PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-IPA PADA MATA PELAJARAN PAK DI SMA ANTONIUS MEDAN

Authors

  • Ezra Kiki Yolanda Tarigan STP. St Bonaventura Delitua Medan
  • Erikson Simbolon STP. St Bonaventura Delitua Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18131

Keywords:

Discovery Learning, Keaktifan Belajar, Pendidikan Agama Katolik.

Abstract

Penelitian ini meninjau bagaimana metodologi Discovery Learning digunakan di Sekolah Menengah Atas Kelas XI IPA di Santo Antonius Bangun Mulia Medan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Guru menerapkan strategi ini dengan menggabungkan sistem sosial yang inklusif dengan sintaks yang terstruktur. Prinsip reaksi, yang mencakup tiga peran utama yaitu pendamping, mentor, dan fasilitator, digunakan untuk mempraktikkan model ini. Guru berperan sebagai pendamping dengan bertindak sebagai panutan dan memberikan dukungan emosional.  Untuk mendapatkan jawaban terbaik, informasi dikumpulkan dari sumber-sumber cetak dan internet dan kemudian dinilai. Siswa yang kurang terlibat diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam presentasi kelompok oleh guru, yang mendorong kerja sama dan keterlibatan aktif dalam percakapan. Semua siswa diikutsertakan dalam diskusi yang dipimpin oleh guru Pendidikan Agama Katolik, yang juga mengorganisir kelompok-kelompok dengan kemampuan yang beragam dan menugaskan berbagai tanggung jawab dalam presentasi kelompok. Para guru juga menawarkan berbagai sumber daya pengajaran dan media pembelajaran untuk meningkatkan penerapan paradigma ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa paradigma Discovery Learning bermanfaat dalam meningkatkan partisipasi, keterlibatan, dan pemahaman peserta didik terhadap materi Pendidikan Agama Katolik. Paradigma ini mengintegrasikan elemen pembinaan, pendampingan dan fasilitasi yang mendukung lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik.

References

Aldian, H., & Wahyudiati, D. (2023). Analisis Pengaruh Bahan Ajar Kimia Berbasis IT Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(1), 207. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5484

April Dwi Prasetyo, M. A. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Atok, Y. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar agama katholik budi pekerti materi sifat gereja yang kudus pada siswa kelas XI SMANegeri 3 Kupang Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 4(1), 47–53.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Di, M., Dasar, S., Irmadurisa, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2023). Menciptakan Pembelajaran yang Aktif , Kreatif , Efektif dan. 5(2), 97–105.

Djamarah, S. B. (2016). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (1 ed.). Rineka Cipta.

Faizah, N. I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 57. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3956

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Farida, K., Zuhroh, Y. E., Afifah, D. S. N., Setiani, R., & Manaf, A. (2020). Transformasi?: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(2), 361–373. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2442

Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397

Ginanjar, Eggi G. Bambang Darmawan., S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.

Giyarsi, & pengawas SMA Kabupaten Kulon Progo. (2015). Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sekolah Melalui Pendampingan PKKS pada Tujuh SMA/SMK Binaan di Kulon Progo Semester 1 Tahun 2014/2015 Giyarsih.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hayeemaming, M. (2023). Membentuk Nilai Kultur Dan Karakter Bangsa Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting, 1(1), 47–53.

Herliani, W. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Berbusana Sesuai Syariat Islam. E-Proceedings.Iain-Palangkaraya.Ac.Id, 1(1), 495–506.

Hidayati, N. (2017). Pembelajaran Discovery Disertai Penulisan Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas Viii.1 Smp Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 52. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p52-61

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Jurnal, J., Pendidikan, P., & Katolik, A. (n.d.). Dewan Editor.

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/19387/11458

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Defnisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemahan. MUDARISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.

Khuzaimah & Farid. (2022). Penerapan Demokrasi Pendidikan pada Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(1), 43.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Martini, I., Rusdyatmi, E., & Ridlo, S. (2016). Pengaruh Model Discovery Lerning dengan Gaya Belajar. Journal of Biology Education, 5(1), 55–64.

Mathematics, A. (2016). Implementasi Kendala Guru Di Era Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Sistem Pembelajaran Di Sekolah. 09, 1–23.

Mawardi, M., & Mariati, M. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 3 Sd Di Gugus Diponegoro - Tengaran. Scholaria?: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 127. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p127-142

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat?: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Islamika, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008

Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Nurhaidah, & Musa M.I. (2015). Pelayanan Pendidikan Yang Berkualitas Di Era Global Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Maksimal. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 52–65.

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230

Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, & Astuti, S. (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD The Difference of Problem-Based Learning and Discovery Learning Viewed From Mathematic Learning Outcomes of 4 th Grade Students. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 8, 131–132.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Perkembangan, A. (2018). Revitalisasi Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak Didik. JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral), VI(2), 46–64.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Prayuda, M., Ginting, F. Y. A. ., & Sakerengan, E. . (2023). Improving Students’ Reading Comprehension Through Listen Read Discuss (Lrd) Strategy. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(1), 13–19.

Prayuda, M. S., Juliana, J., Ambarwati, N. F., Ginting, F. Y. A., & Gultom, C. R. (2023). Students’ Writing Error in Parts of Speech: A Case Study of EFL Students. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 659–665. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4419

Prayuda, M. S. ., Silalahi, T. S. M. ., & Almanda, F. Y. . (2022). Translation Of Thematic Structure Of Descriptive Text From Indonesian Into English. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(2), 148–151.

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.

Rahayu, N. (2023). Kreatifitas dan Inovasi Pembelajaran dalam Pengembangan Kreatifitas. 4, 89–96.

Rahayu, R. F., & Dahlan R, M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 18–35. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6648

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

S., B. A. (2014). Perbedaan Model dan Teori dalam Ilmu Komunikasi. Humaniora, 5(2), 1153. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3255

Safarina, N. A., Amalia, I., & Dewi, R. (2021). Analisis Beban Kerja Dan Stres Ibu Yang Bekerja Pada Masa Pandemi Covid- 19. Jurnal Diversita, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i2.4540

Samosir, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Mata Pelajaran …. Jurnal Global Edukasi, 3(6), 345–352. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/522/464

Sari, Y. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Menggunakan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 89–103. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5640

Setiyawan, Y. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–14.

Subadi, H. T. (Ed.). (2006). Metode penelitian Kualitatif. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, Dan R&D (Prof. Dr. Sugiyono (Ed.); 15 ed.). 2012.

Sundari, H. (2019). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55.

Tibo, P. (2017). Pengembangan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Katolik Yang Kontekstual Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Katolik Kevikepan Ende. Jurnal Masalah Pastoral, V(1), 1–18. https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/34

Waruwu, A. N., & Almsy, Z. (2023). Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. 20, 65–71.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Yarmi, G. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8. https://doi.org/10.21009/pip.281.2

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Tarigan, E. K. Y. ., & Simbolon, E. . (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-IPA PADA MATA PELAJARAN PAK DI SMA ANTONIUS MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 311–320. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18131