PENYULUHAN ORANG TUA DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENDAMPINGAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SISWA DI DESA SEMANGAT DALAM

Authors

  • Husnul Madihah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Didi Susanto Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Rico Rico Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49094

Keywords:

Pendampingan Belajar, Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Dasar, Kolaborasi Sekolah-Keluarga

Abstract

Keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian akademik dan perkembangan psikososial siswa. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua masih memposisikan sekolah sebagai satu-satunya institusi pendidikan formal, sehingga partisipasi aktif dalam mendampingi anak belajar di rumah cenderung rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas orang tua dalam mendampingi proses belajar anak melalui penyuluhan yang dilaksanakan secara partisipatif di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, edukasi kelompok kecil, diskusi reflektif, dan simulasi praktik pendampingan belajar yang melibatkan orang tua siswa SD setempat. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman orang tua terhadap strategi pendampingan belajar, peningkatan keterlibatan dalam komunikasi dengan anak, serta perubahan sikap terhadap pentingnya kolaborasi antara keluarga dan sekolah. Partisipasi aktif masyarakat dan pendekatan komunikatif terbukti efektif dalam membangun kesadaran kolektif dan komitmen jangka panjang terhadap pendidikan anak. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model replikasi untuk penguatan ekosistem pendidikan berbasis keluarga dan komunitas di wilayah lain.

References

Bronfenbrenner, U. (2005). Making Human Beings Human: Bioecological Perspectives on Human Development. SAGE Publications.

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429494113

Goodall, J., & Montgomery, C. (2019). Parental involvement to parental engagement: A continuum. Educational Review, 71(2), 139–158. https://doi.org/10.1080/00131911.2017.1286943

Grolnick, W. S., & Pomerantz, E. M. (2020). Parental involvement in children’s schooling: A multidimensional conceptualization and motivational model. Parenting: Science and Practice, 20(1), 52–75. https://doi.org/10.1080/15295192.2020.1716280

Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2020). A new wave of evidence: The impact of school, family, and community connections on student achievement. National Center for Family & Community Connections with Schools.

Hornby, G., & Blackwell, I. (2018). Barriers to parental involvement in education: An update. Educational Review, 70(1), 109–119. https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1388612

Jeynes, W. H. (2019). A meta-analysis: The relationship between parental involvement and student academic achievement. Urban Education, 54(1), 3–40. https://doi.org/10.1177/0042085917747090

Kraft, M. A., & Dougherty, S. M. (2019). The Effect of Teacher–Family Communication on Student Engagement: Evidence from a Randomized Field Experiment. Journal of Research on Educational Effectiveness, 13(3), 298–321. https://doi.org/10.1080/19345747.2019.1675399

OECD. (2020). Education Responses to COVID-19: Embracing Digital Learning and Online Collaboration. https://www.oecd.org/education/

Sanders, M. G., & Sheldon, S. B. (2019). Principles of Effective Family and Community Engagement in Education. Harvard Education Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wang, M. T., & Sheikh-Khalil, S. (2014). Does parental involvement matter for student achievement and mental health in high school? Child Development, 85(2), 610–625. https://doi.org/10.1111/cdev.12153

Wilder, S. (2014). Effects of parental involvement on academic achievement: A meta-synthesis. Educational Review, 66(3), 377–397. https://doi.org/10.1080/00131911.2013.780009

World Bank. (2021). World development report 2021: Data for better lives. https://www.worldbank.org/en/publication/wdr2021

World Health Organization. (2021). Mental health of children and adolescents during COVID-19 pandemic. https://www.who.int/news/item/09-03-2021

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Madihah, H., Susanto, D., & Rico, R. (2025). PENYULUHAN ORANG TUA DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENDAMPINGAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SISWA DI DESA SEMANGAT DALAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5042–5048. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49094

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.