Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Yulia Suhartini Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Muchlas Muchlas Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Tri Kuat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7395

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan edupreneurship yang telah berlangsung di empat SMK di Bantul, serta efektivitas kompetensi kewirausahaan kepala sekolah untuk pelaksanaan edupreneurship dan dampak kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap program pengembangan edupreneurship. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan edupreneurship yang telah berlangsung di empat SMK di Bantul secara umum sudah berjalan dengan baik, hal ini disebabkan adanya sumber daya manusia yang mempunyai komitmen dan etos kerja tinggi berfikir kreatif. Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah sangat efektif untuk mendorong pelaksanaan dan pengembangan edupreneurship di SMK. Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah berdampak sangat baik pada program pengembangan edupreneurship di SMK, tumbuh kembangnya unit usaha di setiap kompetensi keahlian berupa produk maupun jasa, terbentuknya teaching factory di SMK, bekerja sama dengan IDUKA sebagai proyek riil dari industri yang dilaksanakan oleh peserta didik, terbentuknya market place yang difasilitasi sekolah untuk pemasaran produk.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Suhartini, Y. ., Muchlas, M., & Kuat, T. . (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4833–4849. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7395