Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar

Authors

  • Iis Endelta Universitas Jambi
  • Faizal Chan Universitas Jambi
  • Violita Zahyuni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3709

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tatap muka terbatas disekolah dasar. Artikel ini dilatarbelakangi oleh menurunnya rasa empati terhadap orang lain, seperti bersikap egois, acuh tak acuh terhadap teman, tawuran antar siswa, dan kurangnya minat membantu teman yang kurang pandai. Oleh karena itu guru harus mempunyai srategi baru dalam menanamkan karakter peduli sosial kepada peserta didik pada pembelajaran tatap muka terbatas. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru kelas VIC SDN 55/I Sridadi. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi data. Hasil Penelitian ditemukan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tatap muka terbatas disekolah dasar yaitu pola pembiasaan, keteladanan, penguatan, teguran, dan pengkondisian lingkungan.

Downloads

Published

2022-02-18