Pengaruh Teknik Desensitisasi Sistematik terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Dimasa Pendemi Covid-19 Di SMPN 1 Sungai Pua

Authors

  • Gita Febriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Dodi Pasila Putra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Afrinaldi Afrinaldi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8526

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena  yang ada SMPN 1 Sungai Pua yang menunjukkan bahwasanya didapati siswa mengalami kecemasan saat menghadapi ujian. Siswa merasa tidak tenang dan tidak rileks saat detik-detik akan menghadapi ujian dikarenakan siswa banyak yang tidak belajar di rumah, saat waktu akan dilaksanakannya ujian mereka sibuk membaca catatan dan membahas soal-soal yang di berikan guru sebelumnya. Ketika siswa melakukan ujian di dalam kelas terdapat siswa yang sangat gelisah, cemas, terlihat ragu dalam menjawab soal ujian, tidak berkonsentrasi saat ujian. Untuk mereduksi kecemasan kecemasan siswa menghadapi ujian semester tersebut guru BK berupaya mengatasinya melalui beberapa jenis teknik konseling salah satunya dengan teknik desensitisasi sistematik. Peneliti mencoba melakukan teknik desensitisasi sistematik dalam layanan konseling individual. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan teknik desensitisasi sistematik untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian semester dimasa pandemi covid-19 di SMPN 1 Sungai Pua. Penelitian ini tergolong pre eksperimen model One Group Pretest Postest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang  berjumlah 98 orang, sedangkan teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah teknik Non Random Sampling yaitu Purposif Sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang. Instrument pengumpulan data adalah skala likert. Data tentang kecemasan menghadapi ujian semester dikumpulkan melalui skala, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon  Rank Test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil nilai uji Z (Wilcoxon) menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan postest. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -2,524. Berdasarkan ketentuan yang berlaku diketahui hasil uji Wilcoxon  sig p-value sebesar 0,012 <?(? = 0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan kecemasan siswa menghadapi ujian semester dimasa pandemi covid-19 untuk pretest dan postest melalui teknik desensitisasi sistematik.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Febriani, G. ., Putra, D. P. ., Afrinaldi, A., & Yusri, F. . (2022). Pengaruh Teknik Desensitisasi Sistematik terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Dimasa Pendemi Covid-19 Di SMPN 1 Sungai Pua. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2190–2199. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8526

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>