Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar

Authors

  • Simon Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juni Agus simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Esti Marlina Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8133

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis True Exsperimental design dengan design rancangan penelitian pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI dalam subtema 1 rukun dalam perbedaan.  Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122368 Pematang Siantar sebagai kelas eksperimen dan siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122384 Pematang Siantar. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t parsial dimana didapat nilai t hitung sebesar = 5,714 dengan tingkat signifikansi 0.000. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 dan t hitung = 5,714 > t table = 1,695 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI dalam subtema 1 rukun dalam perbedaan.  Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122368 Pematang Siantar.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Siregar, S. ., simaremare, J. A. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 196–205. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8133