Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Bercerita Siswa III
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3563Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III SDN 11 Tanjung Batu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre test-post test design, dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan perekaman. Validitas tes penelitian dengan menggunkan uji judgement expert terhadap lembar instrumen keterampilan bercerita. Dari hasil validitas tersebut, dilakukan tes dengan 6 aspek indikator penilaian keterampilan bercerita, yang kemudian dibagikan kepada seluruh popuasi yang berjumlah 45 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar meningkat yaitu dari tes awal 57,11, kemudian pada tes akhir menjadi 70. Melalui uji-t diperoleh nilai >Â atau 7,55> 1,68. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran buku cerita bergambar berpengaruh terhadap keterampilan bercerita di SDN 11 Tanjung batu.Downloads
Published
2022-03-02
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desy Juniza, Dian Nuzulia Armariena, Mega Prasrihamni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).