelajarannya Dalam Pendidikan Agama Islam (Suatu Tinjauan Teoritik). Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 2(1), 6–15. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25694/
Fajri, N. (2020). Diskursus Kontestasi Agama dan Negara: Reposisi Tauhid Sosial dan Nilai-nilai Pancasila (Kajian terhadap QS. al-K?fir?n dan al-Ikhl?s). Jurnal Sosiologi Agama, 14(1), 1. https://doi.org/10.14421/jsa.2020.141-01
Febriyora, A. (2021). Fenomena Aplikasi TikTok dan Dampaknya Bagi Masyarakat di Tengah Pandemi. Yoursay.id -Rona Bersama Merawat Keberagman. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/05/105553/fenomena-aplikasi-tiktok-dan-dampaknya-bagi-masyarakat-di-tengah-pandemi
Hadi Mulyono, Irwan Satria, H. S. (2021). Eksistensi Komunitas Ruqyah Syar’iyyah (KRS) Dalam Memurnikan Pendidikan Tauhid Kepada Allah SWT Terhadap Jamaah Ruqyah Kota Bengkulu. Gaitsha: Islamic Education Journal, 2(2), 222–236. https://doi.org/https://siducat.org/index.php/ghaitsa
Hamidah, D. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. Tsamratul -Fikri, 15(1), 183–194.
Ibrahim, J., Hidayah, N., Amin, L. H., & Elihami, E. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail (Studi Analisis Surat Ash Shaffat Ayat 99-107 dalam Tafsir Ibnu Katsir). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 821–825. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3298
Idhar. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini. Jurnal Fashluna, 1–87.
Irawati, D., Nurwadjah, A., & Suhartini, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Tauhidullah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2207–2213. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.696
Lubis, Z. B. (2020). Pendidikan Tauhid dalam Perspektif Konstitusi (Nurhadi (ed.)). Guepedia.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet.39). PT. Remaja Rosdakarya.
Muthoifin, M., & Fahrurozi, F. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Ashabul Ukhdud Surat Al-Buruj Perspektif Ibn Katsir Dan Hamka. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(2), 163–174. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8123
Nadila, S. M. (2022). Generasi Z: Si Paling Healing vs Si Pembawa Perubahan. Pusat Riset masyarakat dan budaya (PMB)- BRIN. https://www.bps.go.id/website/materi_eng/materiBrsEng-20210121151046.pdf
Nur Qomari. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Tauhid: Study Kitab ‘‘Aqidah al-‘Awam Karya Sayyid Ahmad Al-Marzuqi. Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 6(1), 88–103. https://doi.org/10.35897/intaj.v6i1.776
Putri, J. K. (2022). Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Badan Pengembangan dan pembinaan Bahasa (Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi). https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3540/tiktok-sebagai-media-pembelajaran-bahasa-dan-sastra-indonesia
Saidul Amin. (2019). Eksistensi Kajian Tauhid. Eksistensi Kajian Tauhid Dalam Keilmuan Ushuluddin, 22, 71–83.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif (F. Maharani (ed.)). PT Kanisius.
Sholihin, M. (2020). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Berbasis Tauhid Pada Anak Usia Dini di Raudatul Athfal Lukmanul Hakim Karduluk Sumenep. Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam,Institut Agama Islam Negeri Madura.
Syarifah, Saepul Anwar, Heru Saiful Anwar, Alwi Yusron, D. (2022). Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta. Sustainable, 5(2), 457–465. https://doi.org/https://doi.org/ 10.32923/kjmp.v5i2.3204 Implementasi
Tarihoran, N., Fachriyah, E., Tressyalina, & Sumirat, I. R. (2022). The Impact of Social Media on the Use of Code Mixing by Generation Z. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(7), 54–69. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i07.27659
Yayu Nurhayati Rahayu, O. A. (2020). Program Linier (Teori dan Aplikasi). Widina Bhakti Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Parwati, Naf’an Tarihoran, Machdum Bachtiar, Wasehudin Wasehudin, Rifyal Ahmad Lugowi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.