Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan Pada Produk Mulyojaten di SMK Muhammadiyah 3 Metro
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10619Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemasaran pada produk Mulyojaten yang sudah dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Metro. Setelah menganalisis kemudian mengembangkan model pemasaran berbasis pelanggan menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (research and development). Tahapan penelitian ini menggunakan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Metro Subyek penelitiannya adalah guru pengelola TeFa (Teaching Factory), alumni SMK Muhammadiyah 3 Metro dan mitra pelanggan. Obyek dari penelitian ini yaitu pengembangan pemasaran berbasis pelanggan pada produk Mulyojaten. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk MFS (Mulyojaten Farma Shop), yaitu model pemasaran produk TeFa Mulyojaten secara online efektif memberikan kemudahan pelayanan dan menjalin hubungan silaturahmi kepada pelanggan. Hasil perhitungan Mann Whitney menunjukkan bahwa model pemasaran online efektif digunakan sebagai model pemasaran produk TeFa untuk pelanggan di SMK Muhammadiyah 3 Metro.Downloads
Published
2022-12-24
How to Cite
Fitriyani, Y. ., Santosa, B. ., & Susatya, E. . (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan Pada Produk Mulyojaten di SMK Muhammadiyah 3 Metro . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12799–12821. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10619
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yuli Fitriyani, Budi Santosa, Edhy Susatya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).