PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI INOVASI DAN PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17897Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Inovasi, Akun Belajar.idAbstract
Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di lapangan tepatnya di Desa Karya Mukti Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala pada Sekolah Dasar Negeri 10 Dampelas bersama guru-guru dan kepala sekolah bahwa para guru SD pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian memberikan pelatihan tentang novasi dan pemanfaatan akun belajar.id untuk pembelajaran kepada sebanyak 10 Guru SDN 10 Dampelas Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala merupakan solusi dari permasalahan yang ada. Adapun alur pelaksanaan kegiatan gabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan guru sekolah dasar di SDN 10 Dampelas Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STAH Dharma Sentana yaitu terbagi atas 3 tahapan: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi yang dilakukan pada tanggal 19-20 juni 2023 dengan rincian 1) melakukan izin kepada pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan pelatihan inovasi dan pemanfaatan akun belajar.id untuk pembelajaran, 2) melaksanakan kegiatan pelatihan dengan beberapa materi yaitu: pelatihan literasi dan numerasi untuk guru tingkat sekolah dasar, pelatihan penggunaan Canva untuk pembelajaran, pelatihan pembuatan alat permainan edukatif (APE) untuk pembelajaran, dan perancangan games untuk pembelajaran, 3) melakukan evaluasi dengan berdiskusi mengenai kekurangan selama pelatihan. Dengan pelatihan yang ini dapat diharapkan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STAH Dharma Sentana untuk pelatihan guru sekolah dasar di SDN 10 Dampelas Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.References
Awalizah, T. (2016). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kotak Sekat Hitung (Kokatung) Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas Ii Sd Donotirto Kasihan Bantul. Prodi Teknologi Pendidikan Vol., 5(5), 86–96.
Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., Fajar Nugroho, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva Bagi Guru Di Sdn 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal Of Community Services In Engineering & Education (Ijocsee), 2(1), 47–54.
Hasnawati, J. (2016). Implementasi Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Pengembangan Kinerja Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, V, 77–93. Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Inspiratif-Pendidikan/Article/View/3214%0ahttp://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Inspiratif-Pendidikan/Article/Download/3214/3060
Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik Hots ( High Order Thinking Skills ) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 49–55.
Ivaldi, S., Scaratti, G., & Fregnan, E. (2022). Dwelling Within The Fourth Industrial Revolution: Organizational Learning For New Competences, Processes And Work Cultures. Journal Of Workplace Learning, 34(1), 1–26. Https://Doi.Org/10.1108/Jwl-07-2020-0127
Khair, U. (2022). Lecturers ’ Competences Towards 21st -Century Learning Transformation And The Challenges Of Industrial Revolution 5 . 0. 27–39.
Mansyur, F. A., Arsad, A., Suherman, L. O. A., Himah, I., Zaka, I., Zilani, Z., & Syarifuddin, I. (2023). Languange Learning Adapatation Model In The Era Of Society 5.0. Els Journal On Interdisciplinary Studies In Humanities, 5(4), 686–693. Https://Doi.Org/10.34050/Elsjish.V5i4.21499
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. 7(1), 139–150.
Oktradiksa, A., Bhakti, C. P., Kurniawan, S. J., Rahman, F. A., & Ani. (2021). Utilization Artificial Intelligence To Improve Creativity Skills In Society 5.0. Journal Of Physics: Conference Series, 1760(1), 0–5. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1760/1/012032
Purnomo, Y. W., & Herwin. (2020). Educational Innovation In Society 5.0 Era: Challenges And Opportunities. Proceedings Of The 4th International Conference On Current Issues In Education (Iccie 2020).
Rahmaniah, N., Marini, A., & Azmi, A. N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Pgmi Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Di Era Kurikulum Merdeka. Jmie (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 133. Https://Doi.Org/10.32934/Jmie.V6i1.463
Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81.
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas Iv Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V8i1.1332
Sajidan, S., Saputro, S., Perdana, R., Atmojo, I. R. W., & Nugraha, D. A. (2020). Development Of Science Learning Model Towardsajidan, S., Saputro, S., Perdana, R., Atmojo, I. R. W., & Nugraha, D. A. (2020). Development Of Science Learning Model Towards Society 5.0: A Conceptual Model. Journal Of Physics: Conference Series, 1511(1), 0–9. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1511/1/012124
Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021). Pelatihan Literasi Dan Numerasi Guru Matematika Smp Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 1243–1248.
Supendi, A., & Nurjanah. (2019). Society 5 . 0?: Is It High-Order Thinking?? The 2nd International Conference On Elementary Education, 2, 5–10.
Tarihoran, E. Y., Sinulingga, S. R., & Embun, M. (2022). Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis Ict ( Information And Comunnication Technology ) Dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21. Prosiding Pbxpo 2022.
Umkabu, T. (2022). Strengthening Hots Thinking In Islamic Education. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 8(No. 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wayan Sudarsana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.