PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH UNTUK MENGATASI DEKADENSI MORAL SEBAGAI REALISASI PANCASILA

Authors

  • Alvin Vikiantika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diantika Widyahabsari Program Studi Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tifany Berliana Program Studi Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3196

Abstract

Penelitian ini berawal dari merosotnya nilai moral anak di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku anak yang menyimpang dari norma serta aturan berlaku sehingga perlu adanya perbaikan yang ditunjang dari sisi pendidikan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengemukakan teori-teori yang berkaitan dengan pengaruh pendidikan karakter untuk mengatasi dekadensi moral. Penelitian ini meggunakan penelitian studi pustaka dengan fokus menggunakan teknik membandingkan (compare) dari teori-teori yang ada sebelumnya untuk mencari ketidaksamaan (contrast) dari teori-teori tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data tersebut dianalisis kemudian diringkas sehingga membentuk atau menghasilkan pendapat baru mengenai pengaruh pendidikan karakter siswa sekolah untuk mengatasi dekadensi moral sebagai realisasi pancasila. Berdasarkan studi pustaka menunjukkan bahwa hasil penelitian dalam mengatasi dekadensi moral memerlukan adanya perwujudan pendidikan karakter di sekolah. Upaya tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa, perilaku siswa, konsep diri siswa, meningkatnya prestasi belajar siswa, serta dapat mewujudkan cinta tanah air.

Downloads

Published

2021-12-31