PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IX UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18346Keywords:
Learning Cycle, Hasil Belajar.Abstract
Sebuah penelitian yang dilakukan di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli mengidentifikasi beberapa masalah dalam proses pembelajaran, termasuk kelas yang berpusat pada guru, kurangnya penggunaan media pembelajaran, ketidakterlibatan siswa, dan hasil belajar yang tidak memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle di kelas IX dan menilai hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas IX-E yang terdiri dari 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes siswa, dan panduan wawancara sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle pada mata pelajaran IPA menghasilkan rata-rata skor refleksi sebesar 60,23% pada Siklus I dan pada Siklus II sebesar 81,40 dengan kriteria baik. Temuan ini menyoroti perlunya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil belajar.References
Adnyani, Widya, dkk. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 1, No. 2, Hal. 57-67.
Cahyani, Anggy Ardiya, dkk. (2021) Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, Vol. 1, No. 2, Hal. 249-258.
Dewi, Ni Putu Santika, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Hal. 113-120.
Jaya, I Komang Gangga Parama dan Luh Indrayani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 9, No. 1, Hal. 34-43.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama
Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud
Siang, Jhoni Lagun, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan,Vol. 22, No. 1, Hal. 40-52.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Yani, Riski, dkk. (2019). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Pada Kurikulum 2013 Revisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, Vol. 4, No. 1, Hal. 173-177.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arlin Elvinyanti Laoli, Natalia Kristiani Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.