PEMASARAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI KELURAHAN SENTANG KECAMATAN KISARAN TIMUR KABUPATEN ASAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9148Keywords:
Pemasaran, Umkm, Berbasis, DigitalAbstract
Pada sebagian besar UMKM terutama yang masih dalam skala mikro, model pemasaran untuk menawarkan produk yang dihasilkan juga masih konvensional yang mengandalkan penjualan produk secara langsung dengan pertemuan antara pedagang dan pembeli sehingga jumlah penjualan relatif kecil dengan jumlah penjualan yang tidak dapat dipastikan dalam setiap harinya. Penjualan secara titipan (konsinyasi) yang mensyaratkan pembayaran tunai (kas) dilakukan secara barang terjual juga menyebabkan modal mengendap terlalu lama pada produk yang belum terjual. Hal ini akan berdampak pada pendapatan secara ekonomi yang didapatkan oleh pelaku UMKM skala usaha mikro yang juga sangat terbatas. Bahkan kadang-kadang modal menjadi tidak berputar sehingga tidak dapat melakukan produksi lagi karena belum ada penjualan dalam suatu waktu.References
Abdul Rohman, Yetri Sri Maryati. (2021), Pengaruh Pemahaman Dihubungkan Dengan Keberhasilan Bisnis Online Pada Mahasiswa Stebismu Sumedang, Jurnal Manajemen Bisnis Islam 2, no. 2.
Abidin, R. F., & Ibrahim, N. (2019). Analisa dan Pengimplentasian Digital Marketing Pada Studio Brother’s Photo. Jurnal Strategi-Jurnal Maranatha, 1(2), 397–410.
Arianto, B. (2020), Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem
Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51–65.
Aristawidia, I. B. (2018), Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi
Kemajuan UMKM Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi
(MANOVA), 1(2), 1–13.
Budianto Rachmawan. (2015), Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis, (Gadjah Mada University Press ).
Ghofur, A. Edy, I. T, Rohman, R, & Anthobari, M. F. (2000), Pengembangan UMKM Songkok Melalui Model E-Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Masyarakat Di Kelurahan Banjarmendalam Kabupaten Lamongan, Vol 4, No.2 : 720-726.
Hartono dan Deny D. Hartomo. (2014), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.14, No.1 : 15-30.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-20 (2)
- 2022-11-20 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Normansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.