PENGENALAN DEEP LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN PERKOTAAN UNTUK MENYIAPKAN PENDIDIK PAUD YANG ADAPTIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47651Keywords:
PKM, Pembelajaran Mendalam, Pendidik PAUDAbstract
Bagi pendidik kehadiran Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam membawa tantangan baru yang tidak bisa diabaikan, baik aspek pedagogi, adaptasi teknologi, maupun peran mereka dalam dunia pendidikan. Hasil observasi awal di beberapa PAUD di wilayah Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Pusat menunjukkan masih adanya yang belum memiliki pemahaman tentang konsep Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam dalam konteks Kurikulum Merdeka. Kondisi tersebut menjadi semakin mendesak mengingat lingkungan perkotaan dengan dinamika sosial, ekonomi, dan teknologi yang berkembang pesat membutuhkan pendidik yang adaptif terhadap perubahan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) hadir menjawab kebutuhan tersebut melalui Pelatihan dan Pendampingan dalam mengimplementasikan Deep Learning sesuai Kurikulum Merdeka. PKM diselenggarakan di TK Negeri Tegal, Jakarta Pusat. Waktu pelaksanaan 11-25 April 2025. PKM diikuti oleh 12 lembaga PAUD terdiri 8 TK Negeri, 4 TK Swasta, dengan jumlah peserta 22 orang. PKM dilaksanakan secara offline dan online. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (pre & post test). Hasil analisis menunjukkan pre test 81,13 dan post test 94,77, maka peningkatan hasil adalah 16,64 point setara dengan peningkatan sebesar 14 %. Kesuksesan program ini tidak sekadar terukur dari peningkatan skor namun diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam bagi pendidik PAUD yang adaptif dengan konteks lingkungan perkotaan, sekaligus membuka wawasan baru tentang Implementasi praktik.References
Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883
kemendikbut. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.web.id/adaptasi
Kemendikdasmen. (2025). 49 Ide Deep Learning.
Menengah, K. P. D. dan. (2025). Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu.
Ni Nyoman Kurnia W, Nyoman Ayu Putri Lestari, I Nyoman Sudiana, I. B. P. (2022). Analisis Pendekatan CBSA dan Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 255–264. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index
Pancasakti, P. U. (2022). Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat, Seminar Internasional dan Ujian Komprehensif 1.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. K. P. D. dan M. R. I. (2025). Pembelajaran mendalam. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Putri, Z. O. (n.d.). Teori AdaptasiMenurut John William Bennett. https://www.kompasiana.com/zahraodeta/63832fe89557ec31430f5172/teori-adaptasi-menurut-john-william-bennett?page=all#goog_rewarded
Rizky Gilang Kurniawan, S. P. (n.d.). Pembelajaran Diferesiansi Berbasis Deep Learning Stategi Mindful, Meaningful dan Joyful learning.
TBS, 2019. (n.d.). Guru Ideal adalah Teladan Bagi Peserta Didiknya. https://rise.smeru.or.id/id/blog/guru-ideal-adalah-teladan-bagi-peserta-didiknya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lilis Suryani, Siti Soleha, Lia Ruswiyati, Shifa Choerun Nisa, Nurfadhillah P.S Minggu, Altrin Sudyati Taarape

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










