PENGEMBANGAN UMKM RENGGINANG SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA MOJOPITU UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA

Authors

  • Umi Isnatin Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Ahmad Varian Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Muhammad Sirrul Khuluq Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Muhammad Rafi Dhiaulhaq Sasongko Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46437

Keywords:

Pemasaran digital, Kemasan, Sanitasi, UMKM

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian daerah, termasuk di Desa Mojopitu, Ponorogo, yang memiliki berbagai usaha rumahan seperti produksi rengginang. Namun, UMKM ini menghadapi tantangan dalam aspek sanitasi, higienitas, kemasan, dan pemasaran digital. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing UMKM Pengolahan Rengginang Mojopitu melalui sosialisasi sanitasi dan higienitas, inovasi pengemasan dan pelabelan, serta pemasaran digital. Kegiatan dilakukan melalui metode Focus Group Discussion (FGD) dengan melakukan Pendampingan higienitas saat saat pembuatan Rengginanng, Pendampingan desain label dan kemasan, dan Pendampingan pemasaran UMKM rengginag. Sosialisasi sanitasi dan higienitas menunjukkan peningkatan pemahaman peserta, dibuktikan dengan kenaikan skor post-test dibanding pre-test. Inovasi pengemasan meliputi desain label yang lebih informatif dan kemasan yang lebih menarik. Strategi pemasaran digital diterapkan melalui Facebook Marketplace untuk memperluas jangkauan pasar. Hasil program ini menunjukkan bahwa pemilik UMKM mampu menerapkan praktik produksi yang lebih higienis, memiliki kemasan yang lebih profesional, serta memahami penggunaan platform digital untuk pemasaran. Dengan demikian, program ini berkontribusi dalam peningkatan daya saing UMKM dan diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan bagi usaha kecil lainnya

References

Ardhanawinata, A., Irawan, I., Pagoray, H., Pamungkas, B. F., & Zuraida, I. (2023). PENERAPAN SSOP ( Sanitation Standard Operating Procedure ) PADA PROSES PEMBUATAN AMPLANG DI BDS SNACK , BALIKPAPAN , KALIMANTAN TIMUR. Media Teknologi Hasil Perikanan, 11(1), 18–24.

As’ary, M., Mugini, P., Fikri Fakhrurozi, M., Sugiarti, Febrianty Utami, G., & Retno Hapsari, D. (2021). Optimalisasi Potensi Home Industry melalui Digitalisasi Marketing ( Kasus : Produksi Emping Rumahan Kampung Pagutan , Desa Sukakerta , Cianjur ) ( Optimizing the Potential of Home Industry through Digitalization Marketing ( Case : Emping Home Production i. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat, 3(1), 91–101.

Cathlin Alverina. (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Bakery Tenggilis. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 73–94. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v6i1.215

Chang, R., & Little, T. D. (2018). Innovations for Evaluation Research: Multiform Protocols, Visual Analog Scaling, and the Retrospective Pretest–Posttest Design. Evaluation and the Health Professions, 41(2), 246–269. https://doi.org/10.1177/0163278718759396

Dr. Musnaini, S.E., M. M., Dr. Suherman, S.Kom., M. M., Hadion Wijoyo, S.E., S.H., S.Sos., S.Pd., M.H., M.M., Ak., CA., Q., & Dr (C). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M. P. I. (2020). Digital Marketing. In R. N. Briliant (Ed.), Pena Persada (pertama;20). pekanbaru: CV. Pena Persada. Retrieved from penapersada.com

Evva Ari Nur Viddiastuti, & Jeanny Pricilia Anneke Winowatan. (2024). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fabil Natural. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i2.760

Indrawati, S., & Amnesti, S. K. W. (2019). Perlindungan Hukum Merek Pada Produk Usaha Kecil di Kabupaten Kebumen. Amnesti: Jurnal Hukum, 1(1), 29–35.

Kpadeh-Rogers, Z., Robinson, G. L., Alserehi, H., Morgan, D. J., Harris, A. D., Herrera, N. B., … Leekha, S. (2019). Effect of Glove Decontamination on Bacterial Contamination of Healthcare Personnel Hands. Clinical Infectious Diseases, 69(Suppl 3), S224–S227. https://doi.org/10.1093/cid/ciz615

Maharani, S., & Nazmah, N. (2023). Efektifitas Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kel. Siti Rejo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 6(3), 357. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i3.30742

Sari, N., & Komalasari, E. (2021). Peran Pemerintah Dalam Pembinaan Usaha Kecil Dan Menengah Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Kota Pekanbaru. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2). https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.5572

Siti Alfiyah. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Rengginang Dengan Komposisi Yang Berbeda DiKecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 49–53. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.77

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In N. A. Fransiska (Ed.), PT. Literindo Berkah Karya (Cetakan pe). malang: Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019). Retrieved from [email protected]

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Isnatin, U., Varian, A., Khuluq, M. S., & Sasongko, M. R. D. (2025). PENGEMBANGAN UMKM RENGGINANG SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA MOJOPITU UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4366–4373. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46437

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.