Hubungan Motivasi Belajar Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Program Studi Bimbingan Dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20079Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa baru yang merantau ditemui kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan baru karena mahasiswa tidak dapat membentuk hubungan dan karena itu tidak memiliki teman dekat atau teman satu kelompok. Ketidakmampuan beradaptasi dapat menimbulkan masalah sosial yang tidak diinginkan seperti terganggunya hubungan komunikasi. Hal ini dapat menimbulkan kesulitan dan frustasi bagi mahasiswa tersebut, membuat mahasiswa merasa jauh dari rasa nyaman, senang dan bahagia di lingkungan barunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau program studi Bimbingan dan Konseling UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi tahun 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasinya hanya terdiri dari mahasiswa internasional yang berasal dari luar Sumatera Barat. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode full sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 sampel. Teknik analisis data menggunakan Product Moment yang mengisyaratkan hipotesis diterima apabila rhitung lebih besar dari pada rtabel dan dibantu SPSS 26 for Windows. Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson product moment diperoleh rhitung (0,430) > rtabel (0,3338), maka hipotesis diterima yang menyatakan adanya hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau, itu berarti H0 ditolak. Hal ini disebabkan rhitung = 0,430 yang berada pada interval koefisien 0,40 – 0,599 sehingga tingkat korelasi antar kedua variabel termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Motivasi Belajar, Mahasiswa PerantauDownloads
Published
2023-11-22
How to Cite
Afriani, E., Rahmi, A. ., Afrinaldi, A., & Santosa, . B. . (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(6), 6–11. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20079
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Eka Afriani, Alfi Rahmi, Afrinaldi Afrinaldi, Budi Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).