KOMUNIKASI VIRTUAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA

Authors

  • Meti Nurhayati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16952

Keywords:

Komunikasi Virtual, Media Sosial, Instagram, Remaja, Dampak

Abstract

Komunikasi virtual melalui Instagram memberikan remaja kesempatan untuk terhubung dengan teman-teman mereka, memperluas jaringan sosial, dan membangun hubungan baru. Namun, penggunaan berlebihan Instagram dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental remaja, seperti rendahnya rasa percaya diri, tekanan sosial, dan risiko gangguan psikologis. Instagram juga dapat memengaruhi citra tubuh dan persepsi diri remaja, serta meningkatkan tekanan untuk terlihat sempurna. Penting bagi remaja untuk belajar menggunakan media sosial dengan bijak dan sehat, serta menjaga keseimbangan dengan kegiatan di dunia nyata. Selain itu, Instagram juga dapat menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat remaja, serta memberikan peluang karir di beberapa bidang. Kesadaran dan kecerdasan digital juga penting dalam penggunaan Instagram, termasuk perlindungan privasi dan menghadapi risiko penyalahgunaan. Penting bagi pendidik, orang tua, dan remaja sendiri untuk bekerja sama dalam memastikan penggunaan Instagram yang positif dan berdampak baik bagi perkembangan remaja.

References

Irwanto, I., & Hariatiningsih, L. R. (2019). Identitas Diri pada Media Sosial (Konstruksi Sosial dan Potensi Rumor Pengguna Instagram). Jurnal Komunikasi, 10(2), 184–190.

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 311.

Maesaroh, S., Wijayanti, N. P. N., Adila, F., & Desviyanti, E. (2022). Kajian Literatur Peranan Penting Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Putri, N. S. R., & Farida, F. (2018). Pembentukan Citra Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo Surabaya dalam Instagram. Jurnal Kajian Media, 2(2).

Reniati, I., Agustin, R., Chorunnisa, C., Suryani, D., Risdiana, R., Trisnawati, O., & Kudus, W. A. (2022). Penggunaan Istagram Sebagai Media Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2019 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa:(Studi Kasus Ragam Sosial Budaya Perspektif dan Konteks Psikologi Sosial). Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 363–370.

Van Ouytsel, J., Walrave, M., Ojeda, M., Del Rey, R., & Ponnet, K. (2020). Adolescents’ sexy self-presentation on Instagram: An investigation of their posting behavior using a prototype willingness model perspective. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 8106.

Yildirim, C., & Correia, A.-P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior, 49, 130–137.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Nurhayati , M. . (2023). KOMUNIKASI VIRTUAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 50–56. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16952