Upaya Guru Kelas dalam Mengembangkan Basic Question Siswa di SDN 07 Lasi Tuo Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7246Abstract
Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di lapangan di temukan masih adanya siswa yang sulit untuk bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung dan siswa masih malu untuk bertanya dan cenderung pasif pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru kelas dalam mengembangkan basic question siswa di SDN 07 Lasi Tuo Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang berusaha mengungkapkan keadaan yang bersifat alamiah yang bukan hanya menggambarkan variabel-variabel tunggal melainkan dapat menggabungkan antara variabel dengan variabel lain, Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi dan wawancara, penulis menjadikan guru kelas V sebagai informan kunci dari penelitian ini, dan guru mata pelajaran tematik dan 3 orang siswa/i dari kelas V. teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu membandingkan data dengan sumber teori dari buku Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, yang dilakukan terhadap data yang diperoleh melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan wawancara dengan guru kelas 5, di ketahui guru kelas telah berupaya untuk memancing siswa untuk bertanya dengan melihat dari gerak-gerik siswa dan guru kelas juga menentukan siswa yang aktif bertanya dengan melihat dari banyaknya siswa yang mengacungkan tangan pada saat siswa tersebut bertanya, guru kelas juga memberikan apresiasi kepada siswa yang bertanya dengan memberikan tepuk tangan. Guru kelas juga memberikan motivasi kepada siswa yang bertanya agar lebih optimis ketika bertanya, dan guru kelas juga memberikan apresiasi yang positif sehingga keinginan untuk bertanya lebih bertambah dan lebih meningkatkan rasa percaya diri siswa tersebut untuk bertanya.Downloads
Published
2022-10-05
How to Cite
Irvan, . . . . M. ., & Santosa, B. . (2022). Upaya Guru Kelas dalam Mengembangkan Basic Question Siswa di SDN 07 Lasi Tuo Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3960–3966. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7246
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Irvan, Budi Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).