Layanan Informasi dalam Mengembangkan Konsep Pola Asuh pada Single Parent di Desa Karya Jadi, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat

Authors

  • Nurhayani Nurhayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ilham Hamzah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ikhwana Rozaq Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rizka Zakia Ulfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Putri Purnama Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9215

Abstract

Anak adalah amanah bagi orang tua, hatinya yang suci bagaikan mutiara yang bagus dan bersih dari setiap kotoran dan goresan. anak merupakan imitasi (peniru) orang tuanya. Keluarga merupakan peran utama dalam pembentukan tingkah laku, watak moral dan pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang efektif yang dapat diterapkan oleh orang tua tunggal (single parent) serta mengatasi faktor pengaruh dan penghambat dalam pola asuh orang tua tunggal (single parent) sehingga anak tidak merasa kehilangan figur ayah maupun figur ibu. Layanan informasi dilaksanakan di aula kantor Desa Karya Jadi, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat dimana dalam pelaksanaan layanan informasi melibatkan masyarakat khususnya orang tua tunggal (single parent). Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Di mana dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi dianggap lebih efektif diaplikasikan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa karya jadi khususnya pola asuh efektif yang dapat diterapkan oleh orang tua tunggal (single parent).

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Nurhayani, N., Hasibuan , . I. H. ., Rozaq, I. ., Ulfa, R. Z. ., & Sari, P. P. . (2022). Layanan Informasi dalam Mengembangkan Konsep Pola Asuh pada Single Parent di Desa Karya Jadi, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5833–5839. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9215