Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7395Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan edupreneurship yang telah berlangsung di empat SMK di Bantul, serta efektivitas kompetensi kewirausahaan kepala sekolah untuk pelaksanaan edupreneurship dan dampak kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap program pengembangan edupreneurship. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan edupreneurship yang telah berlangsung di empat SMK di Bantul secara umum sudah berjalan dengan baik, hal ini disebabkan adanya sumber daya manusia yang mempunyai komitmen dan etos kerja tinggi berfikir kreatif. Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah sangat efektif untuk mendorong pelaksanaan dan pengembangan edupreneurship di SMK. Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah berdampak sangat baik pada program pengembangan edupreneurship di SMK, tumbuh kembangnya unit usaha di setiap kompetensi keahlian berupa produk maupun jasa, terbentuknya teaching factory di SMK, bekerja sama dengan IDUKA sebagai proyek riil dari industri yang dilaksanakan oleh peserta didik, terbentuknya market place yang difasilitasi sekolah untuk pemasaran produk.Downloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Suhartini, Y. ., Muchlas, M., & Kuat, T. . (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4833–4849. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7395
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yulia Suhartini, Muchlas, Tri Kuat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).