Sinergisitas Komponen Madrasah Dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Berwawasan Lingkungan Sehat di MTS Pondok Pesantren Nurul Hidayah Simartokis Kabupaten Pasaman

Authors

  • Almunawir Salzali Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Gazali Gazali Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Afrinaldi Afrinaldi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13071

Abstract

Latar belakang penelitian adalah kebersihan MTs Pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis memperoleh penghargaan sekolah sehat dan adiwiyata dibawah kepemimpinan madrasah dengan guru, siswa, komite madrasah, kepala urusan tata usaha, dengan dengan pihak puskesmas langsat kadap. Yang menjadi permaslahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sinergisitas komponen madrasah dalam membentuk kerakter siswa yang berlingkungan sehat di MTs Pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis Kabupaten pasaman. Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk sinergisitas komponen madrasah dalam mewujudkan karakter siswa yang berwawasan yang berwawasan lingkungan sehat di MTs Pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis Kabupaten Pasaman, bentuk-bentuk penerapan kareter siswa dengan wawasan lingkungan sehat di MTs Pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data adalah kepala madrasah, guru, siswa, kepala urusan tata usaha, komite madrasah dan kepala puskesmas Langsat kadap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dikumentasi, teknik analisa data yang yang dilakukan yanitu reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dengan varifikasi data, Hasil Penelitian adalah : Pertama bentuk-bentuk sinergisitas komponen madrasah adalah sinergi kepala madrasah adalah sinergi kepala madrasah selaku pengambil kebijakan dengan keluarga, dan seluruh komponen madrasah tujuan yang sama untuk menyelanggarakan pendidikan sehat, pelayanan kesehatan, dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan madrasah. Kedua : bentuk-bentuk penerapan kerakter siswa dengan wawasan lingkungan sehat adalah : a) prilaku mengimformasikan kesehatan, megkonsumsi jajanan sehat, membawa bekal, menanamkan tanaman obat keluarga (TOGA), b) perilaku pencarian dan penggunaan fasilitas pelayanan kesehatan kepada teman sejawat seperti menggunakan seperti menggunakan tanaman TOGA dan rujukan kepuskesmas, c) perilaku kesehatan lingkungan seperti membungan sampah pada tempatnya sesuai jenis sampah ketiga, bentuk-bentuk upaya mewujudkan karakter siswa yang berwawasan lingkunan sehat : a) mengadakan pelatihan /penyuluhan, b) UKS, c) pemeliharaan kesehatan lingkungan madrasah melalui bank sampah komposting dan pengolahan lahan untuk aneka tanaman, d) pemberian motivasi berupa reward, punishmen. Seperti program dalam menerapkan perilaku sehat kepada siswa baru.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Salzali, A. ., Gazali, G., Zakir, S. ., & Afrinaldi, A. (2023). Sinergisitas Komponen Madrasah Dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Berwawasan Lingkungan Sehat di MTS Pondok Pesantren Nurul Hidayah Simartokis Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1181–1195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13071

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>