PENDAMPINGAN PENYELESAIAN SOAL UJIAN SEKOLAH PADA MATAPELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 14 MAROS

Authors

  • Sujarwo Sujarwo Universitas Megarezky
  • Sunarlia Limbong Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Vivit Rosmayanti Universitas Negeri Makassar
  • Yuriatson Jubhari Politeknik Sandi Karsa, Makassar
  • Luana Sasabone Universitas Kristen Indonesia Paulus

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46279

Keywords:

Bahasa Inggris, Ujian Sekolah, PKM, Peningkatan

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemberian solusi atas permasalahan yang ada pada mitra yaitu SMA Negeri 4 Maros, dalam rangka mendukung upaya agar siswanya mampu menjawab cepat dan benar soal ujian nasional bahasa Inggris yang berbasis komputer. Tujuan kegiatan PKM ini untuk meningkatkan kualitas siswa dan nilai akhir ujian nasional siswa. Dari hasil observasi awal yang telah dilakukan, SMA Negeri 4 Maros terpilih menjadi mitra kegiatan PKM dikarenakan kemampuan dan pemahaman siswa dalam pelajaran bahasa Inggris yang kurang sehingga membuat nilai Bahasa Inggris mereka rendah, yang dilihat dari hasil ujian tryout mereka. Untuk mengupayakan peningkatan nilai bahasa Inggris siswa maka haruslah diberikan pelatihan trik menjawab soal bahasa Inggris. Siswa kelas XII akan mendapatkan pelatihan dalam menjawab soal-soal ujian bahasa Inggris. Pelatihan ini dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan dimana siswa diberikan bimbingan secara detail tentang trik menjawab soal bahasa Inggris. Selama pelatihan, siswa juga mendapat kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya jika ada permasalahan untuk mencapai solusi yang tepat. Luaran yang diharapkan dari pelatihan ini siswa belajar mandiri melalui soal-soal latihan Ujian Nasional. Peningkatan pemberdayaan mitra Peningkatan pengetahuan mitra dapat tercapai. Pelatihan menjawab soal-soal ujian Bahasa Inggris untuk siswa kelas XII memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman, keterampilan menjawab soal, dan kemandirian belajar siswa. Pelatihan ini juga berkontribusi pada peningkatan pemberdayaan mitra, yaitu sekolah dan guru, dalam mendukung kesiapan siswa menghadapi ujian nasional. Dengan pendekatan bimbingan yang sistematis dan interaktif, tujuan pelatihan tercapai secara optimal.

References

Agustina, D., Fatih‘Adna, S., & Nasution, N. B. (2019). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Anita, F., Kusumaningsih, C., Syahadati, E., & Ramadhiyanti, Y. (2019). Pendampingan Penyelesaian Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Sma Pancasila. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 12-23.

Aristia, E. S., Sumarlin, S., & Sahratullah, S. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Di Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Journal of Community Empowerment, 1(2), 68-74.

Avizenna, M. H., Yudianto, M. R. A., Primadewi, A., Widyanto, R. A., & Purnomo, T. A. (2022). Gerakan PANDAI: Pelatihan Computational Thinking Guru MAN pada Mata Pelajaran Bahasa di Kabupaten Magelang. Madaniya, 3(3), 348-358.

Hafis, M., Putra, M. I. R., & Kurniawati, T. (2018). Pelatihan strategi belajar bahasa Inggris siswa kelas III SMP Walisongo dalam menghadapi ujian nasional 2018. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 176-186.

Hidayat, A., Anggraini, A., Friska, Y., Kusumaningsih, A., & Syafi’i, M. T. (2021). Pendampingan Belajar Matematika dan Bahasa Inggris Gratis Untuk Anak Asuh Yayasan Al-Kamilah. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1), 19-24.

Idayani, A., Sailun, B., & Febriani, M. (2022). Pendampingan Strategi Mengerjakan Soal TOEFL Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UIR: Assistance Strategy for Taking TOEFL Questions for English Education Students FKIP-UIR. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(1), 01-08.

Idham, A. Z., Imran , A. F., Imran, A. F., & Rauf, W. . (2025). The Impact of Learning Strategies on English Proficiency: Insights from UNM English Department Students. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.56314/edulec.v5i1.287

Kemdikbud (2017). Model Silabus Mata Pelajaran SMA/MA/SMK: Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kemdikbud

Mentari Pratami, & Erniyanti Nur Fatahhela Dewi. (2024). Integrating Reading Lesson Into Speaking Practice Through Jigsaw Technique (A classroom research in Bina Sarana Informatika University). IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 3(1), 96–105. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v3i1.226

Rosmayanti, V., Asrifan, A. ., & Vargheese, K. . (2025). Enhancing Students’ Engagement in English Language Learning Through Mentimeter: A Case Study. IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v4i1.274

Sujana, I. M., Waluyo, U., Ariffudin, A., & Soepriyanti, H. (2021). Pendampingan Perancangan Pembelajaran Bahasa Inggris SMK di Masa dan Pasca-Pandemi Covid 19: Integrasi TLC Model dalam Google Classroom. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(1).

Sujarwo, S., Sukmawati, S., Limbong, S., Rosmayanti, V., Asdar, A., & Chatima, C. (2024). Pendampingan Inovasi Teknologi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Eksplorasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMK. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1954-1964.

Sujarwo, S., Asdar, A., Jubhari, Y., Sasabone, L., Syukriady, D., & Achmad, M. (2023). Pelatihan Motivasi Berbahasa Inggris Untuk E-Comer Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2849-2855.

Sujarwo, S., & Akhiruddin, A. (2020). Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 55-65.

Sujarwo, dkk. (2023). PKM Pelatihan Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Dan Hasil Test TOEFL Pada Mahasiswa Apoteker. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1 (1), 24-31.

Wardhani, D. T. M. (2019). Pkm pelatihan menjawab soal ujian nasional bahasa inggris melalui metode predicting dan scanning pada siswa Mts Nurul Hikam Kapongan Kabupaten Situbondo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 3(2), 82-93.

Wedayanthi, L. M. D., Darmayanti, N. W. S., Adiwijaya, P. A., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Pendampingan Pembelajaran Sains dalam Bahasa Inggris berbasis PLK di SD. Madaniya, 3(3), 491-500.

Zul Fauzi, A. (2024). The Role of Think-Pair-Share in Enhancing Writing Skills in Recount Texts. EDULEC: Education, Language, and Culture Journal, 4(3), 259–272. https://doi.org/10.56314/edulec.v4i3.261

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Sujarwo, S., Limbong, S., Rosmayanti, V., Jubhari, Y., & Sasabone, L. (2025). PENDAMPINGAN PENYELESAIAN SOAL UJIAN SEKOLAH PADA MATAPELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 14 MAROS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4686–4692. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46279

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.