Pengaruh Media Digital Canva dalam Pembelajaran SBdP Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Nagri Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10498Abstract
Dalam aktivitas pembelajaran di sekolah dasar umumnya hanya menggunakan media pembelajaran2 konvensional yang terkadang kurang menarik minat belajar siswa. Sehingga pembelajaran yang terjadi sering kurang maksimal. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini merupakan untuk melihat pengaruh media digital Canva dalam proses pembelajaran di sekolah dasar terhadap motivasi serta hasil belajar siswa di SDN Nagri Tengah. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dan dilakukan pada kelas V SDN 1 Nagri Tengah dengan jumlah 29 siswa. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, semua peserta kelas digunakan sebagai sampel uji, dan dilakukan dalam bentuk pretest-posttest. Teknik analisis uji yang diperlukan pada penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pretest sebesar 42,07, dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 63,10. Maka diketahui hasil posttest mengalami peningkatan sebesar 21,03. Setelah dilakukan analisis data dengan uji T, diperoleh hasil nilai signifikasi (2-tailed) senilai 0,000 ? 0,005, sehingga H1 diterima, sedangkan H0 ditolak. Maka, dapat dikatakan bahwa media digital Canva berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar anak dalam pembelajaran SBdP kelas V di SDN Nagri Tengah. Pengaruh juga ditunjukkan melalui respon siswa yang antusias dan semangat mengikuti pembelajaran yang membuktikan bahwa media pemmbelajaran ini meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.Downloads
Published
2022-12-20
How to Cite
Rosmana, P. S. ., Iskandar, S. ., Fadillah, H. T. N. ., Fadila, I. ., Melia, N. ., & Miftah, R. F. . (2022). Pengaruh Media Digital Canva dalam Pembelajaran SBdP Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Nagri Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12448–12453. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10498
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Primanita Sholihah Rosmana, Sofyan Iskandar, Hanifah Tri Nur Fadillah, Intan Fadila, Nita Melia, Reina Farhanah Miftah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).