Peran Guru Mewujudkan Akhlakul Karimah Pada Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiyah Awaliyah Tarok Kota Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11431Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena tenaga pendidik di Madrasah Diniyah Talmiyah Awaliyah (MDTA) tarok kota bukittinggi, berharap dapat mewujudkan generasi masa depan yang Memiliki akhlakul karimah pada siswanya, dengan itu proses interaksi antara guru dengan peserta didik, agar terjadinya pembelajaran yang telah ditentukan, dalam pembelajaran alquran, guru berperan penting dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik agar memahami dan mampu membaca alqur’an sesuai dengan tuntutan agama dan syariat islam seiring menerapkan sifat berakhalakul karimah dalam kehidupan-sehari-harinya. sebab rasa cinta dan kasih sayang yang diberikan oleh orang dewasa (guru) dengan ikhlas akan meningkatkan akhlak dari panutan guru yang telah dilihatnya dan peserta didik bahwa semua yang diajarkan oleh guru hanya untuk kebaikan dirinya (peserta didik) dan peserta didik dapat melakukan yang telah diajarkan dan diperintahkan oleh gurunya dengan senang hati. Metode Penelitian yang digunakan penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Aisyiah Tarok, Kota Bukittinggi, kemudian penulis melakukan analisis deskriptif dengan reduksi data dan untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini penulis menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Aisyiah Tarok Kota Bukittinggi telah berperan menjadi guru yang baik untuk siswanya. Sebagian guru memberikan pendidikan berakhlakul karimah dalam pembelajaran Al-Qur’an, diberikan dengan sempurna. Sebagian guru memberikan pengawasan, motivasi kebiasaan dan hukuman kepada siswa dalam membetuk akhalakul karimah dalam pembelajaran Al-Qur’an.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Inesri, I., Afrinaldi, A., Wati, S. ., & Dewi, Y. . (2023). Peran Guru Mewujudkan Akhlakul Karimah Pada Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiyah Awaliyah Tarok Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2916–2925. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11431
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Inesri, Afrinaldi, Salmi Wati, Yelfi Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).