Evaluasi Program Pembelajaran Kitab Kuning dengan Model Cipp di Pondok Pesantren Yati Kampung Baru Nagari Kamang Mudik Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6543Abstract
Adapun latar belakang penelitian ini adalah problematika pembelajaran kitab kuning yang berlangsung lebih kurang dua tahun ini di Pondok Pesantren YATI semakin meredup. Hal itu terlihat ketika penulis melakukan ujicoba siswa untuk menjawab pertanyaan acak seputar materi pelajaran kitab kuning. Hasilnya tidak ada siswa yang mampu menjawab dengan baik. Selanjutnya, pada umumnya pesantren tradisional belum mengenal sistem penilaian (evaluasi). Kenaikan tingkat cukup ditandai dengan bergantinya kitab yang dipelajari. Dengan kata lain potensi lulusan pondok pesantren langsung ditentukan oleh masyarakat konsumen. Penilaian akademik semacam itu tentu saja sulit dikembangkan dan dibudidayakan dalam dunia modern ini mengingat akan produk pendidikan yang semakin berkembang dan formal. Dalam situasi demikian dunia pesantren menjadi amat penting untuk membuktikan dan mengembangkan sistem penilaian yang komprehensif, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan tentu saja perlu menentukan kriteria penilaian, penyusunan program penilaian, pengumpulan data nilai, serta menentukan penilaian kedalam kurikulum. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. penelitian deskriptif, merupakan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fenomena atau hubungan antar fenomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduski data dengan menyajikan seluru dakta dan fakta di lapangan. Dalam menguji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Triangulasi data adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi konteks dilihat dari kebijakan kurikulum program pembelajaran kitab kuning, dukungan madrasah terhadap pembelajaran kitab kuning, serta dukungan orang tua siswa. Evaluasi Input terdiri dari Konsistensi pada asas tafaqquh fiddin, Pendidik, Peserta didik, Sarana dan prasarana, Rujukan mata pelajaran kitab kuning, Pendanaan (Biaya). Evaluasi proses bahwa proses pembelajaran telah berjalan dengan lancar. Evaluasi produk atau hasil dari program pembelajaran telah dilaksanakan evaluasi akhir dan berdampak adanya utusan pesantren untuk perwakilan lomba kitab tingkat nasional.Downloads
Published
2022-09-02
How to Cite
Yunita, . . . L. ., Junaidi, J., Dewi, Y., & Zakir, S. . (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Kitab Kuning dengan Model Cipp di Pondok Pesantren Yati Kampung Baru Nagari Kamang Mudik Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 47–56. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6543
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lisa Yunita, Junaidi, Yefi Dewi, Supratman Zakir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).