PELATIHAN INTEGRATED SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI BOARDING SCHOOL MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH LOMBOK BARAT

Authors

  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Siti Agrippina Alodia Yusuf Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Moh. Fauzi Bafadal Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Indra Atriyana Saputra Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Fira Fira Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rima Rahmaniah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45731

Keywords:

Bahasa Inggris, Pembelajaran, Siswa, Integrated Skills.

Abstract

Peningkatan keterampilan berbahasa Inggris menjadi kebutuhan esensial dalam dunia pendidikan, terutama bagi siswa di lingkungan boarding school yang membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan komprehensif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa secara terpadu (integrated skills) melalui metode pelatihan. Mitra dalam kegiatan ini adalah 32 siswa dari Boarding School Mua’llimin Lombok Barat. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan sosialisasi kepada guru mengenai metode integrated skills dan pemanfaatan media pembelajaran digital, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan intensif kepada siswa. Pelatihan ini dirancang untuk mengembangkan empat keterampilan utama dalam bahasa Inggris, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, secara simultan. Evaluasi dilakukan melalui penyebaran angket yang terdiri dari 14 butir soal untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bahasa Inggris siswa sebesar 22,72%. Selain itu, siswa menunjukkan keterlibatan aktif selama sesi pelatihan, serta peningkatan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Keberhasilan program ini mengindikasikan bahwa metode integrated skills dan penggunaan media digital efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Diharapkan hasil pengabdian ini dapat menjadi referensi bagi program serupa di lingkungan pendidikan berbasis asrama.

References

S. Handayani, “Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean,” Ikat. Sarj. Pendidik. Indones. Jawa Teng., 2018.

I. Ilham, M. Hudri, I. Irwandi, R. Rahmaniah, H. Ismail, and H. Hidayati, “Pendampingan Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Mataram,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 2, p. 1440, 2023, doi: 10.31764/jpmb.v7i2.14714.

M. M. Saihu and A. Aziz, “Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” Belajea; J. Pendidik. Islam, 2020, doi: 10.29240/belajea.v5i1.1037.

Ilham, Y. Isnaini, Irwandi, Lukman, and H. Ismail, “Pelatihan TOEFL (Test of English ss Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren,” J. Character Educ. Soc., vol. 5, no. 3, pp. 715–725, 2022, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9228https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

M. N. Annisa and R. Safii, “Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi,” ELOQUENCE J. Foreign Lang., 2023, doi: 10.58194/eloquence.v2i2.861.

Ilham et al., “Pendampingan bahasa inggris yang menyenangkan bagi siswa SMPN di pinggiran kota mataram,” Selaparang. J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 4, pp. 2995–3001, 2023.

L. Rahmawati, A. Anggrawan, H. Hastuti, D. Aprianto, and N. Alfilail, “Penggunaan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa di Sekolah,” vol. 5, no. 2, pp. 529–538, 2025, doi: 10.30812/adma.v5i2.4623.

D. Rita, “Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Menggunakan Gallery Exhibition Project dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada topic Report Text,” J. Educ. Learn. Innov., 2022, doi: 10.46229/elia.v2i1.397.

I. N. Nuarta, “Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning,” J. Pendidik. Fis. Indones. (Indonesian J. Phys. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 37–41, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4006057.

L. Mahsar, “Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Content-Based Instruction (CBI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram,” Media Bina Ilm., 2020.

A. Shafira and D. A. A. Santoso, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Guided Conversation,” JEdu J. English Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.30998/jedu.v1i1.4409.

M. Adelina, “1279-3930-1-Pb,” vol. 1, no. 3, pp. 344–353, 2017.

S. K. S. H. Khotimah, “Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19.,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. (4), pp. 2149–2158, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.857.

M. M. Astriani and M. A. Alfahnum, “Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 4, p. 366, 2020, doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151.

Ilham, Irwandi, Y. Isnaini, R. Rahmania, M. Hudri, and M. F. Bafadal, “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Islam di Kekalik Sekarbela Mataram,” JCES (Journal Character Educ. Soc., vol. 4, no. 4, pp. 1–10, 2021, doi: 10.29300/mjppm.v10i1.4046.

D. F. Wulandari, D. Praptawati, and R. Permatasari, “Peningkatan Kompetensi Berbahasa Inggris Warga Belajar PKBM Ar-Rohmah dengan Metode Integrated Skill,” Indones. J. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 153, 2021, doi: 10.30659/ijocs.3.2.153-160.

A. Z. Rosyidi, A. S. Paris, and H. Suryadi, “Pelatihan Bahasa Inggris dengan Metode Integrated Skillsbagi santri Pondok Pesantren Raudatuttholibin NW Paokmotong Kecamatan Masbagik,” Insa. J. Pengabdi. Masy., 2023, doi: 10.61924/insanta.v1i1.3.

I. Irsan, A. L. N. G, A. Pertiwi, and F. R, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva,” J. Abdidas, vol. 2, no. 6, pp. 1412–1417, 2021, doi: 10.31004/abdidas.v2i6.498.

H. Wiyono et al., “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru Mgmp Ips Kabupaten Mempawah,” Abdimas Galuh, vol. 5, no. 1, p. 183, 2023, doi: 10.25157/ag.v5i1.9185.

Hamran, E. adnan A. Rego Devilla, Israwati Akib, and Hamriani, “Journal of Community Service and Empowerment,” J. Community Serv. Empower., vol. 2, no. October, pp. 67–84, 2023.

E. Nurhidayat, J. Mujiyanto, I. Yuliasri, and R. Hartono, “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Post Pandemic : Studi Kasus di SMA Kab . Majalengka,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., vol. 5, pp. 305–309, 2020.

A. Nasution, M. Siddik, N. Manurung, and S. Royal, “Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. 1, pp. 1–5, 2021.

N. D. Hardini and A. Fadly, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang,” pp. 2333–2337, 2024.

P. Dian Yuliani Paramita, “Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Implementasi Aplikasi E-Learning,” EDUKASIA J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 1799–1804, 2023, doi: 10.62775/edukasia.v4i2.508.

C. W. Hoerudin, “Implementasi Model Tipologi Interaksi untuk Meningkatkan Interaksi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis online,” Res. Dev. J. Educ., 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i1.12436.

R. H. A. Gani, K. Nahdi, T. Ernawati, H. Wijaya, and U. Terbuka, “Pendampingan Individu dalam Pengembangan Pembelajaran Differensiasi untuk Guru Penggerak Angkatan 8 di SMKN 1 Kotaraja,” vol. 4, no. 2, pp. 193–210.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Ilham, I., Yusuf, S. A. A., Bafadal, M. F., Saputra, I. A., Fira, F., & Rahmaniah, R. (2025). PELATIHAN INTEGRATED SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI BOARDING SCHOOL MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH LOMBOK BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4196–4203. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45731

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.