Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Bercerita Siswa III

Authors

  • Desy Juniza Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3563

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III SDN 11 Tanjung Batu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre test-post test design, dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan perekaman. Validitas tes penelitian dengan menggunkan uji judgement expert terhadap lembar instrumen keterampilan bercerita. Dari hasil validitas tersebut, dilakukan tes dengan 6 aspek indikator penilaian keterampilan bercerita, yang kemudian dibagikan kepada seluruh popuasi yang berjumlah 45 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar meningkat yaitu dari tes awal 57,11, kemudian pada tes akhir menjadi 70. Melalui uji-t diperoleh nilai > atau 7,55> 1,68. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran buku cerita bergambar berpengaruh terhadap keterampilan bercerita di SDN 11 Tanjung batu.

Downloads

Published

2022-03-02