PEMASARAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI KELURAHAN SENTANG KECAMATAN KISARAN TIMUR KABUPATEN ASAHAN

Authors

  • Normansyah Normansyah Universitas Asahan
  • Rosnaida Rosnaida Universitas Asahan
  • Anshari Putra Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9148

Keywords:

Pemasaran, Umkm, Berbasis, Digital

Abstract

Pada sebagian besar UMKM terutama yang masih dalam skala mikro, model pemasaran untuk menawarkan produk yang dihasilkan juga masih konvensional yang mengandalkan penjualan produk secara langsung dengan pertemuan antara pedagang dan pembeli sehingga jumlah penjualan relatif kecil dengan jumlah penjualan yang tidak dapat dipastikan dalam setiap  harinya. Penjualan secara titipan (konsinyasi) yang mensyaratkan pembayaran tunai (kas) dilakukan secara barang terjual juga menyebabkan modal mengendap terlalu lama pada produk yang belum terjual. Hal ini akan berdampak pada pendapatan secara ekonomi yang didapatkan oleh pelaku UMKM skala usaha mikro yang juga sangat terbatas. Bahkan kadang-kadang modal menjadi tidak berputar sehingga tidak dapat melakukan produksi lagi karena belum ada penjualan dalam suatu waktu.

References

Abdul Rohman, Yetri Sri Maryati. (2021), Pengaruh Pemahaman Dihubungkan Dengan Keberhasilan Bisnis Online Pada Mahasiswa Stebismu Sumedang, Jurnal Manajemen Bisnis Islam 2, no. 2.

Abidin, R. F., & Ibrahim, N. (2019). Analisa dan Pengimplentasian Digital Marketing Pada Studio Brother’s Photo. Jurnal Strategi-Jurnal Maranatha, 1(2), 397–410.

Arianto, B. (2020), Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem

Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51–65.

Aristawidia, I. B. (2018), Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi

Kemajuan UMKM Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi

(MANOVA), 1(2), 1–13.

Budianto Rachmawan. (2015), Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis, (Gadjah Mada University Press ).

Ghofur, A. Edy, I. T, Rohman, R, & Anthobari, M. F. (2000), Pengembangan UMKM Songkok Melalui Model E-Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Masyarakat Di Kelurahan Banjarmendalam Kabupaten Lamongan, Vol 4, No.2 : 720-726.

Hartono dan Deny D. Hartomo. (2014), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.14, No.1 : 15-30.

Downloads

Published

2022-11-20 — Updated on 2022-11-20

Versions

How to Cite

Normansyah, N., Rosnaida, R., & Putra, A. . (2022). PEMASARAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI KELURAHAN SENTANG KECAMATAN KISARAN TIMUR KABUPATEN ASAHAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1872–1875. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9148

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.