PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL UMKM PLATFORM E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Authors

  • Windy Permata Suyono Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Septariana Puspa Universitas Negeri Jakarta
  • Surya Anugrah Universitas Negeri Jakarta
  • Rio Firnanda Universitas Negeri Jakarta
  • Wida Aristanti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51644

Keywords:

: E-Commerce, Pemasaran, Emping Singkong

Abstract

Banyak pelaku UMKM menghadapi masalah rendahnya literasi keuangan dan keterampilan pemasaran digital, sehingga menghambat pengelolaan usaha dan perluasan pasar di platform e-commerce. Topik ini dipilih karena pentingnya transformasi digital UMKM untuk meningkatkan daya saing di era ekonomi berbasis teknologi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam pencatatan keuangan sederhana dan strategi pemasaran digital berbasis konten kreatif. Kegiatan dilaksanakan melalui metode sosialisasi, pelatihan, simulasi, dan evaluasi dengan pendekatan partisipatif. Mitra kegiatan adalah lima pelaku UMKM lokal yang bergerak di bidang crafting dan kerajinan tangan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek hardskill: pemahaman pencatatan keuangan meningkat dari 58% menjadi 85%, kemampuan pemasaran digital dari 54% menjadi 83%, dan keterampilan membuat konten promosi digital atau penggunaan platform digital dari 49% menjadi 80%. Selain itu, nilai ekonomis mitra meningkat melalui peningkatan engagement dan jangkauan penjualan daring. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis praktik dan teknologi sederhana efektif dalam memberdayakan UMKM secara berkelanjutan. Diperlukan dukungan lanjutan melalui mentoring agar hasil pelatihan dapat memperkuat keberlanjutan usaha dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di tingkat akar rumput.

References

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, “UMKM Tulang Punggung Ekonomi Nasional,” https://kemenkopukm .go.id.

Yuliana, A. dan Setiawan, R., “Digitalisasi Pencatatan Keuangan dan Dampaknya terhadap Kinerja UMKM,” Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 8, no. 2, pp. 112–121, 2023.

A. Hidayat dan S. Marlina, “Efektivitas Konten Video dalam Peningkatan Engagement Konsumen UMKM di Media Sosial,” Jurnal Komunikasi dan Bisnis Digital, vol. 5, no. 1, pp. 45–53, 2023.

Google, Temasek, Bain & Company, “e-Conomy SEA 2023,” [Daring]. Tersedia: https://economysea.withgoogle.com. [Diakses: 4 Agustus 2025].

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), “Digital Financial Literacy: A Key Component of Financial Inclusion,” 2022. [Daring]. Tersedia: https://www.oecd.org. [Diakses: 6 Agustus 2025].

A. Yunamahindra dan D. Ariyani, “Pengaruh Digital Marketing Literasi Keuangan Teknologi Finansial dan Inklusi Keuangan Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Salatiga,” Jurnal Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 8, no. 1, 2025.

A. Fitriani, F. Suyono, A. Saputra, dan B. Defriona, “Pentingnya Literasi Keuangan Digital Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 358–365, Mei 2024.

L. A. Octavina dan M. R. Rita, “Digitalisasi UMKM, Literasi Keuangan, dan Kinerja Keuangan: Studi pada masa Pandemi COVID 19,” J. Business & Banking, vol. 11, no. 1, pp. 73–92, Okt. 2021.

Damayanti, M. Roni, M. Destalia, dan G. Subagja, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Marketing terhadap Kinerja UMKM yang Dimediasi oleh Financial Technology,” Bulletin of Community Engagement, vol. 4, no. 1, April 2024.

N. Ngatimin dan W. Wardokhi, “Analisis Peran Literasi Finansial dan Inovasi Digital dalam Meningkatkan Business Performance dan Business Sustainability pada UMKM di Tangerang Selatan,” Journ. Educ. and Development, vol. 13, no. 1, pp. 256–258, Mei 2025.

R. A. Tarigan, S. Suparno, dan A. Wibowo, “The Influence of Financial Literacy, Digital Literacy, and Business Knowledge on UMKM Development Mediated by Literasi Keuangan Dimediasi oleh Digital Marketing terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Samarinda,” Geoekonomi, vol. 16, no. 1, 2025

G. Norman Thomas, S. M. Ramadhanti Nur, dan L. Indriaty, “The Impact of Financial Literacy, Social Capital, and Financial Technology on Financial Inclusion of Indonesian Students,” arXiv, May 2024.

Innovation,” Global Research and Innovation Journal, vol. 1, no. 2, pp. 659–672, Jun. 2025.

Astri Yulidar Abbas dan S. Wahyuti et al., “Implikasi Financial Technology, Literasi Keuangan Dimediasi oleh Digital Marketing terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Samarinda,” Geoekonomi, vol. 16, no. 1, 2025

Suyono, W. P., Puspa, E. S., & Anugrah, S. (2025). The relationship between financial reporting aggressiveness and tax audit risk in public companies. International Journal of Economic Literature (INJOLE), 3(6), 938–950.https://sociohum.net/index.php/INJOLE/article/view/100/107

Suyono, W. P., Puspa, E. S., Anugrah, S., & Firnanda, R. (2025). Artificial intelligence in auditing: A systematic review of tools, applications, and challenges. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 3393–3401.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Suyono, W. P., Puspa, E. S., Anugrah, S., Firnanda, R., & Aristanti, W. (2025). PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL UMKM PLATFORM E-COMMERCE DAN MARKETPLACE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5796–5802. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51644

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.