Journal on Teacher Education https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895. en-US Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). yolandapahrul@gmail.com (Yolanda Pahrul) yolandapahrul@gmail.com (Despa Ayuni) Thu, 04 Nov 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH UNTUK MENGATASI DEKADENSI MORAL SEBAGAI REALISASI PANCASILA https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3196 <p>Penelitian ini berawal dari merosotnya nilai moral anak di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku anak yang menyimpang dari norma serta aturan berlaku sehingga perlu adanya perbaikan yang ditunjang dari sisi pendidikan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengemukakan teori-teori yang berkaitan dengan pengaruh pendidikan karakter untuk mengatasi dekadensi moral. Penelitian ini meggunakan penelitian studi pustaka dengan fokus menggunakan teknik membandingkan (compare) dari teori-teori yang ada sebelumnya untuk mencari ketidaksamaan (contrast) dari teori-teori tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data tersebut dianalisis kemudian diringkas sehingga membentuk atau menghasilkan pendapat baru mengenai pengaruh pendidikan karakter siswa sekolah untuk mengatasi dekadensi moral sebagai realisasi pancasila. Berdasarkan studi pustaka menunjukkan bahwa hasil penelitian dalam mengatasi dekadensi moral memerlukan adanya perwujudan pendidikan karakter di sekolah. Upaya tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa, perilaku siswa, konsep diri siswa, meningkatnya prestasi belajar siswa, serta dapat mewujudkan cinta tanah air.</p> Alvin Vikiantika, Diantika Widyahabsari, Tifany Berliana Copyright (c) 2022 Alvin Vikiantika, Diantika Widyahabsari, Tifany Berliana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3196 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 THE ROLE OF TEACHERS INCREASING STUDENTS' MOTIVATION IN THE IMPLEMENTATION OF BLENDED LEARNING STRATEGY DURING COVID-19 PHASE https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3206 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi siswa pada penerapan strategi pembelajaran blended learning di masa COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Montong Baan tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih oleh peneliti, yaitu 3 guru, dan 18 siswa. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian guru yang sering memotivasi siswa dan membuat siswa aktif selama pelaksanaan blended learning. Peran guru dalam menerapkan blended learning selama fase COVID-19 diantaranya menilai prestasi kognitif, afektif, dan psikomotorik, merangsang siswa untuk berperilaku baik, menjelaskan pentingnya beradaptasi dengan dunia yang terus berubah, membangkitkan semangat belajar siswa, dan memberikan bimbingan.</p> Lalu Zulpadli, Rahimah Embong, Eka Setiawati Copyright (c) 2022 Lalu Zulpadli, Rahimah Embong, Eka Setiawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3206 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3049 <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuat paket modul pembelajaran kooperatif lingkungan pembelajaran Think Pair Share yang memenuhi kriteria validitas, praktik dan efektifitas. Penelitian ini adalah Pengembangan Modul menggunakan Thiagarajan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket modul Sahih/valid, praktis dan efektif berdasarkan expert judgement dan hasil uji coba terbatas. Validitas paket modul matematika berdasarkan validasi ahli telah memenuhi kriteria Sahih, yaitu validitas koefisien Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 100%, validitas modul matematika sebesar 85%, dan validitas koefisien sebesar THB sebesar 83,3%. hal ini menunjukkan bahwa paket modul matematika berada dalam kategori valid. Kepraktisan paket berdasarkan pengamatan pelaksanaan paket telah memenuhi kategori terlaksana sepenuhnya. Keefektifan paket telah memenuhi empat indikator keefektifan, yang dihasilkan dari persentase kelulusan klasikal dengan hasil belajar 90,1%, terpenuhinya 8 kategori aktivitas siswa, respon positif dari 80% siswa dalam pembelajaran modul proses dan matematika, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik. dan validitas koefisiennya adalah THB sebesar 83,3%.</p> Abdul Majid Majid, Muamar Qadar Copyright (c) 2022 Abdul Majid Majid, Muamar Qadar https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3049 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SELAMA PANDEMI https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3203 <p>Riset ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan motivasi diantara dua gender (laki-laki dan perempuan) di saat pandemi, khusus untuk pelajaran biologi. Metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif telah digunakan dalam riset ini. Sebanyak 191 siswa disurvey dengan angket untuk mendapatkan data motivasi mereka. Angket berisi 31 pernyataan dengan empat skala yang tersebar pada lima indikator motivasi. Data dikalkulasi dengan uji t dan Mann-Whitney. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan (p &lt; 0.05) untuk skor total motivasi dianatar kedua gender. Berdasarkan indikator motivasi, ditemukan dua indikator berbeda signifikan dan tiga indikator lainnya tidak menujukkan signifikan untuk kedua gender. Riset ini menyimpulkan bahwa motivasi siswa laki laki dan perempuan untuk belajar biologi adalah berbeda, tetapi berdasarkan indikator hanya berbeda signifikan pada dua indikator saja yaitu semangat dan kebutuhan (M2) dan Harapan dan cita-cita (M3).</p> Silvia Hanna Kusuma Sirait, Riszeky Puja Kurniawan, Jeni Jeni, Insar Damopolii Copyright (c) 2022 Silvia Hanna Kusuma Sirait, Riszeky Puja Kurniawan, Jeni, Insar Damopolii https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3203 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 METODE SUGGESTOPEDIA: ALTERNATIF METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3302 <p>Metode Suggestopedia merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Arab inovatif yang menerapkan sugesti dalam pembelajaran, dikembangkan oleh seorang ahli psikiatri dan pendidikan dari Bulgaria yang Bernama George Lazanov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode Suggestopedia bisa dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah dokumen empiris. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa metode Suggestopedia menekankan pada prinsip pembelajaran berbasis otak, memperhatikan keseimbangan kedua belahan otak serta menekankan pada fungsi sadar dan bawah sadar. Penggunaan metode Suggestopedia bertujuan untuk memberi rasa nyaman terhadap peserta didik berupa pemberian sugesti positif dengan bantuan iringan musik atau alunan lagu selama proses pembelajaran. Dengan metode ini, peserta didik akan belajar bahasa Arab dengan perasaan yang nyaman tanpa adanya suatu beban. Sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat diterima oleh peserta didik dengan baik.</p> Budi Santoso Wibowo Copyright (c) 2022 Budi Santoso Wibowo https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3302 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI PERGAULAN BEBAS PADA PESERTA DIDIK https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3100 <p>Artikel ini bertujuan untuk melihat optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam pada tingkat SMP khususnya pada bab bergaul dalam Islam guna menanggulangi pergaulan bebas pada peserta didik. Artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena terhadap siswa berupa perasaan takut jika tidak melakukan pacaran karena akan dikucilkan oleh lingkungan sekitarnya, dianggap kuper, tidak gaul, cupu, atau tidak laku. Maka perlu digali bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi pergaulan bebas tersebut. Data diperoleh dari literatur jurnal ilmiah, buku, dan wawancara terhadap guru pendidikan agama islam dan beberapa siswa SMP-N 7 Sampit. Teknik pengumpulan data dengan Purpossive sampling. Hasil Penelitain ditemukan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi pergaulan bebas pada remaja dengan bab adab bergaul dalam islam dapat menjadi alternatif khususnya pada peserta didik.</p> Marnatun, Surawan, Ahmad Saefulloh Copyright (c) 2022 Marnatun, Surawan, Ahmad Saefulloh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3100 Mon, 03 Jan 2022 00:00:00 +0000 NEED ANALYSIS OF DKV STUDENT TOWARD ENGLISH SPEAKING SKILL https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3205 <p>Penelitian ini dikategorikan sebagai analisis kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengidentifikasi kebutuhan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa DKV. Data penelitian ini adalah kebutuhan bahasa Inggris mahasiswa DKV Unindra yang tercermin dari angket yang telah mereka isi. Kuesioner dibagikan kepada 100 mahasiswa DKV Unindra dari berbagai angkatan yang dipilih secara acak. Hasil yang ditemukan percakapan, diskusi, dan presentasi merupakan tiga materi yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa DKV. Tiga kegiatan teratas yang paling dibutuhkan oleh mereka adalah melakukan percakapan dengan teman, berpartisipasi dalam diskusi, dan bernegosiasi untuk memecahkan masalah. Pengucapan, penyampaian presentasi, dan partisipasi dalam diskusi kelompok besar adalah tiga besar kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Semua temuan tersebut digunakan untuk membuat RPP yang menyediakan kebutuhan mereka untuk mempersiapkan diri ke dunia profesional.</p> Galuh Raga Paksi, Fitria Iswari Copyright (c) 2022 Galuh Raga Paksi, Fitria Iswari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3205 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM MENUJU ERA SOCIETY 5.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3277 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi manajemen mutu Pendidikan Islam menuju era society 5.0. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan/field research. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pojok Widodaren Ngawi Jawa Timur pada bulan Agustus-Desember 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan tetap mengacu pada regulasi pemerintah. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran semua mata pelajaran menggunakan indikator yang diadaptasi dari perpaduan konsep output industry 4.0 dan society 5.0, yaitu: leadership; digital literacy; communication; emotional intellegence; enterpreneurship; global citizen; problem solving; team work; dan religious.</p> Susilo Surahman Copyright (c) 2022 Susilo Surahman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3277 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM SITUASI PEMBELAJARAN DARING https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/2975 <p>Pembelajaran secara daring telah menjadikan pola-pola yang selama ini cenderung bertahan selama bertahun-bertahun menjadi berubah menuju ke arah perubahan paradigma pembelajaran. Hal ini dikarenakan semenjak adanya pembelajaran daring, baik belajar maupun mengajar kini tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan paradigma pembelajaran yang bermuara pada teori konstruktivistik. Teori ini menekankan pada pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas proses yang dilakukan oleh pebelajar. Metode yang dipakai menggunakan kajian literatur yang berarti penulis mengumpulkan berbagai literatur baik artikel-artikel jurnal maupun buku untuk ditarik suatu kesimpulan yang matang. Kajian ini menghasilkan bahwa perlunya penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring. Untuk melaksanakan teori itu, maka perlu adanya pemberdayaan guru secara maksimal dalam penerapannya. Melalui tulisan artikel ini penulis memiliki harapan agar tulisan ini mampu menjadi sumbangsih bagi pengembangan bidang keilmuan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.</p> Zahid Zufar At Thaariq Copyright (c) 2022 Zahid Zufar At Thaariq https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/2975 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENDIDIKAN MEMBACA ALQURAN DENGAN MEDIA VIDEO CALL WHATSAPP PADA ANAK-ANAK GIZAKA PRIVAT DESA BABALAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/2788 Pendidikan Membaca Alquran Berbasis Media Video Call Whatsapp pada Anak-Anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati memiliki tujuan untuk mengetahui tahapan pendidikan membaca alquran berbasis video call whatsapp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan membaca alquran berbasis video call whatspp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. Adapun jenis penelitian adalah kualitatif deksriptif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian berkaitan dengan tahapan-tahapan pendidikan membaca alquran berbasis video call whatspp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati dan faktor pendukung serta penghambat pendidikan membaca alquran berbasis video call whatsapp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. Heny Kusmawati, Anista Ika Surachman Copyright (c) 2021 Heny Kusmawati, Anista Ika Surachman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/2788 Thu, 04 Nov 2021 00:00:00 +0000 MEDIA PEMBELAJARAN SNAKE AND LADDERS APLIKASI ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MULITMEDIA https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/2783 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Snake And Ladder menggunakan aplikasi adobe Flash dan menganalisis tentang pengembangan, kelayakan serta praktikalitas media pembelajaran berbasis aplikasi pada mata pelajaran sejarah kelas X Multimedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan model 4-D meliputi 4 tahap, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Desiminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia yang mengikuti proses pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Sijunjung tahun ajaran 2021/2022 yaitu berjumlah sebanyak 36 siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi ini meliputi validasi dari para ahli yaitu ahli media, ahli pendidikan. Sehingga diperoleh data validasi media tingkat persentase 94% dengan predikat “Sangat valid”.Media pembelajaran berbasis aplikasi dinyatakan praktis setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket, dan dilakukan uji praktikalitas sehingga diperoleh hasil total skor 5457 dengan tingkat persentase senilai 91% dengan kategori “Sangat Praktis”.</p> Parasianto Parasianto, Ranti Nazmi, Juliandry Kurniawan Junaidi Copyright (c) 2021 Parasianto Parasianto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/2783 Thu, 25 Nov 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM MICROSOFT TEAMS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 3 SINJAI https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3244 <p>Wabah virus COVID-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat terlebih pada bidang pendidikan. Pembelajaran pun dilaksanakan di rumah melalui daring atau jarak jauh. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Microsoft Teams terhadap minat belajar peserta didik terdiri dari kelas Va, Vb, Vc, dan Vd dengan jumlah populasi 90 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto menggunakan instrumen penelitian angket online microsoft from yang dianalisis melalui uji statistik, uji validitasi dan reliabilitas, uji normalis, uji linear, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunan program microsoft teams terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 3 Sinjai berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik dengan besar pengaruhnya senilai 95.6% termasuk dalam kategori berpengaruh sangat tinggi. Penggunaan program microsoft teams sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.</p> Nur Aisyah, Hasmiati, Irmayanti, Nanda Saputra Copyright (c) 2021 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3244 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3246 <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan keaktifan siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing sebanyak 4 kali pertemuan dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 364 Labokke sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus dan observasi setiap siklus. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika mengalami peningkatan. Selain itu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II baik itu siswa yang aktif bertanya, aktif mengumpulkan informasi, siswa yang mampu mengidentifikasi masalah, aktif bekerja sama dan mencoba menyelesaikan soal cerita.</p> Ahmad Syukur Daming, Saman Copyright (c) 2021 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3246 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3247 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan media plastisin. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Penitipan Anak (TPA) Tambusai. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan motorik halus dengan media plasitin, maka anak kriteria belum berkembang mengalami penurunan dari kondisi awal 5 anak (83%), namun pada siklus I menurun menjadi 0 anak dengan kriteria belum berkembang dan pada siklus ke II sudah tidak ada lagi anak yang kriteria belum berkembang. Kriteria mulai berkembang dari 1 anak (17%) mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 4 anak (67%) dan pada siklus II tidak ada lagi anak pada kriteria mulai berkembang. Kriteria berkembang sesuai harapan dari awal tidakan tidak anak pada kriteria berkembang sesuai harapan, pada siklus I ada 2 anak pada kriteria berkmbang sesuai harapan dan siklus II tetap 2 anak (33%) pada kriteria berkembang sesuai harapan. Kriteria berkembang sangat baik pada kondisi awal dan siklus I tidak ada anak yang berkembang sangat baik namun meningkat pada siklus II menjadi 4 anak (67%) pada kriteria berkembang sangat baik.</p> Herniwati, Yolanda Pahrul, Rizki Amalia Copyright (c) 2021 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3247 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENERAPAN PENDEKATAN EXPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL-FITRAH KOTA KUPANG https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3248 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan exploratory discovery pada siswa kelas IV MIS Al-Fitrah. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Desain menggunakan model pengembangan menurut kemmis yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV MIS Al-Fitrah berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan data observasi untuk menghitung lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data tes dianalisi menggunakan rata-rata nilai dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I mencapai 35,29 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,11; hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan eksploratory discovery dapat menigkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yakni 75 pada pembelajaran IPA.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan exploratory discovery pada siswa kelas IV MIS Al-Fitrah. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Desain menggunakan model pengembangan menurut kemmis yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV MIS Al-Fitrah berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan data observasi untuk menghitung lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data tes dianalisi menggunakan rata-rata nilai dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I mencapai 35,29 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,11; hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan eksploratory discovery dapat menigkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yakni 75 pada pembelajaran IPA.</p> Julhidayat Muhsam, Nanda Saputra Copyright (c) 2021 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3248 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 PARADIGMA PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN MULTILITERASI DI ABAD 21 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3250 <p>Pendekatan multiliterasi dalam pembelajaran merupakan paradigma pembelajaran yang telah lama digaungkan dalam dunia pendidikan. Namun, masih ada sebagian orang yang buram akan multiliterasi ini. Metode dalam penulisan ini adalah studi literatur. Dalam pembelajaran multiliterasi, memfokuskan pada pengembangan kemampuan peserta didik, bukan pada pencapaian kompetensi. Sehingga pendidik lebih dapat menghargai perbedaan setiap individu. Perbedaan ini sebagai contohnya adalah dalam gaya belajar, bakat, minat, dan lain sebagainya. Penghargaan oleh pendidik ini wujudnya dapat berupa penerapan model maupun media yang dapat menunjang keseluruhan perbedaan setiap siswa ini. jadi tidak hanya berpatokan pada model, teknik, metode maupun media yang monoton atau tidak bervariasi. Karena kemonotonan ini dapat mengakibatkan beberapa siswa menjadi tidak dapat mengembangkan potensinya. Sejatinya, dengan adanya pembelajaran multiliterasi ini diyakini akan dapat memenuhi tuntutan jaman dan tantangan pendidikan. Sehingga setiap individu dapat mempertahankan eksistensinya dalam suatu masyarakat, bahkan dapat mempertahankan eksistensi negaranya. Selain itu, penerapan pembelajaran multiliterasi dapat membentuk individu yang multitasking.</p> Nurcaya, Andi Ebe, Nanda Saputra, Muhlis Copyright (c) 2022 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3250 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS DARING MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN KAPUR IX https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3259 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi pembelajaran Biologi berbasis daring materi sistem pencernaan manusia yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model R&amp;D, yang prosedurnya terdiri atas: :(1) Pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan format produk,&nbsp; (3) Uji coba, (5) Revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti proses pembelajaran Biologi di SMP Negeri 2 Kapur IX tahun pelajaran 2021/2022 yaitu berjumlah sebanyak 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Diperoleh data validasi video animasi tingkat persentase 89% dengan predikat “Sangat valid”. Media pembelajaran video animasi dinyatakan praktis setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket uji praktikalitas sehingga diperoleh hasil persentase senilai 81% oleh guru dan persentase senilai 87 % oleh siswa dengan kategori “Sangat Praktis”.</p> Siska Arimadona, Rini Silvina, Filsa Ramaza Copyright (c) 2022 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3259 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 KAIN PERCA BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI PAUD AL-KARIMAH LOMBOK TENGAH https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3285 <p>Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui perbedaan tingkat kreativitas anak di PAUD Al-Karimah setelah diberikan media kain perca batik. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi. Dan instrument penelitian. Prosedur Penelitian ini adalah Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Act) dan Observasi (Observe), Refleksi (Reflect). Validasi data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara evaluasi dan merefleksi siklus. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus, siklus I, siklus II, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kain perca batik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak di PAUD Al-Karimah Lombok Tengah. Sesuai dengan hasil penelitian yaitu rerata pada pra pelaksanaan tindakan 66, 67%, pada siklus I 83%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 98%. Oleh karena itu guru dapat memanfaatkan kain perca batik sebagai media untuk meningkatkan kreativitas anak dalam proses belajar, untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran.</p> Runi Fazalani, Nanda Saputra Copyright (c) 2022 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3285 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000 MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI GAMES BALL DI KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH DESA TERATAK https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3347 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok bermain Nurul Falah Desa Teratak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok Bermain (KB) Nurul Falah Desa Teratak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik Analisis data dilakukam secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan terhadap kecerdasan kinestetik setelah melakukan games ball. Peningkatan kecerdasan kinestetik anak setiap siklus mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dari pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 32,8%, sedangkan perkembangan kecerdasan kinestetik dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 48,8%. Secara keseluruhan peningkatan perkembangan kecerdasan kinestetik dari siklus I ke siklus II sebesar 97,8%.</p> Eliza Ayu Wardani, Melvi Lesmana Alim, Nurmalina Copyright (c) 2022 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3347 Fri, 31 Dec 2021 00:00:00 +0000