Pengembangan Desain Media Creativity Box Tema “Keluarga Ku” Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok-B (Usia 5-6 Tahun) Di Tk It Bina Insan Batang Kuis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6053Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru yang menggunakan media pembelajaran creativity box yang tersedia disekolah untuk mengajarkan anak membaca, namun hasil dari menggunakan media creativity box ini kurang maksimal dikarenakan creativity box yang kurang menarik, dan berbahaya karena bahan creativity box tersebut terbuat dari balok kayu sehingga dapat melukai tangan anak serta jumlah media yang tersedia sangat terbatas. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan desain media dan efektivitas media creativity box tema keluarga ku untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok-b (usia 5-6 tahun) di tk it bina insan batang kuis. jenis penelitian ini menggunakan penelitian Reseach and development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media creativity box terbukti Sangat Valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi beseta uji coba pemakaian produk. Penilaian oleh ahli media dapat diketahui bahwa presentase skor sebanyak 92,72% dan hasil penilaian ahli materi memiliki presentase skor sebanyak 74 % . Serta penilaian uji coba produk dapat dilihat dari nilai N-Gain skore yaitu 0, 56778 dan presentase nilai N-Gain Skore yaitu 56, 278 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media creativity box tersebut dapat menstimulus kemampuan membaca permulaan anak kelompok-b (usia 5-6 tahun) di TK IT Bina Insan Batang Kuis.Downloads
Published
2022-08-14
How to Cite
Auria, A., Basri, M. ., & Nurhayani, N. (2022). Pengembangan Desain Media Creativity Box Tema “Keluarga Ku” Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok-B (Usia 5-6 Tahun) Di Tk It Bina Insan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3737–3747. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6053
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aga Auria, Muhammad Basri, Nurhayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).