Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adela Agnia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gaida Farhatunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pingkan Fireli Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rayi Safitri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10545

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis digital sebagai media bahan evaluasi untuk meningkatkan antusias belajar siswa Sekolah Dasar Kelas V yaitu pada aplikasi Baamboozle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan peneliti melakukan penganalisisan dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Baamboozle di sekolah dasar. Dalam penggunaan media pembelajaran agar kualitas pembelajaran meningkat tentunya guru diharuskan untuk lebih kreatif dan inovatif di dalam kelas. Salah satu media pembelajaran terutama untuk evaluasi pembelajaran yang menarik serta dapat juga mengatasi kebosanan siswa yaitu dengan menggunakan evaluasi pembelajaran berbasis permainan. Contohnya seperti penggunaan media pembelajaran aplikasi Baamboozle.  Adapun peningkatan hasil belajar dari keseluruhan siswa memperoleh nilai rata-rata 92,8 sebelum penggunaan media pembelajaran aplikasi Baamboozle, sedangkan setelah penggunaan media pembelajaran aplikasi Baamboozle memperoleh nilai rata-rata 93,2 , sehingga membuktikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan evaluasi pembelajaran lebih mempermudah siswa dalam menjawab pertanyaan, pemahaman serta dapat memotivasi siswa untuk terus belajar.  

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Iskandar, S. ., Rosmana, P. S. ., Agnia, A. ., Farhatunnisa, G. ., Fireli, P. ., & Safitri, R. . (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12500–12505. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10545

Most read articles by the same author(s)