Pengaruh Bermain Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 121308 Pematangsiantar

Authors

  • Niken Sylvia Clara Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar T. Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Esti Marlina Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan/intensitas pengaruh bermain game online terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis survey. Penelitian ini sering menggunakan teknik wawancara, angket atau observasi langsung terhadap objek yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD 121308 dan sampel yang digunakan adalah kelas VI yang berjumlah 31 orang siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling purposive dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat (x) berupa bermain game online , serta variabel bebas (y) berupa Bermain hasil belajar . Teknik pengumpulan data yaitu pemberian angket dan wawancara. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t variable independen dengan bantuan program spss versi 22, Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan didapat data bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain game online dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Hal ini didapat dari nilai thitung -11,184 ? ttabel 2,045, sehingga thitung ? ttabel maka Ha diterima dan kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh negative signifikan terhadap bermain game online (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Siagian, N. S. C. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Bermain Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 30–40. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8113

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>