Journal on Teacher Education
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote
<p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p>en-USAuthors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).[email protected] (Admin vani)[email protected] (Despa Ayuni)Wed, 04 Dec 2024 14:44:31 +0000OJS 3.2.1.4http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Pengaruh Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2021 Universitas Jambi
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/31026
<p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial 2021 yang memiliki prestasi belajar yang baik namun tidak berminat melanjutkan studi s2. Dan banyaknya mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2021 mempertimbangkan untuk minat melanjut studi s2 dengan ekonomi keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga terhadap minat Melanjutkan Studi s2 pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2021 Universitas Jambi. Berdasarkan analisis regresi, ditemukan bahwa Prestasi Belajar (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 (Y) dengan thitung sebesar 5,711 dan nilai signifikan 0,000. Sementara itu, Ekonomi Keluarga (X2) tidak memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap Minat Melanjutkan Studi S2, dengan thitung sebesar -11,824 dan nilai signifikan 0,000. Selain itu, analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap variable dependen dengan nilai Fhitung sebesar 115,371 dan nilai signifikan 0,000.</p>Nuzulul Huda, Refnida Refnida, Iwan Putra
Copyright (c) 2024 Nuzulul Huda, Refnida Refnida, Iwan Putra
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/31026Wed, 11 Dec 2024 00:00:00 +0000Pengaruh Corong Berhitung terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SD
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37001
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap motivasi belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan sampai 50 menggunakan media corong berhitung di kelas II SD N 077 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian pra eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah sampel jenuh. Rancangan perlakuan yaitu <em>one grup posttes</em> dan <em>pretest desing</em>. Teknik pengambilan data berupa angket. Teknik pengambilan data <em>paired sampel T-test</em> berdasarkan analisis data didapatkan nilai signifikan adalah 0,000<0,05. Jadi jika nilai signifikan <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap motivasi peserta didik terhadap pembelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar.</p>Asih Puspita Sari, Tanzimah Tanzimah, Treny Hera
Copyright (c) 2024 Asih Puspita Sari, Tanzimah Tanzimah, Treny Hera
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37001Tue, 10 Dec 2024 00:00:00 +0000Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Padang
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37259
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi <em>Wordwall</em> terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 2 Padang. <em>Wordwall</em>, sebagai salah satu aplikasi pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain <em>ex post facto</em> menggunakan SPSS 21. Peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik yang menggunakan aplikasi <em>Wordwall</em>. Berdasarkan hasil uji-t dengan SPSS versi 21 atau hasil analisis analisis diperoleh sig dalam dua sisi atau sig (2- tailed) sebesar = 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Berdasarkan hasil perhitungan T_hitung > T_tabel yaitu 71,075>0,381 artinya ?? yang mengatakan terdapat pengaruh Pengaruh Aplikasi <em>Wordwall</em> terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Padang, diterima dan ?0 ditolak. Dengan demikian maka terdapat pengaruh Aplikasi <em>Wordwall</em> terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Padang.</p>Wilda Apriliani, Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati Gusmirawati
Copyright (c) 2024 Wilda Apriliani, Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati Gusmirawati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37259Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000English Syntactic Analysis in Automatic Translation Text: A Study on Sentence Structure Accuracy
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37394
<p>Penelitian ini menyelidiki peran analisis sintaksis dalam meningkatkan akurasi penerjemahan mesin (MT), dengan fokus pada struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menganalisis 500 kalimat bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan Spanyol menggunakan tiga sistem MT: Google Translate, DeepL, dan Microsoft Translator. Penelitian ini mengidentifikasi masalah sintaksis utama seperti urutan kata, kesepakatan, dan struktur klausa, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kualitas terjemahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun semua sistem menghadapi tantangan dengan struktur kalimat yang kompleks, DeepL lebih unggul dibandingkan yang lain dalam menangani dependensi jarak jauh dan mempertahankan kelancaran. Penelitian ini menekankan pentingnya analisis sintaksis dalam meningkatkan sistem MT dan menyarankan bahwa model hibrida dan multibahasa dapat menawarkan solusi untuk keterbatasan saat ini, berkontribusi pada terjemahan yang lebih baik di masa depan.</p>Afia Nur Meiza, Natasya Miranda Gihar, Khairun Nisa, Najla Regar, Khairunnisa Khairunnisa, Siti Ismahani
Copyright (c) 2024 Afia Nur Meiza, Natasya Miranda Gihar, Khairun Nisa, Najla Regar, Khairunnisa Khairunnisa, Siti Ismahani
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37394Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000Analysis of Internal Motivation and External Motivation Factors Affecting English Learning Difficulties in Midwifery Undergraduate Students at Universitas Adurrab
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37584
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Inggris pada mahasiswa S1 Kebidanan di Universitas Abdurrab.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar Bahasa Inggris pada Mahasiswa Kebidanan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup mengenai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Inggris. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal yang mempengaruhi motivasai belajar siswa adalah keinginan dari diri sendiri siswa untuk belajar Bahasa Inggris, keinginan memahami literatur medis dan jurnal internasional,belajar Bahasa inggris untuk meningkatkan prospek karier,karena suka belajar dan percaya diri yang tinggi menggunakan Bahasa inggris untuk berkomunikasi. Kemudian Faktor motivasi eksternal yang mempengaruhi siswa dalam belajar Bahasa inggris adalah pengaruh dosen pengaruh ,teman sekelas, pengaruh keluarga, mata kuliah yang wajib yang mesti diambil dan tuntutan faktor klinis untuk komunikasi dengan pasien.</p>Neni Triana
Copyright (c) 2024 Neni Triana
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37584Tue, 10 Dec 2024 00:00:00 +0000The Impact of Syntax-Semantics Awareness on English Writing Proficiency in Undergraduate Students
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37715
<p>Penelitian ini mengeksplorasi peran kesadaran sintaksis-semantik dalam meningkatkan kemahiran menulis bahasa Inggris pada mahasiswa EFL. Dengan pendekatan kualitatif, esai dan wawancara 30 mahasiswa tahun akhir dianalisis untuk mengidentifikasi tantangan umum seperti kesalahan subjek-kata kerja, penyalahgunaan struktur kalimat, dan ambiguitas semantik yang sering diperburuk oleh interferensi L1. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi kuat antara kesadaran sintaksis-semantik dan kualitas tulisan, di mana mahasiswa yang menunjukkan akurasi tata bahasa dan kejelasan semantik yang lebih baik menghasilkan esai yang lebih koheren. Penelitian ini menyarankan penggunaan metode pengajaran berbasis proses, latihan analisis kontrastif, dan tugas menulis kolaboratif sebagai strategi efektif untuk meningkatkan integrasi sintaksis-semantik. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis akademis mahasiswa dan membantu mengatasi kesulitan linguistik dalam konteks EFL.</p>Novita Ritonga, Nabila Zuhairya, Gadis Anggun Fitrah, Fazlur Rahman, M. Farhan Dwiki Nanda, Siti Ismahani
Copyright (c) 2024 Novita Ritonga, Nabila Zuhairya, Gadis Anggun Fitrah, Fazlur Rahman, M. Farhan Dwiki Nanda, Siti Ismahani
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37715Tue, 10 Dec 2024 00:00:00 +0000From Words to Structure: An Introduction to Syntax
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37758
<p>Artikel ini memperkenalkan konsep dasar sintaksis, dengan fokus pada struktur kalimat dan hubungan antara elemen linguistik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji peran unit sintaksis seperti frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsinya dalam struktur tata bahasa. Melalui contoh, studi ini menjelaskan bagaimana sintaksis membantu mengidentifikasi konstituen kalimat dan peran gramatikalnya, termasuk bentuk, fungsi, dan posisinya. Temuan menekankan bahwa pemahaman sintaksis sangat penting untuk menguasai konstruksi kalimat dan meningkatkan komunikasi tertulis. Dengan mengeksplorasi organisasi hierarkis unit linguistik, artikel ini menyoroti pentingnya sintaksis dalam pendidikan dan perannya dalam mendorong keterampilan menulis yang lebih baik.</p>Rhaudhotul Fadhilah, Raifa Naswa Khodijah, Shafirahasan Shafirahasan, Dian Fanny Sara Seti, Irpi Octia Pebrianti, Huda Hizkia, Siti Ismahani
Copyright (c) 2024 Rhaudhotul Fadhilah, Raifa Naswa Khodijah, Shafirahasan Shafirahasan, Dian Fanny Sara Seti, Irpi Octia Pebrianti, Huda Hizkia, Siti Ismahani
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/37758Sat, 14 Dec 2024 00:00:00 +0000Effects of Thematic Model Science Student Worksheet on Student’s Learning Outcomes: a Meta-Analysis
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/39241
<p>Penerapan LKS IPA model tematik merupakan solusi mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPA, seperti rendahnya hasil belajar siswa. Namun pada penelitian terkait tersebut belum ada kajian komprehensif mengenai pengaruh LKS IPA model tematik terhadap hasil belajar siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan LKS IPA model tematik terhadap tingkat kelas, materi pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. Oleh karena itu, untuk mengetahui pengaruh LKS IPA model tematik digunakan metode meta-analisis. Analisis data yang dilakukan menghasilkan penelitian yaitu LKS IPA model tematik dari dua puluh penelitian sejenis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa SMP, sampai tingkat kelas VIII pada materi cahaya. Kesimpulannya, LKS IPA model tematik mendukung hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.</p>Yumelda Zetri, Asrizal Asrizal
Copyright (c) 2024 Yumelda Zetri, Asrizal Asrizal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/39241Sat, 21 Dec 2024 00:00:00 +0000Analisis Tantangan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/38501
<p>Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka khususnya di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur menggunakan sumber utama dari artikel jurnal serta berbagai referensi lain yang relevan. Hasil penelitian mengungkap berbagai tantangan guru, antara lain kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sarana dan prasarana, kesulitan dalam merancang metode baru yang sesuai dengan siswa secara individu, serta tantangan dalam mengelola keragaman di kelas. Tantangan lain mencakup keterbatasan pelatihan, kesulitan dalam melakukan penilaian yang adil serta minimnya dukungan dari pihak sekolah. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi tantangan ini meliputi pelatihan rutin bagi guru dan dukungan lebih lanjut dari pemerintah dalam penyediaan sarana pendidikan yang memadai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi yang konkret untuk membantu guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif dalam kurikulum merdeka.</p>Nishfatul Lailiyah, Sulthon Mas’ud
Copyright (c) 2024
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/38501Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0000