Implementasi Pendidikan Karakter Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Authors

  • Taofik Ridwan Universitas Ahmad Dahlan
  • Tri Kuat Universitas Ahmad Dahlan
  • Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14784

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis implementasi pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, 2) menganalisis kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, dan 3) menganalisis solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (interactive of analysis), yakni terdiri atas empat komponen utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter terintegrasikan dalam perangkat bahan ajar, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan budaya sekolah; (2) kendala yang muncul yaitu keterbatasan kemampuan guru dalam menyesuaikan karakter yang tepat untuk ditanamkan pada peserta didik, karakter peserta didik yang beragam, kurangnya dukungan dan peran serta orang tua dalam penanaman nilai- nilai karakter, kurangnya kedisiplinan peserta didik, dan minimnya kekompakkan guru dalam menanamkan nilai karakter pada peserta didik.; dan (3) upaya yang dilakukan yaitu guru telah berupaya untuk menyeimbangkan pencapaian materi dengan nilai- nilai karakter, pihak sekolah telah melakukan sosialisasi dengan orang tua, guru telah melakukan evaluasi melalui penilaian sikap, dan guru telah menanamkan nilai- nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler serta budaya sekolah.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ridwan, T. ., Kuat, T. ., & Santosa, B. . (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5810–5819. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14784

Most read articles by the same author(s)