PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN MELALUI EDUKASI STRATEGI PEMASARAN DAN PENENTUAN HARGA INOVATIF PADA TOKO JAYA PARFUME

Authors

  • Rahma Yulita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau
  • Lisa Tinaria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46515

Keywords:

Daya Beli Konsumen, Strategi Pemasaran, Penentuan Harga Inovatif, Toko Jaya Parfume (atau UMKM, Toko Parfume)

Abstract

Toko Zaya Parfume, sebuah perusahaan isi ulang parfum milik perorangan yang berlokasi di Jl. Garuda, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau, menjadi lokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini. Toko ini memiliki banyak pilihan produk, harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis dibanding kompetitor. Namun, hingga saat ini toko ini belum memiliki rencana harga dan promosi yang ideal. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai strategi pemasaran sederhana dan teknik penetapan harga berbasis nilai agar dapat meningkatkan daya beli konsumen. Beberapa teknik pelaksanaannya adalah workshop, diskusi interaktif, strategi pemasaran digital, dan pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha semakin memahami cara menetapkan harga yang kompetitif dan membuat konten promosi. Di pasar lokal, tindakan ini meningkatkan kelangsungan hidup usaha dan daya tarik produk.

References

Assauri, S. (2020). Manajemen Pemasaran (Ketujuh). Raja Grafindo Persada.

Baswedan, A., & Satrio, R. (2022). Pengaruh Edukasi Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 85–93.

Chen, X., & Gallego, G. (2018). Strategic pricing and advertising with reference price effects. Management Science, 64(10), 4685–4705. https://doi.org/10.1287/mnsc.2017.2833

Imani, M. F., Fikri, M. K., & Filzah, A. (2022). Pengaruh Kreatif, Inovasi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i%0A1.160

Kallus, Y., & Zhou. (2020). Pricing with customer perception of fairness. Operations Research, 68(5), 1354–1373. https://doi.org/10.1287/opre.2019.1934

Kedia, B. L., Prabhakar, B., & Mukherjee, D. (2020). Leveraging social media marketing for business growth: A strategic framework for SMEs. Journal of Strategic Marketing, 28(6), 483–497.

Kemenkop UKM. (2024). Data dan Informasi UMKM. https://www.kemenkopukm.go.id

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.

Panda, A. (2023). Strategi Kreatif Memaksimalkan Media Sosial untuk Menyampaikan Keistimewaan dan Nilai Produk Desa. https://www.panda.id/strategi-kreatif-memaksimalkan-media-sosial-untuk-menyampaikan-keistimewaan-dan-nilai-produk-desa/

Pasigai, M. A. (2022). Pentingnya Konsep dan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 51–56.

Santoso, D. (2022). Psikologi Harga dan Preferensi Konsumen dalam Penentuan Harga Produk UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 3(1), 45–57.

Srimulatsih, N. (2022). Segmentasi Pasar dan Penetapan Harga Berdasarkan Daya Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 76–83.

Statista. (2023). Social Media Advertising Statistics. https://www.statista.com

Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S., & Siregar. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159–164. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282

Fill, C., & Turnbull, S. (2019). Marketing Communications: Discovery, Creation and Conversations (7th ed.). Pearson Education.

Imani, S., Prasetyo, M. A., & Nuryakin. (2022). Kreativitas dan Inovasi Strategi Pemasaran terhadap Daya Beli Konsumen pada UMKM. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 115–125.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kallus, A., & Zhou, E. (2020). The Role of Value-Based Pricing in Consumer Goods Markets. Journal of Retail and Consumer Studies, 33(1), 50–62.

Santoso, H. (2022). Strategi Penetapan Harga pada UMKM dalam Menghadapi Ketidakstabilan Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(1), 47–55.

Solissa, E. M., Utami, R. J., Ikhlas, A., Putra, S. R., Vanchapo, A. R., & Mahendika, D. (2023). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard (Cba). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2941-2946.

Syukron, M., Nugroho, A., & Harahap, R. (2022). Pengaruh Strategi Harga terhadap Permintaan Konsumen pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 5(2), 87–94.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Yulita, R., & Tinaria, L. (2025). PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN MELALUI EDUKASI STRATEGI PEMASARAN DAN PENENTUAN HARGA INOVATIF PADA TOKO JAYA PARFUME. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4341–4348. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46515

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.