Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Karang Setia 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11398Abstract
Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN Karang Setia 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari observasi proses pembelajaran tematik terpadu menurut model Think Pair Share (TPS) di kelas IV meliputi kinerja dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share adalah model pembelajaran yang dapat mendorong mereka untuk lebih dinamis dan interaktif dalam belajar serta saling membantu. Salah satu pendekatan pembelajaran integratif (integrated instruction) adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individu maupun kelompok, untuk secara aktif mengeksplorasi dan mengidentifikasi konsep dan prinsip ilmiah secara tepat waktu, komprehensif, bermakna dan otentik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasarDownloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Muharam, . A. ., Mustikaati, W. ., Melia, N. ., Halimah, N. F. ., & Rohimah, R. . (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Karang Setia 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2741–2745. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11398
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agus Muharam, Wina Mustikaati, Nita Melia, Nur Fitri Halimah, Rina Rohimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).