PENGENALAN DEEP LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN PERKOTAAN UNTUK MENYIAPKAN PENDIDIK PAUD YANG ADAPTIF

Authors

  • Lilis Suryani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Siti Soleha Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lia Ruswiyati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Shifa Choerun Nisa Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nurfadhillah P.S Minggu Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Altrin Sudyati Taarape Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47651

Keywords:

PKM, Pembelajaran Mendalam, Pendidik PAUD

Abstract

Bagi pendidik kehadiran Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam membawa tantangan baru yang tidak bisa diabaikan, baik aspek pedagogi, adaptasi teknologi, maupun peran mereka dalam dunia pendidikan. Hasil observasi awal di beberapa PAUD di wilayah Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Pusat menunjukkan masih adanya yang belum memiliki pemahaman tentang konsep Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam dalam konteks Kurikulum Merdeka. Kondisi tersebut menjadi semakin mendesak mengingat lingkungan perkotaan dengan dinamika sosial, ekonomi, dan teknologi yang berkembang pesat membutuhkan pendidik yang adaptif terhadap perubahan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) hadir menjawab kebutuhan tersebut melalui Pelatihan dan Pendampingan dalam mengimplementasikan Deep Learning sesuai Kurikulum Merdeka. PKM diselenggarakan di TK Negeri Tegal, Jakarta Pusat. Waktu pelaksanaan 11-25 April 2025.  PKM diikuti oleh 12 lembaga PAUD terdiri 8 TK Negeri, 4 TK Swasta, dengan jumlah peserta 22 orang. PKM dilaksanakan secara offline dan online.  Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (pre & post test). Hasil analisis menunjukkan pre test 81,13 dan post test 94,77, maka peningkatan hasil adalah 16,64 point setara dengan peningkatan sebesar 14 %. Kesuksesan program ini tidak sekadar terukur dari peningkatan skor namun diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam bagi pendidik PAUD yang adaptif dengan konteks lingkungan perkotaan, sekaligus membuka wawasan baru tentang Implementasi praktik.

References

Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883

kemendikbut. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.web.id/adaptasi

Kemendikdasmen. (2025). 49 Ide Deep Learning.

Menengah, K. P. D. dan. (2025). Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu.

Ni Nyoman Kurnia W, Nyoman Ayu Putri Lestari, I Nyoman Sudiana, I. B. P. (2022). Analisis Pendekatan CBSA dan Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 255–264. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index

Pancasakti, P. U. (2022). Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat, Seminar Internasional dan Ujian Komprehensif 1.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. K. P. D. dan M. R. I. (2025). Pembelajaran mendalam. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Putri, Z. O. (n.d.). Teori AdaptasiMenurut John William Bennett. https://www.kompasiana.com/zahraodeta/63832fe89557ec31430f5172/teori-adaptasi-menurut-john-william-bennett?page=all#goog_rewarded

Rizky Gilang Kurniawan, S. P. (n.d.). Pembelajaran Diferesiansi Berbasis Deep Learning Stategi Mindful, Meaningful dan Joyful learning.

TBS, 2019. (n.d.). Guru Ideal adalah Teladan Bagi Peserta Didiknya. https://rise.smeru.or.id/id/blog/guru-ideal-adalah-teladan-bagi-peserta-didiknya

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Suryani, L., Soleha, S., Ruswiyati, L., Nisa, S. C., Minggu, N. P., & Taarape, A. S. (2025). PENGENALAN DEEP LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN PERKOTAAN UNTUK MENYIAPKAN PENDIDIK PAUD YANG ADAPTIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4727–4736. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47651

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.