PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937Keywords:
Pelatihan, Inovasi Pembelajaran, Pandemic Covid-19Abstract
Pengabdian kepada masyarakat program studi Pendidikan Fisika bertujuan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan mengadakan pelatihan pengembangan inovasi pembelajaran dalam menghadapi masa pandemic covid-19. Melalui kegiatan ini, tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap praktisi pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat digunakan di era new normal. Kegiatan webinar nasional yang bertemakan “Pelatihan Inovasi Pembelajaran Mengahadapi Masa Pandemic Covid-19†tersebut dihadiri oleh praktisi pendidikan dari seluruh Indonesia termasuk dosen, guru, mahasiswa dan praktisi pendidikan lainnya. Peserta yang mengikuti kegiatan webinar nasional ini berjumlah 148 orang yang terdiri dari 46 dosen, 44 guru, 44 mahasiswa dan 14 orang lainnya. Kegiatan webinar ini berlangsung selama 4 hari yaitu pada tanggal 8, 9, 15 dan 16 Juli 2020. Berdasarkan tanggapan peserta yang mengikuti webinar ini didapatkan informasi bahwa para pendidik sangat antusias mengikuti kegiatan ini dikarenakan materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut masih baru bagi mereka.References
Al Munawarah, Rofiqah. 2019. Sparkol VideoScibe Sebagai Media Pembelajaran. Vol. VIII, No. 2, Juli-Desember 2019.
Air, Jhon., dkk. 2014. Video Scribing How Whiteboard Animation Will Get You Heart. Bristol, UK: Sparkol Book.
Choiroh, Nisaul. 2020. Fektifitas Pembelajaran Daring/E-Learning dalam Pandangan Siswa. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. https://iain-surakarta.ac.id/%EF%BB%BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-e-learning-dalam-pandangan-siswa/.
Dewi, Wahyu A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 April 2020. 55-61. ISSN: 2656-8071.
Keengwe, J., & Georgina. 2012 The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies. 17(4), 365-379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x.
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E- Learning, Vol.5(3).1.
Nugroho, Dwi Y., Dkk. 2019. Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di YPK Penabur Bandarlampung. Prosiding PKM-CSR. Vol.2 (2019). E-ISSN:2655-3570.
Purba, Leony S.L. 2019. Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. Vol. 12, No. 1, April 2019: 29-39.