ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MULYADHI KARTANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18790Keywords:
Ontologi, Pendidikan IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Tuhan, alam, manusia dan kaitannya dengan pendidikan menurut Mulyadhi Kartanegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif (studi tokoh), penelitian ini dilakukan melalui penelitian pustaka (library research), dalam bentuk kajian studi tokoh yaitu, pengkajian secara sistematis terhadap pemikiran/gagasan seorang pemikir muslim, secara keseluruhan atau sebagiannya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap, yaitu: 1) Interpretasi dan hermeneutika, 2) Metode induksi dan deduksi, 3) Metode kesinambungan historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pendidikan harus diarahkan untuk mendidik murid agar menjadi pribadi yang taat beribadah dengan ikhlas kepada Allah (b) pendidikan diarahkan untuk penyadaran akan tujuan penciptaanya itu untuk beribadah kepada Allah (c) pendidikan diarahkan untuk menciptakan pribadi-pribadi yang cinta kepada Allah melebihi rasa cintanya kepada yang lain.References
Abidin, Z. (2015). Tradisi Integrasi Ilmu Dalam Institusi Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(6), 1–16. https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i2.306
Abidin Zainal. Wardani, R. (2015). Kesinambungan dan Perubahan Dalam Kajian Filsafat Islam di Indonesia?: Studi Terhadap Pemikiran Harun Nasution :Kesinambungan dan Perubahan Dalam Kajian Filsafat Islam di Indonesia?: Studi Terhadap Pemikiran Harun. Tashwir, 3(3), 131–149.
Al-Faruqi, A. R. H. (2015). Konsep Ilmu dalam Islam. Kalimah, 13(2), 223. https://doi.org/10.21111/klm.v13i2.286
Anwar. (2019). Karakteristik Ontologi Pendidikan Islam: Penguatan Aspek Teosentris Dan Humanistik. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner ), 3(1), 30–41.
Bosra Mustari, Umiarso, R. A. R. (2020). Nalar Monoteistik Pendidikan: Kontemplasi Menuju Aksi. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 6, Issue August). Nuansa Cendekia.
Himah, Muslimah, S. (2021). Epistimologi Ilmu dalam Perspektif Islam. Akademika, 3(2), 6.
Matin, A., & Salman, B. (2017). Tuhan dalam Perspektif Filsafat Islam. Jurnal EL-Tarbawi, 10(1), 1–16.
Miswari. (2020). filsafat Terakhir Tinjauan Filsafat Sepanjang Masa. 1(1), xxiv + 676. http://digilib.uinsgd.ac.id/40140/1/Filsafat Terakhir Miswari.pdf
Rahman, Y. A. (2020). Konsep Dan Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan. TSAQOFAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–17.
Ridwan, D. (2018). Teori Epistemologi Islam; Telaah Kritis Pemikiran Mulyadhi Kartanegara. Siasat, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.33258/siasat.v1i2.32
Suedi. (2016). Pengantar Ilmu (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.
Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Febri Alivia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.