EDUKASI INFOGRAFIS MENGENAI PSYCHOLOGICAL WELL BEING UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Desy Arisandy Universitas Bina Darma Palembang
  • Siti Nurhalizah Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.53521

Keywords:

Kesejahteraan Psikologis, BPKAD Provinsi Sumatera Selatan, Infographic-Based Education

Abstract

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Selatan merupakan organisasi perangkat daerah yang memiliki peran strategis dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel Metode yang digunakan penulis yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk memahami secara mendalam kondisi psychological well-being pegawai di Bidang Anggaran BPKAD Provinsi Sumatera Selatan. Pendekatan ini dipilih karena mampu menggambarkan fenomena secara rinci dan menyeluruh berdasarkan pengalaman langsung serta persepsi individu. Hasil Program edukasi berbasis infografis mengenai psychological well-being yang diterapkan di lingkungan BPKAD Provinsi Sumatera Selatan menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan pemahaman pegawai terhadap pentingnya kesehatan mental sebagai faktor penunjang produktivitas kerja. Pemanfaatan platform Instagram sebagai media publikasi memungkinkan penyampaian informasi secara visual, ringkas, dan menarik, sehingga mampu meningkatkan keterlibatan dan daya serap audiens. Materi yang dikembangkan berdasarkan temuan dari observasi dan wawancara menjadikan isi konten lebih kontekstual dan aplikatif terhadap kebutuhan pegawai. Secara keseluruhan, program ini membuktikan bahwa strategi edukasi yang dikemas secara komunikatif dan adaptif dapat menjadi langkah awal yang strategis dalam membangun kesadaran kolektif mengenai pentingnya kesejahteraan psikologis di lingkungan kerja

References

Aldao, C., Nolen-Hoeksema, S., & Schweizer, S. (2010). Strategi pengaturan emosi lintas psikopatologi: Tinjauan meta-analitik. Tinjauan Psikologi Klinis, 30(2), 217-237.

Abidin, Z., Ananda, M. R., & Azzahra, Y. A. (2022). Kesejahteraan psikologis mahasiswa selama masa pandemi: Tinjauan dari pendekatan eudaimonik. Jurnal Psikologi Indonesia, 11(1), 50–62.

Aisyah, S., Fadilah, A., & Sjafirah, N. A. (2020). Infografis sebagai bentuk komunikasi visual dalam media massa. Jurnal Komunikator, 12(2), 123–135.

Aminullah, A. (2021). Psikologi positif: Teori dan praktik kesejahteraan psikologis.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Charry, M. G., Goig, R., & Martinez, L. (2020). Psychological well-being and its relationship with basic psychological needs. International Journal of Psychological Research, 13(2), 95–104.

Ghaybiyyah, M. & Mahpur, M. (2021). Hubungan antara self-compassion dan psychological well-being pada mahasiswa perantau. Jurnal Psikologi Insight, 13(1), 1– 10.

Hidayat, T. (2020). Media visual dalam pembelajaran digital. Bandung: Alfabeta. Dalam Raaihani, A. (2021). Pengaruh media infografis terhadap peningkatan hasil belajar

siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniasih, D. (2017). Representasi informasi dalam infografis media daring. Dalam

Syam, H., et al. (2022). Visualisasi informasi dalam pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mansur. (2020). Media infografis canva dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(1), 38–45.

Nasir, A., Hidayah, N., & Amalia, R. (2022). Dampak pandemi terhadap psychological well-being: Studi literatur. Jurnal Psikologi Insight, 14(2), 102–115.

Pramesti, T. R., Wulandari, S., & Rachmawati, N. (2021). Analisis bentuk visual infografis sebagai media pembelajaran interaktif. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2), 45–56.

Raaihani, A. (2021). Pengaruh media infografis terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Saptodewo, G. (2022). Penggunaan infografis sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 89–100

Simanjuntak, A. S., Lestari, M., & Handayani, D. (2021). Hubungan antara resilience dan psychological well-being pada tenaga kesehatan. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 9(1), 1–11.

Syam, H., Pratiwi, M., & Kurniasih, D. (2022). Visualisasi informasi dalam pendidikan.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Arisandy, D., & Nurhalizah, S. (2025). EDUKASI INFOGRAFIS MENGENAI PSYCHOLOGICAL WELL BEING UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SUMATERA SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 6001–6005. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.53521

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.