http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/issue/feed Journal on Teacher Education 2022-08-13T14:58:14+00:00 Yolanda Pahrul yolandapahrul@gmail.com Open Journal Systems <p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p> http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5603 Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Tema 4 Kelas III terhadap Kurikulum 2013 2022-07-24T14:01:18+00:00 Saripudin Sahri saripudinsahri@gmail.com Bukman Lian Jyanti@gmail.com Jayanti Jayanti Jyanti@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Tema 4 Kelas III terhadap Kurikulum 2013, dengan menentukan kesesuaian Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Tujuan Pembelajaran, dan Materi pembelajaran. Metode penelitian penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menganalisis dokumen berupa Buku Guru dan Buku Siswa tema 4 kelas III dan Kurikulum 2013, analisis ini berpacu kepada keputusan Menti Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Hasil peneliti kesesuaian kompetensi dasar 30 sekor, indikator 20 sekor, tujuan pembelajaranan 20 sekor, dan materi sebesar 20 skor. Secara keseluruhan pada Buku Guru dan Buku Siswa tema 4 kelas III edisi revisi 2018 sebesar 90% Tetapi masih perlu adanya penambahan indikator, tujuan pembelajaran, serta materi pembelajaran di Buku Guru.</p> 2022-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Saripudin Sahri, Bukman Lian, Jayanti Jayanti http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5695 Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL terhadap Aplikasi Tiktok untuk Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Abad 21 2022-07-28T15:45:25+00:00 Nada Oktafiani nadaoktafiani123@gmail.com Muhammad Haryanto emh4.jayabrata@gmail.com <h2>Perkembangan teknologi dan komunikasi telah menciptakan berbagai media sosial yang dapat dijadikan media pembelajaran, salah satunya adalah <em>TikTok.</em> Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa PBSI-Unikal terhadap <em>TikTok</em> untuk media pembelajaran abad 21 dan pemanfaatan aplikasi <em>TikTok</em> sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia abad 21. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah FKIP Unikal. Sampelnya adalah mahasiswa PBSI angkatan tahun akademik 2018-2019 semester genap 2021/2022. Hasil penelitian menghasilkan (1) persepsi mahasiswa PBSI-Unikal terhadap aplikasi <em>TikTok</em> untuk media pembelajaran bahasa dan sastra abad 21 yang dihasilkan dibagi menjadi tiga indikator yaitu peminatan aplikasi <em>TikTok</em>, positif dan negatif <em>TikTok, </em>dan <em>TikTok</em> digunakan sebagai media pembelajaran, (2) pemanfaatan aplikasi <em>TikTok</em> sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia menghasilkan bahwa media pembelajaran dalam penelitian ini dapat menghasilkan nilai-nilai edukatif, nilai kreatif dan nilai kolaboratif yang selaras dengan prinsip pembelajaran abad 21.</h2> 2022-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Nada Oktafiani, Muhammad Haryanto http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5744 Pengaruh Media Adobe Flash Cs6 Profesional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 12 Air Kumbang 2022-07-30T08:34:42+00:00 Muhammad Ikhsan Arisqy ikhsanarisqy06@gmail.com Jayanti Jayanti jayanti2hr@gmail.com Ida Suryani jayanti2hr@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media <em>Adobe Flash CS6 Profesional</em> terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 12 Air Kumbang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk eksperimen semu (<em>Quasi Experiment</em>), desain yang digunakan adalah “Desain <em>pretest-postest</em> kontrol <em>group design</em>, dengan pemilihan kelompok yang diacak”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Air Kumbang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttes. Bahwa pada bagian “<em>Equal variances assumed</em>” diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000&lt;0,05 atau juga dapat dilihat dari nilai t<sub>hitung</sub>=5,115&gt;1,67722 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan juga dilihat dari nilai “<em>Mean difference</em>” adalah sebesar 20,417. Nilai ini menunjukan selisih antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 78.7500-58.3333=20,417 dan selisih perbedaan tersebut adalah 12,382 sampai 28,452.</p> 2022-08-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Muhammad Ikhsan Arisqy, Jayanti Jayanti, Ida Suryani http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5838 Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA 2022-08-04T12:40:21+00:00 Arini Rahmadana arinirahmadana@stainsorong.ac.id Oki Sandra Agnesa okisandraa@gmail.com <p>STEAM adalah konsep integrasi disiplin ilmu yang menawarkan solusi pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan diabad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk implementasi dan implikasi STEAM pada pelajaran biologi SMA. Merupakan penelitian pustaka dengan menganalisis 13 penelitian dengan rentang waktu 2017-2022. Hasil menunjukkan bahwa STEAM diimplementasikan dalam bentuk: pendekatan pembelajaran, kegiatan proyek berkelompok, kegiatan penyelesaian masalah real, dan kegiatan untuk mengasah keterampilan abad 21. STEAM berpengaruh positif pada keterampilan abad 21 seperti keterampilan berpikir kritis, kreatifitas dan lainnya. DItemukan juga bahwa STEAM diimplementasikan pada topik multidisiplin seperti, bioteknologi, ekologi/ekosistem/perubahan lingkukan. Peneliti dan praktisi memandang STEAM sebagai sebuah multidisplin ilmu, dimana mereka mecoba membawakan topik biologi dengan mengintegrasikan kelima aspek dalam STEAM, khususnya untuk aspek seni kebanyakan masih menafsirkan aspek seni sebagai bentuk-bentuk visual, estika dan kreatifitas.</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Arini Rahmadana, Oki Sandra Agnesa http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5665 Urgensi Penilaian Pembelajaran PAI sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional 2022-07-26T03:00:42+00:00 Firman Mansir firmanmansir@umy.ac.id Muh. Alamin daeng.ngawing@gmail.com <p>Artikel ini bertujuan menjelaskan pentingnya penilaian pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Di Indonesia pendidikan sebagai hak yang diberikan negara kepada masyarakatnya dengan tujuan secara umum untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam menghadapi tuntutan zaman. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan pendidikan dengan baik ialah dengan adanya penilaian atau evaluasi pembelajaran. Dimana penilaian ini dimaksudkan untuk mengukur capaian pendidikan dari waktu ke waktu, serta hasilnya akan dijadikan sebagai informasi yang bermanfaat dalam memutuskan kebijakan pendidikan yang baru. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur yang mengambil sumber dari hasil penelitian yang sesuai dengan pembahasan artikel ini. Dengan demikian, penilaian sangat penting dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, sehingga terdapat dua jenis penilaian, yaitu penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan selama berjalannya proses pengajaran dan penilaian sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pasca pembelajaran.</p> 2022-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Firman Mansir, Muh. Alamin http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5442 Pengembangan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Android sebagai Media Interaktif pada Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA 2022-07-19T14:54:59+00:00 Ayu Malia ayumaliazulha@gmail.com Fahrudin Eko Hardianto fahrudineko@gmail.com <p>Pembelajaran merupakan model interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam lingkungan belajar. Pemanfaatan TIK (teknologi informasi komunikasi) dalam pembelajaran sekarang ini menjadi hal yang sangat diperhatikan dan juga menjadi pusat bagi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis android untuk teks Biografi dan mengetahui layak tidaknya bahan ajar berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (<em>research and Devekopment</em>). Tahapan pengembangan Bahan ajar ada 7 tahapan yaitu : potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk dan revisi produk. Hasil dari penelitian ini yaitu bahan ajar Bahasa Indonesia Berbasis android pada teks biografi dengan uji validitas 77% dari 2 validator dan percobaan kepraktisan 72% dari 31 peserta didik SMA Islam Al Fath. Hasil dari penelitian ini bahan ajar yang dikembangkan di nyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan.</p> 2022-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ayu Malia, Fahrudin Eko Hardianto http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5644 Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar 2022-07-29T08:37:38+00:00 Rina Hafizo rinahafizo24@gmail.com Bukman Lian rinahafizo24@gmail.com Jayanti Jayanti rinahafizo24@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan bertanya serta hambatan bertanya siswa pada pembelajaran Matematika Kelas IV.B Sekolah Dasar di SD Negeri 41 Plus Banyuasin III. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa kelas IV.B tergolong rendah. Hambatan yang dialami siswa dalam keterampilan bertanya meliputi seperti ada yang pemalu dan pendiam, takut salah, bingung dan tidak tahu mau bertanya apa, siswa belum mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, volume suara saat mengajukan pertanyaan ada yang suaranya lembut sehingga tidak dapat menjangkau seluruh isi ruang kelas sampai harus mengulangi beberapa kali saat bertanya.</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Rina Hafizo, Bukman Lian, Jayanti Jayanti http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5641 Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Buku Siswa Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar 2022-07-29T08:36:51+00:00 Erri Handayani errihandayani210100@gmail.com Bukman Lian errihandayani210100@gmail.com Jayanti Jayanti errihandayani210100@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas yang ada dalam buku siswa tema 9 kayanya negeriku kelas IV pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa tema 9 kayanya negeriku kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. informan penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV.A SDN 41 Plus Banyuasin III. Dengan siswa berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat mayoritas siswa kelas IV.A SDN 41 Plus Banyuasin III masuk kedalam kategori karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong-royong, dan integritas dalam buku siswa tema 9 kayanya negeriku kelas IV pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.</p> 2022-08-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Erri Handayani, Bukman Lian, Jayanti Jayanti http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5566 Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Palembang 2022-07-25T16:09:00+00:00 Resti Resti restiresti122@gmail.com Sukardi Sukardi Sukardipgri12@gmail.com Nora Surmilasari Sukardipgri12@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran <em>role playing </em>terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pra-eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posttest design<em>. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Sampel penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi, analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 53 setelah diberi perlakuan nilai posttest yaitu 81,9 mengalami peningkatan diperoleh t<sub>hitung</sub>=10,842 dan t<sub>tabel</sub>=1,697 maka taraf signifikan 0,05 dengan pengujian hipotesis t<sub>hitung &gt; </sub>t<sub>tabel </sub>dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang.</p> 2022-08-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Resti Resti, Sukardi Sukardi, Nora Surmilasari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5550 Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Esteem Siswa SD 2022-07-24T13:56:08+00:00 Mentari Mentari tarim352@gmail.com Nila Kesumawati tarim352@gmail.com Treny Hera tarim352@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem siswa SD Negeri 31 Palembang. Metode penelitian ini adalah ekperimen semu. Populasi penelitian yaitu dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 SD Negeri 31 Palembang. Sampel yang digunakan adalah kelas ekperimen V.a berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol V.b berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling. Rancangan perlakuan yaitu posttes only control design. Teknik pengambilan data berupa angket dan tes. Teknik pengumpulan data ialah Anava dua jalur dengan signifikat= 0,05. Hasil penelitian dilakukan terdapat pengaruh yang signifikat pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem. Terdapat interaksi yang signifikat antara dan pendekatan pembelajaran dan self-esteem terdapat kemampuan pemecahan masalah matematis.</p> 2022-08-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mentari Mentari, Nila Kesumawati, Treny Hera http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5518 Standar Isi Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia 2022-07-20T04:26:49+00:00 Sherly Anggraini sherlyanggraini2002@gmail.com Era Pazira Putri faziraera729@gmail.com Fitri Ajeli faziraera729@gmail.com Rizki Ananda faziraera729@gmail.com Ramdhan Witarsa faziraera729@gmail.com <p>Artikel ini menganalisis kebijakan dan pengelolaan pendidikan mengenai standar isi di sekolah dasar berdasarkan Permen No 21 Tahun 2016 mengenai standar isi di SD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui kajian pustaka. Standar isi ialah suatu ruang lingkup materi yang menyediakan pengalaman bagi pesertadidik untuk belajar guna memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan Tujuan dijabarkan secara universal sebagai sasaran agar tujuan pendidikan yang ditetapkan distandar isi sesuai dengan kenyataan yang terjadi dilapangan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (<em>library Research</em><em>).</em> Standar pendidikan di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan baik dalam jangka waktu dekat maupun waktu dekat. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan dan penentuan standar pendidikan di Indonesia belum benar-benar matang dikeluarkan, dilihat banyaknya standar pendidikan yang tidak terlaksanakan dikarena perubahan yang sering kali terjadi. standar pendidikan di Indonesia dinyatakan efektik apabila pendidikan dapat menghasilkan generasi bangsa yang sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang.</p> 2022-07-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5488 Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berupa Kartu Domino Modifikasi pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV SD Negeri 13 Banyuasin 1 2022-07-19T15:15:41+00:00 Rizka Tri Wulandari eniheldayani@univpgri-palembang.ac.id Eni Heldayani eniheldayani@univpgri-palembang.ac.id Jayanti Jayanti jayanti2hr@gmail.com <p>Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berupa kartu domino modifikasi untuk siswa kelas IV SD, (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berupa kartu domino modifikasi untuk siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D. Pada pengembangan produk ini mendapatkan hasil yaitu, validasi ahli materi yang di dapatkan hasil 77% dengan kategori “valid”,pada ahli media mendapatkan hasil 96% dengan kategori “sangat valid”, dan ahli bahasa mendapatkan hasil 96% dengan kategori”sangat valid”. Serta 2 kali uji coba yang terdiri dari: 1. One to One 2. Small Group. Sedangkan penilaian siswa pada uji coba one to one didapatkan hasil dengan kategori “sangat praktis” dengan nilai rata-rata sebesar 91.6 % penilaian siswa dalam uji coba small group didapatkan hasil dengan kategori “sangat praktis” dengan nilai rata-rata sebesar 90.3 %.</p> 2022-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Rizka Tri Wulandari, Eni Heldayani, Jayanti Jayanti http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5477 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 216 Palembang 2022-07-19T14:54:02+00:00 Sari Ayu Wandira 02sariayuwandira@gmail.com Sukardi Sukardi Sukardipgri12@gmail.com Nora Surmilasari Sukardipgri12@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran matematika di SD Negeri 216 Palembang. Hasil dari penelitian ini kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran matematika di SD Negeri 216 Palembang secara keseluruhan siswa mencapai 76,65 dengan kategori baik, dalam kemampuan berpikir kritis indikator interpretasi mencapai persentase 69%, indikator analisis mencapai persentase 75%, indikator evaluasi mencapai persentase 75%, dan pada indikator inferensi mencapai persentase 63%.</p> 2022-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Sari Ayu Wandira, Sukardi Sukardi, Nora Surmilasari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5475 Analisis Faktor Pendukung Siswa Berprestasi Kelas V SD di SD Negeri 87 Palembang 2022-07-19T14:59:14+00:00 Bella Hestiandari bellahestiandari01@gmail.com Sukardi Sukardi Sukardipgri12@gmail.com Nora Surmilasari Sukardipgri12@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara ilmiah tentang faktor-faktor internal dan eksternal tentang faktor pendukung siswa berprestasi di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti melihat faktor pendukung siswa yang ada pada kelas Va, Vb, dan Vc yang mendapatkan peringkat 1. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta di lapangan dan kemudian dijabarkan menjadi sebuah teori. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan ditulis dalam bentuk narasi untuk mengetahui tentang apa yang terjadi dalam peristiwa yang dilaporkan. Tujuan untuk membantu pembaca mengetahui peristiwa yang terjadi di penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 87 Palembang tahun 2022. Hasil penelitian yaitu adanya faktor pendukung siswa berprestasi yang dilakukan di kelas Va, Vb, dan Vc yang mendapatkan pringkat 1 di SD Negeri 87 Palembang. Hal ini dibuktikan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada guru, siswa dan orang tua siswa.</p> 2022-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Bella Hestiandari, Sukardi Sukardi, Nora Surmilasari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5519 Strategi Guru Pai dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Madrasah 2022-07-20T04:33:35+00:00 Lainah Lainah lainah48@gmail.com Zulfani Sesmiarni zulfanisesmiarni@iainbukittinggi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidikan karakter, Bentuk strategi guru PAI dalam mengembangkan pendidikan karakter di Madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian &nbsp;kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan temuan gambaran dan bentuk pendidikan karakter di MAN 1 Kota Padang Panjang adalah bagus. Budayanya religius seperti solat wajib, solat dhuha dilaksanakan setiap hari selama berada di lingkungan sekolah. Mereka wajib solat dhuha ketika istirahat secara bergantian, solat dhuhur berjamaa’ah, kegiatan Jum’at amal, bakti sosial, idul korban, pembagian zakat, peringatan hari besar seperti maulid Nabi dan isra’ mi’raj. Pendekatan guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa yaitu memberikan contoh yang baik, membimbing dan memotivasi siswa. Bentuk evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa adalah dengan menggunakan kehadiran, jadi guru akan mengetahui siapa saja yang mengikuti kegiatan keagamaan. Strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan pendidikan karakter yaitu: memberi contoh tauladan, Strategi pembiasaan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.</p> 2022-07-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5520 Persepsi Masyarakat terhadap Mitos Air Terjun Napal Carik di Desa Muara Emil Kecamatan Tanjung 2022-07-20T04:37:15+00:00 Vera Mieda Utami veramiedautami@gmail.com Masnunah Masnunah masnunah42@gmail.com Hayatun Nufus masnunah42@gmail.com <p>Sastra lisan bagian dari kebudayaan yang berkembang di masyarakat yang penyebarannya melalui lisan. Mitos adalah suatu bentukan masyarakat terdahulu yang diyakini kebenarannya walaupun hal tersebut diluar nalar manusia. Persepsi diartikan proses seseorang terhadap suatu objek tertentu yang dapat dirasakan pancaindera sehingga muncul pandangan atau tanggapan dari individu mengenai segala sesuatu yang terjadi dilingkungannya. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah&nbsp; Persepsi Masyarakat Terhadap Mitos Air Terjun Napal Carik di Desa Muara Emil Kecamatan Tanjung Agung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Persepsi Masyarakat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan obsevasi, wawancara, rekam dan catat. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap mitos Air Terjun Napal Carik di Desa Muara Emil Kecamatan Tanjung Agung, rata-rata respon keseluruhan responden masih sangat dipercaya masyarkat hingga saat ini<strong>.</strong></p> 2022-07-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5651 Pengaruh Media Mystery Box terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 195 Palembang 2022-07-25T07:16:46+00:00 Meilyana Meilyana meyy1705@gmail.com Eni Heldayani meyy1705@gmail.com Tanzimah Tanzimah meyy1705@gmail.com <p>Sebuah permainan yang disebut "<em>mystery box</em>" menggunakan kotak-kotak dengan berbagai ukuran dan bentuk yang menampung barang-barang atau kartu&nbsp; yang memiliki frasa atau kalimat di dalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Media <em>mystery box</em> terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 195 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang dikombinasikan dengan teknik eksperimen. Dalam penelitian ini, tes dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Program SPSS kemudian digunakan untuk menghitung data yang diperoleh. Syarat pengujian penelitian adalah hipotesis disetujui jika thitung &gt; t tabel. Jika thitung 8,004 dan ttabel 2,003, Ha dapat diterima. Temuan penelitian ini memperlihatkan &nbsp;adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media <em>mystery box.</em></p> 2022-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5653 Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian menggunakan Media Papet terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 1 Terusan Menang 2022-07-25T07:43:25+00:00 Risma Nurjuliani rismanurjuliani@gmail.com Muhammad Juliansyah Putra juliansyah@univpgri-palembang.ac.id Adrianus Dedy juliansyah@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan, yakni Kemampuan berhitung perkalian siswa masih rendah, media dan metode yang digunakan hanya menggunakan media buku dan metode ceramah. Penelitian dan pengaruh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika menggunakan media papet terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 1 Terusan Menang dan untuk mengetahui metode jarimatika dan media papet sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen <em>one group pretest-posttest design. </em>Populasi yang digunakan berjumlah 28 siswa dan sampel berjumlah 14 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian yang digunakan menggunakan uji t. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh metode jarimatika menggunakan media papet terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD.</p> 2022-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5655 Analisis Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran dengan Model Snowball Throwing pada Materi Keunikan Daerah Tempat Tinggalku 2022-07-25T09:39:57+00:00 Dila Zuhrotun Nisa dilazuhrotun335@gmail.com Eni Heldayani eniheldayani@univpgri-palembang.ac.id Tanzimah Tanzimah eniheldayani@univpgri-palembang.ac.i <p>Hasil belajar siswa merupakan suatu pencapain yang diperoleh siswa dari keberhasilan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS melalui pembelajaran dengan model <em>snowball throwing</em> pada materi Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV di SD Negeri 10 Muntok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>snowball throwing</em> yang telah dianalisis tergolong baik. Dilihat dari hasil populasi yang berjumlah 24 orang siswa terdapat 20,85% atau 5 orang siswa dikategorikan berkemampuan rendah, terdapat 7 orang siswa yang dikategorikan berkemampuan sedang atau senilai 29,16%, terdapat 9 orang siswa yang dikategorikan tinggi atau senilai 37,5%, kemudian terdapat 3 orang siswa yang dikategorikan berkemampuan sangat tinggi atau 12,5%. Rata-rata hasil belajar siswa yang didapat adalah 62,67 yang dikategorikan tinggi.</p> 2022-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5680 Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang 2022-07-26T15:04:14+00:00 Ririn Marcela ririnmarcela231@gmail.com Muhamad Idris idrismuhamad1970@gmail.com Kiki Aryaningrum idrismuhamad1970@gmail.com <p>Masalah penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang yang valid dan praktis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini <em>Research and Development</em> (R&amp;D). Metode yang digunakan mengacu pada model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu <em>define</em>, <em>design</em>, <em>development</em> dan <em>disseminate</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan hasil kevalidan yang dilakukan oleh validator media, bahasa dan 2 validator materi diperolehan skor mencapai 80,3% dengan kategori valid. Kepraktisan yang dilakukan dengan melakukan uji coba one to one memperoleh skor 81,5 % dan uji coba small group 82,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini menyatakan media permainan ular tangga yang layak digunakan.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5686 Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar 2022-07-27T04:42:13+00:00 Muhammad Awin Alaby alaby156@gmail.com <p><em>Zoom Cloud Meeting</em> sebagai salah satu media pembelajaran jarak jauh terpopuler banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Indonesia pada pandemi covid-19 banyak mahasiswa yang sudah menggunakan media <em>zoom</em> dalam aktivitas perkuliahan, seminar baik dikampus dan diluar kampus.Sebagian besar mahasiswa tersebut menggunakan media <em>zoom</em> karena mudah, fleksibel sebagai media pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media <em>Zoom Cloud Meeting</em> dalam pembelajaran jarak jauh selain untuk berkomunikasi dan penyampaian pesan dalam materi perkuliahan dengan tata cara yang sama dengan perkuliahan <em>offline</em> yang terdiri dari Ceramah, Presentasi, Diskusi dan tanya jawab.Tulisan ini bertujuan melihat bagaimana peran <em>Zoom Cloud Meeting</em> sebagai media pembelajaran Jarak Jauh. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, Teknik analisis data interaktif melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa <em>zoom</em> sebagai media pembelajaran jarak jauh sangat berperan dalam proses perkuliahan yang berfungsi sebagai sarana edukasi, sarana evaluasi, sarana penyambung informasi, serta sarana layanan konsultasi.</p> 2022-07-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5700 A Contrastive Analysis in Types of Adverb Between English and Indonesian on News “the Jakarta Post”: A Case on Students’ Project 2022-07-27T14:14:52+00:00 Elya Mahdalena Siburian anitasitanggang2019@gmail.com Febiola Butar Butar anitasitanggang2019@gmail.com Gresia Manurung anitasitanggang2019@gmail.com Anita Sitanggang anitasitanggang2019@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan adverb clause dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia pada teks berita “The Jakarta Post”, oleh mahasiswa program studi bahasa Inggris semester 6 HKBP Nommensen Universitas Pematang Siantar. Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan artikel Jakarta Post News untuk mengetahui jenis kata keterangan dan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara kata keterangan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain metode kualitatif. Pertama kami mengumpulkan data dari Jakarta Post. Kedua, kami mengidentifikasi setiap jenis kata keterangan. Ketiga, data yang terkumpul dan diklasifikasikan kemudian dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase total adverbs of manner dalam bahasa Inggris adalah 46% dan dalam bahasa Indonesia adalah 20%. Kata keterangan waktu berikutnya dalam bahasa Inggris adalah 80% dan dalam bahasa Indonesia adalah 90%. Dan kata keterangan tempat terakhir dalam bahasa Inggris adalah 43% dan bahasa Indonesia adalah 46%.</p> 2022-07-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5701 Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Segitiga Karya Sapardi Djoko Damono 2022-07-27T14:42:03+00:00 Melia Even Aria meliaeven07@gmail.com Hetilaniar Hetilaniar hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id Liza Murniviyanti hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id <p>Rumusan masalah penelitian ini adalah analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel <em>Segitiga </em>karya Sapardi Djoko Damono. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kajian konflik batin tokoh utama pada novel<em> Segitiga</em> Karya Sapardi Djoko Damono. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah konflik batin yang mengarah pada kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam novel<em> Segitiga</em> karya Sapardi Djoko Damono, sedangkan subfokusnya analisis konflik Batin tokoh utama dalam novel <em>Segitiga </em>karya Sapardi Djoko Damono berdasarkan teori kepribadian humanistik menurut Abraham Maslow yaitu (1) kebutuhan fisiologis, (2) rasa aman, (3) cinta dan rasa memiliki, (4) harga diri/penghargaan, dan (5) aktualisasi diri. Data yang di analisis menggunakan teknik dokumentsi. Hasil penelitian menunjukkan aspek kebutuhan manusia di dalam novel<em> Segitiga</em> karya Sapardi Djoko Damono yang terdiri dari (1) Kebutuhan fisiologis, (2) rasa aman/keamanan, (3) cinta dan rasa memiliki, (4) harga diri/penghargaan, dan (5) kebutuhan aktualisasi diri.</p> 2022-07-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5708 Efektivitas Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving pada Materi Teks Persuasi di SMP Seri Tanjung 2022-07-28T02:46:53+00:00 Suci Khotifah suci.khotifah@gmail.com Hetilaniar Hetilaniar hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id Dian Nuzulia Armariena hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id <p>Teks persuasi merupakan teks yang berisi ajakan atau bujukan. Hipotesis yang diungkapkan untuk melihat apakah ada perbedaan minat dan keterampilan menulis teks persuasi pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran <em>Reasoning and Problem Solving</em>. Desain penelitian dengan <em>pre-experimental design tipe one group pretest-posttest</em> (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). <em>One group pretest-posttest design</em> adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (<em>pretest</em>) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (<em>posttest</em>). Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata <em>pretest</em> 68,10 dan nilai rata-rata <em>posttest</em> 81,40. Berdasarkan uji hipotesis diketahui t<sub>hitung</sub> sebesar 4.823, to dibandingkan dengan t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikan 0,025 dengan dk n – 1=30-1=29, diperoleh taraf signifikan 0,025=0,33550.</p> 2022-07-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5778 Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19 2022-08-01T01:47:04+00:00 Kesabaran Wau rahayast@gmail.com <p>Pembelajaran pada sekolah secara daring adalah tantangan baru, lantaran polikonflik yg dihadapi baik itu terkait penggunaan teknologi, pedagogi, media, dan proses pendidikan serta pembelajaran pada sekolah di masa pandemi COVID 19. Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan metode kuesioner. Berdasarkan penelitian ini dihasilkan output bahwa anak didik relatif sepakat menggunakan aplikasi pembelajaran daring untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 42 Jakarta. Persepsi siswa dilakukan dalam aspek tujuan pembelajaran memberikan hasil bahwa siswa memahami tujuan dan capaian akhir pembelajaran dengan baik (83,40%), aspek dukungan media dalam hal suppor akses internet dan media pembelajaran telah dilakukan dengan baik (80,95%), aspek efisiensi waktu pembelajaran dinilai sangat baik dalam hal mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir (85,10%) dan aspek kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran online dalam hal interaksi antara guru dan siswa serta sesamanya memberikan nilai sangat baik (91,18%).</p> 2022-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5779 Kepribadian Tokoh-tokoh dalam Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh Karya Inggrid Sonya (Kajian Psikologi Sastra) 2022-08-01T01:50:57+00:00 Revina Aulia Swandini revinaauliaswandini@gmail.com Hetilaniar Hetilaniar hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id Liza Murniviyanti hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepribadian yang ada pada tokoh-tokoh yang terdapat pada novel dengan kajian psikologi sastra. Sumber data penelitian ini adalah novel <em>Harapan Dari Tempat Paling Jauh </em>karya Inggrid Sonya berjumlah 440 halaman yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2021. Data penelitian ini adalah kepribadian tokoh-tokoh yang ada pada novel <em>Harapan Dari Tempat Paling Jauh</em> karya Inggrid Sonya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara melakukan pengumpulan data, mendeskripsikan data dan menganalisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan 54 bentuk kepribadian tokoh-tokoh yang didapat pada setiap kutipan kalimat yang ada pada novel <em>Harapan Dari Tempat Paling Jauh </em>karya Inggrid Sonya yang terdiri atas 36 <em>id,15 ego </em>dan 3 <em>superego.</em></p> 2022-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5781 Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 138 Palembang 2022-08-01T02:01:06+00:00 Erlisa Wulansari erlisawulansari1308@gmail.com Hetilaniar Hetilaniar hetilaniar@univpgri-palembang.ac.id Putri Dewi Nurhasana erlisawulansari1308@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>scramble</em> terhadap kemampuan membaca siswa kelas III SDN 138 Palembang. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 138 Palembang pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu <em>quasi eksperimental</em> dengan <em>design the nonequivalent posttest-only control group design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah&nbsp; seluruh kelas III SD Negeri 138&nbsp; Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas III.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas III.C sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata (<em>posttest</em>) kelas eksperimen 76 dan kelas kontrol 56,7. Dan untuk uji hipotesisnya menggunakan <em>independent sample t-test</em> diperoleh nilai&nbsp; t<sub>hitung</sub> 2.991&gt; t<sub>tabel</sub> 2.787 dengan&nbsp; taraf signifikan (?) 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran <em>scramble</em> terhadap kemampuan membaca siswa kelas III SDN 138 Palembang.</p> 2022-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/6031 Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik 2022-08-13T14:58:14+00:00 Titi Iklina iklinatiti17@gmail.com Muhyiatul Fadilah muhyifadilah@fmipa.unp.ac.id <p>Untuk meningkatkan kreativitas peserta didik adalah memberikan informasi dan sumber belajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik dalam bentuk E-Modul. Sebuah E-Modul harus memiliki rancangan pembelajaran, dalam hal ini <em>Project Based Learning </em>(PjBL) telah terbukti untuk meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas dari E-modul berbasis PjBL yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan jenis peneltian <em>Research and Development </em>dengan model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian dibatasi sampai pada tahapan pengembangan (<em>development</em>) sebab penelitian ini hanya untuk melihat validitas produk. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket penilaian oleh 2 orang dosen Biologi dan 2 orang guru SMAN 1 Payakumbuh. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan skala likert. Hasil validasi e-modul ini adalah memiliki rata-rata sebesar 90, 25%yang dikategorikan sebagai kategori sangat valid. Dari hasil validasi dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis PjBL tentang materi sistem imun kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik memenuhi kategori valid.</p> 2022-08-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022