PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGGALI POTENSI PARIWISATA KAWASAN PUNCAK DUA BOGOR

Authors

  • Abdul Manap Universitas Jayabaya
  • Nurhaifa Idris Universitas Jayabaya
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Jayabaya
  • Atik Sekianti Universitas Jayabaya
  • Arko Pujadi Universitas Jayabaya
  • Saut Pane Universitas Jayabaya
  • Yusnindar Yusnindar Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.52661

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Menggali Potensi Pariwisata, Komponen 4A.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi pariwisata melalui komponen 4A (Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary) yang dapat dilakukan guna pembangunan pariwisata di Kecamatan Sukamakmur dan sekitarnya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu deskriptif kualitatif yang memaparkan fakta berdasarkan kenyataan dan pengalaman di lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi pemberdayaan masyarakat dengan didukung oleh  penggalian potensi pariwisata melalui komponen 4A kawasan puncak dua

References

Luh Putu Pusparini, Putu Agus Prayogi, & Ni Wayan Mekarini. (2022). Motivasi Dan Persepsi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Pantai Penimbangan Di Kabupaten Buleleng. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.51713/jotis.v2i1.68

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemsaran. Jakarta: Mitra Wacan Media.

-----------------. 2018. Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

-----------------. 2021. Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Jakarta: Mitra Wacana Media.

-----------------. 2023. Pemerkasaan Bisnis Era Digital, Edisi Pertama. Kimshafi Alung Cipta: Palangkaraya.

-----------------. 2024.Manajemen Strategi Inovasi. Edisi Pettama. Bekasa. Kimshafi Alung Cipta.

-----------------. 2024. Internet Marketing. Edisi Pertama. Padang: Takaza.

-----------------. 2024. Menggali Potensi Pariwisata Kawasan Puncak Dua Sukamakmur Bogor, Jawa Barat. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9177–9181. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35326

-----------------. 2025. Marketing Strategy Digital. Edisi Pertama. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan YPAD.

Makarim, I. M. (2016). Pengelolaan Agrowisata Berbasis Masyarakat di Desa Sidomulyo, Kota Batu. Jurnal Bumi Indonesia, 5(1), 1–10. http://etd.repository.ugm.ac.id/downloadfile/93182/potongan/S1-2015-316522bibliography.pdf

Melia Sumitapradja, A., & Anom, I. P. (2020). Analisis Prioritas Pengembangan Pariwisata di Desa Wisata Lebih, Kecamatan Bogor, Kabupaten Bogor. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(1), 92. https://doi.org/10.24843/jdepar.2020.v08.i01.p12.

Nugraha, R. A., Abdillah, H., Untoro, S. T., & Makruf, A. (2022). Partisipasi Masyarakat Melalui Metode 4A Dalam Pengembangan Sektor Wisata Dusun Serut. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 13(1), 27–48. https://doi.org/10.32923/maw.v13i1.2290.

R. A. B. Kusumo, A. Charina, Y. Deliana, dan G. W. Mukti, “Potensi Pengembangan Agrowisata Berbasis Komunitas di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Bandung: Agrivet, Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian.

Rohman, T. R., & Azizah, S. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Peternakan Di Kampung Susu Dinasty Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Karta Raharja, 1(2), 65–71.

Syarifuddin, D. (2018). Pasar Tradisional Dalam Perspektif Nilai Daya Tarik Wisata. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 15(1), 19–32.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Manap, A., Idris, N., Zainuddin, Z., Sekianti, A., Pujadi, A., Pane, S., & Yusnindar, Y. (2025). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGGALI POTENSI PARIWISATA KAWASAN PUNCAK DUA BOGOR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5929–5933. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.52661

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.