Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan Pada Produk Mulyojaten di SMK Muhammadiyah 3 Metro

Authors

  • Yuli Fitriyani Universitas Ahmad Dahlan
  • Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan
  • Edhy Susatya Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10619

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemasaran pada produk Mulyojaten yang sudah dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Metro. Setelah menganalisis kemudian mengembangkan model pemasaran berbasis pelanggan menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (research and development). Tahapan penelitian ini menggunakan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Metro  Subyek penelitiannya adalah guru pengelola TeFa (Teaching Factory), alumni SMK Muhammadiyah 3 Metro dan mitra pelanggan. Obyek dari penelitian ini yaitu pengembangan pemasaran berbasis pelanggan pada produk Mulyojaten. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk MFS (Mulyojaten Farma Shop), yaitu model pemasaran produk TeFa Mulyojaten secara online efektif  memberikan kemudahan pelayanan dan menjalin hubungan silaturahmi kepada pelanggan. Hasil perhitungan Mann Whitney menunjukkan bahwa model pemasaran online efektif digunakan sebagai model pemasaran produk TeFa untuk pelanggan di SMK Muhammadiyah 3 Metro.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Fitriyani, Y. ., Santosa, B. ., & Susatya, E. . (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan Pada Produk Mulyojaten di SMK Muhammadiyah 3 Metro . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12799–12821. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10619

Most read articles by the same author(s)