MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS LAKIDENDE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18659Keywords:
Minat Baca, Mahasiswa FKIP Universitas LakidendeAbstract
Peneltian ini bertujuan mendeskripsikan tentang minat baca mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berjumlah 235 orang mahasiswa. Adapun sampel pada penelitian ini penelitian ini sebanyak 105 yang dilakukan dengan tehnik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pada angket minat baca mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdapat 15 butir minat baca. Sehingga data yang diperoleh dihitung melalui tabel frekuensi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif . Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka hasil penelitian diperoleh bahwa minat baca mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan kategori cukup tinggi karena 60% dari jumlah responden memiliki minat membaca yang tinggi; dan 30 % mahasiswa yang memiliki minat baca diluar bidang ilmunya dalam kategori sedang serta 10 % mahasiswa yang memiliki minat baca yang yang masih kurang atau rendah.References
Amalia, E. F. (2015). Hubungan Minat Baca Dengan Efikasi Diri Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga. 1–16. https://repository.unair.ac.id/88464/2/Artikel - Endah Fitri Amalia - 071511633017.pdf
Anas. (2023). Literasi Budaya Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende. Dialektika Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Dan Matematika, 8(2), 41–49. https://doi.org/ISSN: 2443-003X(P)/2615-3793(E)
Anggarwati, Juni, Ni Nyoman, Suma, I Ketut, Suastra, I. W. (2023). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 50–60. https://doi.org/e-ISSN 2655-6022
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Ferbrian, F., Irawadi, H., Aziz, I., & Mardela, R. (2020). Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Patriot, 2(4), 1076–1091.
Herawati, L. (2019). Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.30651/lf.v3i1.2328
Julia, A., Riswan, M., Jamal, B., Sarai, A., & Bakrie, K. (2020). Tingkat Minat Baca Mahasiswa Milenial Beserta Upaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Membaca Buku Mahasiswa Di Era Kekinian Untuk Mendukung Sustainable Development Goal’S 2030 (Studi Kasus: Mahasiswa Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Angkatan 2017). Jurnal ABDI (Sosial, Budaya Dan Sains), 2(1), 48–58. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kpiunhas/article/view/9085
Karwati, L. (2020). Upaya Pengelola Pkbm Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Baca Melalui Taman Bacaan Masyarakat. Jendela PLS, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.37058/jpls.v5i1.2674
Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi?: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900
Musdalifah, S., & Sihaloho, E. D. (2019). Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.11267
Nurhaidah & Musa, M. I. (2016). Dampak rendahnya minat baca dikalangan mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh serta cara meningkatkannya. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 1–11. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7536
Pebriana Hana Putri, M. A. E. (2023). Pelatihan Membaca Kritis Untuk Mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1349–1358. https://doi.org/E-ISSN: 2685-936X
Periyeti. (2017). Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Budaya, 4(1), 55–67.
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. In Bumi Aksara (Cet 1). Jakarta?: Bumi aksara.
Ratneswary, R., Rasiah, V., Kaur, H., & Nagaratnam, S. (2011). Reading Habits and Interests of Generation Y Students: Challenges of Reflective Learning. Journal of Interdisciplinary Research in Education Journal of Interdisciplinary Research in Education (JIRE), 1(1), 39–53. http://www.taylors.edu.my/jire/downloads/vol1_04.pdf
Uhar, S. (2015). Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi Strategi Menghadapi Perubahan. In Refika Aditama (1st ed.). PT. Refika Aditama. Bandung.
Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968
https://uin-malang.ac.id/r/100401/mengapa-manusia-perlu-pengetahuan.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Haedariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.