Pengaruh Pembelajaran Berbasis ICT sebagai Pengembangan Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 1 NagriKidul Purwakarta

Authors

  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elvyn Kemala Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aliza Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nisrina Nurbaiti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edis Eriansyah Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11482

Abstract

Teknologi merupakan salah satu perkembangan yang tak henti memberi pengaruh ke dalam banyak aspek di dunia, mempengaruhi lebih dari satu aspek termasuk dalam aspek pendidikan. Dewasa ini, dunia pendidikan mengalami perkembangan dalam penerapannya meliputi perkembangan pada penyajian media pembelajaran, sehingga guru perlu ikut andil dalam mempersiapkan kebutuhan peserta didik dalam menghadapi perkembangan digitalisasi. Digitalisasi pendidikan diterapkan dalam proses pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, akomodatif, dan adaptif dengan dasar ICT. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest. Dalam penelitian ini menunjukkan jika pada penggunaan media pembelajaran berbasis ICT ditemukan adanya peningkatan minat belajar dan peningkatan hasil pemahaman kognitif, intelegensi, dan keterampilan yang ditinjau dari gain ternormalisasi. Peningkatan dalam hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada pembelajaran berbasis ICT menjadi suatu cara dalam mencapai tujuan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar akan lebih mudah tercapai dengan mengemas pembelajaran ke dalam digitalisasi.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Rosmana, P. S. ., Iskandar, S. ., Azzahra, E. K. ., Wulandari, A. ., Nurbaiti, N. ., & Putri, E. E. . (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis ICT sebagai Pengembangan Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 1 NagriKidul Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3126–3136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11482

Most read articles by the same author(s)