PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TPCK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Rohantizani Rohantizani Universitas Malikussaleh
  • Nuraina Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Mursalin Mursalin Universitas Malikussaleh
  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45904

Keywords:

Strategi Pembelajaran Inovatif, TPCK, Matematika, Guru, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Guru abad 21 harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendefinisikan, menjelaskan tentang pengukuran, dan menjelaskan tentang pengembangan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Penulisan artikel menggunakan metode survei untuk mengetahui tingkat TPCK pada guru matematika. Hasil kajian mendapati bahwa, TPCK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. TPCK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan tuntutan pembelajaran Abad 21. Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh berjalan dengan sukses dan lancar. Berdasarkan hasil angket, hampir seluruh peserta memberikan tanggapan positif, memperoleh persentase 95,81% dengan kategori sangat baik.

References

Adji, S. S., Kismiati, D. A., Safitri, H., Kimia, P., Biologi, P., Fisika, P., Matematika, P., & Email, C. A. (2022). Jurnal Pengabdian UNDIKMA : Pelatihan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Sebagai Kerangka Pengetahuan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru FKIP , Universitas Terbuka Pendahuluan Dalam upaya meningkatkan keefektifan kegiatan pembelajaran ,. 3(3), 401–409.

Filina, N. Z., Sari, S. M., & Zahraini, Z. (2024). The Utilization of Technological Pedagogical Contect Knowledge (TPACK) in Elementary School Learning. International Journal of Business, Law, and Education, 5(1), 260–266. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.371

Hanifah, U., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2025). Technology, pedagogy, and content knowledge in mathematics education: a systematic literature review. Journal of Education and Learning, 19(1), 579–586. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21816

Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2665

Janah, E. F. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 348. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65655

Mufroh, S. A., Laduna, T., Rm, I., Fatmah, N., Mufroh, S. A., Laduna, T., Rm, I., & Fatmah, N. (2025). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah : Studi Kasus Madrasah Aliyah Amtsilati Jepara Strategies for Increasing Madrasah Competitiveness : A Case Study Madrasah Aliyah Amtsilati Jepara. 33(1), 21–34.

Murtiyasa, B., & Atikah, M. D. (2021). Kemampuan TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2577–2590.

Nay, C., & Dopo, F. (2024). Upaya Digitalisasi Pendidikan Melalui Program Kerja Adaptasi Teknologi di Sekolah Sasaran Kampus Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–59. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3115

Nuraina, & Rohantizani. (2024). Challenges of Teacher Prospective Students on the Preparation of Teaching Materials and TPACK-Based Assessment for Micro Teaching Courses. 7(4), 24–30.

Nurdin, F. A., Faizal, M., & Daeng, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan TPACK pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Lempu PGSD, 1(3), 250–256. https://doi.org/10.70713/lempu.v1i3.4354

Nurhadi., Suryadi, D., & Rachman, A. (2020). Quality Assurance in Higher Education: A Study of Program Accreditation in Indonesia. International Journal of Education Development. https://doi.org/10.1016/j.ijejudev.2020.102192

Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.552

Permana, B. A. C. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Untuk Guru di Kecamatan Sembalun. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4210

Pramana, R. S., Imamora, M., Fazis, M., & Khairat, A. (2023). Pengaruh TPACK (Technological, Pendagogical, and Content Knowledge) dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. MANAZHIM, 5(2), 566–581. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3090

Pulungan, T. N., Kuswantara, H., & Siswanto, D. H. (2024). Studi Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kompetensi Murid. MURABBI, 3(2), 139–151. https://doi.org/10.69630/jm.v4i1.49

Rahmawati, E. (2024). Perana Media Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Sentono Tahun Ajaran 2023/2024. (Doctoral Dissertation, Universitas Widya Dharma).

Saputra, A. K. (2022). Perubahan Paradigma Peran Guru. https://doi.org/10.31237/osf.oi/98jcu

Sarah, S., Si. S. P., Fuadi, T. M., Hadiati, S., Aswita, D., & Saputra, S. (2021). Menjadi Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit K-Media.

Sari, W., Rifki, A. M., Karmila, M., Dwiyama, F., & Aziz, M. B. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid 19. Jurnal Mappesona, 2(1).

Susilawati, W. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Matematis Berbasis Technological Pendagogical Contect Knowledge Menuju Pendidik Profesional.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisi Technological Pedagogical Contect Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47–60. https//doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Rohantizani, R., Nuraina, N., Mursalin, M., & Hayati, R. (2025). PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TPCK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4404–4410. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45904

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.