PEMIKIRAN SYED M. NAQUIB AL-ATTAS TENTANG KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN

Authors

  • Murni Ariani Br Saragih Universitas Alwashliyah Medan
  • Nikmah Royani Harahap Universitas Alwashliyah Medan
  • Mardiah Mardiah Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18732

Keywords:

Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas, Kurikulum, Metode Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang kurikulum?, bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang Metode Pendidikan?, dan bagaimana pemikiran Syed  Muhammad Naquib Al-Attas tentang  pendidikan dan relavansiya pada era sekarang?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pustaka berupa studi tokoh dengan pendekatan kualitatif. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode : 1) induksi dan deduksi serta dalam melakukan analisis terhadap pemikiran seorang tokoh dilihat benang merah yang menghubungkan pemikiran-pemikirannya, baik lingkungan historis dan pengaruh-pengaruh yang dialaminya, maupun perjalanan hidupnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urikulum menurut Syed M. Naquib Al-Attas terbagi kepada dua bagian, yaitu Kurikulum Fardhu’Ain dan Fardhu Kifayah dengan metode metafora dan Tauhid. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan pendidikan Islam.

References

Armyn, Hasibuan. 2004. “Pendidikan Versi Muhammad Naquib Al Attas.” (1):1–14.

Fauzan, Amin Al. 2014. “Konsep Baru Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer.” Al-Ta’lim 13(1):128.

HU, Muslim. 2023. “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam Abad 21 Mengadapi Desrupsi Teknologi.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3(01):71–77. doi: 10.47709/jpsk.v3i01.2034.

Mahmudah. 2016. “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas.” TSARWAH (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 1(1):95–108.

Nanu, Rafiyanti Paramitha. 2021. “Pemikiran Syed Naquib Al-Attas Terhadap Pendidikan Di Era Modern.” Tarbawi 6(1):14–29.

Nurhakim, Farchan. 2022. “Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Teori Pendidikan Kontemporer.” Ta?limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal 3(1):106–21.

Sugiyono. 2021. MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.

Syafa’ati, Sri, and Hidayatul Muamanah. 2020. “Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Nasional.” Palapa 8(2):285–301. doi: 10.36088/palapa.v8i2.859.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Saragih, M. A. B. . ., Harahap , N. R. ., & Mardiah, M. (2023). PEMIKIRAN SYED M. NAQUIB AL-ATTAS TENTANG KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 138–149. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18732

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.