PELATIHAN PENGENALAN DASAR PEMROGRAMAN DAN LOGIKA ALGORITMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46371Keywords:
Literasi Digital, Pemrograman Dasar, Logika AlgoritmaAbstract
Literasi digital merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki masyarakat di era transformasi digital saat ini. Sayangnya, masih banyak kelompok masyarakat dari berbagai latar belakang yang belum memahami dasar-dasar pemrograman dan logika algoritma sebagai fondasi berpikir digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep dasar pemrograman dan logika algoritma melalui pelatihan interaktif secara daring kepada 28 peserta dari berbagai kalangan. Pelatihan dilaksanakan pada 6 Februari 2025 melalui aplikasi Zoom dengan pendekatan pembelajaran partisipatif dan praktik langsung menggunakan platform visual sederhana yang sesuai untuk pemula. Metode pelaksanaan mencakup tahap persiapan materi, pelaksanaan pelatihan, diskusi interaktif, dan evaluasi hasil kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap logika berpikir algoritmik dan dasar pemrograman, serta menunjukkan antusiasme dalam mengembangkan solusi digital sederhana. Pelatihan ini juga mendorong peserta untuk berpikir sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Kesimpulannya, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan literasi digital masyarakat dan dapat dijadikan model pelatihan serupa di masa depan untuk kelompok sasaran lainnya.References
Arribe, E., Winarso, D., & Wijaya, S. A. (2025). Peningkatan Literasi Digital melalui Workshop Desain dan Koding Aplikasi Web bagi Siswa SMA di Kota Pekanbaru. Jurnal Kontribusi. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/584
Firdaos, H. A., & Sujjada, A. (2025). Rancang Bangun Sistem Genusian Course Academy dengan Pendekatan Hybrid Collaborative Filtering dan Content-Based untuk Literasi Digital. Briliant: Jurnal Riset dan Pengabdian. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/1957
Kristiyanto, A., & Romansyah, A. (2023). Pengenalan Koding dan Program Scratch bagi Siswa MA Mathla'ul Anwar Baros Upaya Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Abdimasku. http://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/view/1132
Liantoni, F., Budiyanto, C. W., & Aristyagama, Y. H. (2024). Peningkatan Kreativitas dan Kemampuan Algoritma melalui Workshop Game Development. Jurnal Dedikasi. https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi/article/view/93557
Putranto, F. K. H. (2024). Peran Pembelajaran Informatika dalam Menumbuhkan Pemahaman Literasi Digital pada Siswa. Jurnal Tahsinia. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/592
Rio, R., & Fadli, M. (2024). Pengenalan dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch untuk Siswa SMP Kota Lubuklinggau. Madaniya. https://www.madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/1036
Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2024). Pelatihan Game Maker Construct untuk Peningkatan Dasar Logika dan Kreativitas pada Siswa SMP. JURPIKAT. https://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/jurpikat/article/view/1782
Sa’ida, I. A., Santi, N. C., & Audytra, H. (2024). Microteaching Computational Thinking pada Kelompok Guru MTs Al Yakin sebagai Best Practice Literasi Digital. Jurnal Amal. https://ejournal.stpmataram.ac.id/Amal/article/download/3552/2720
Safitri, R., Hermawan, D., & Haryadi, D. (2022). Coding for Kids: Belajar Coding dengan Blockly Programming untuk Kemampuan Computational Thinking. Prosiding Seminar Nasional. https://teslah.uai.ac.id/index.php/PSN/article/view/3273
Tresna, I. C., & Sijabat, R. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 10, 87.
Tresna, I. C., Maulana, T. A., & Sintowoko, D. A. W. (2021). Analisis Semiotika Sosok Disabilitas Pada Serial Animasi Nussa. EProceedings of Art & Design, 8(2).
Utomo, R. G., Maulana, R., & Akbar, A. (2023). Keterampilan Pemrograman Dasar bagi Siswa SMP/SMA Daarut Tauhiid melalui Pendekatan Interaktif. Jurnal Pemanfaatan Aplikasi dan Teknologi. https://jurnal.matradipti.org/index.php/japatum/article/view/64
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lailia Rahmawati, Ratih Kusumastuti, Yayuk Suprihartini, Suryati Suryati, Hendri Syahputra, Sukini Sukini, Muhammad Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.