PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TPCK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45904Keywords:
Strategi Pembelajaran Inovatif, TPCK, Matematika, Guru, Sekolah Menengah AtasAbstract
Guru abad 21 harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendefinisikan, menjelaskan tentang pengukuran, dan menjelaskan tentang pengembangan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Penulisan artikel menggunakan metode survei untuk mengetahui tingkat TPCK pada guru matematika. Hasil kajian mendapati bahwa, TPCK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. TPCK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan tuntutan pembelajaran Abad 21. Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh berjalan dengan sukses dan lancar. Berdasarkan hasil angket, hampir seluruh peserta memberikan tanggapan positif, memperoleh persentase 95,81% dengan kategori sangat baik.References
Adji, S. S., Kismiati, D. A., Safitri, H., Kimia, P., Biologi, P., Fisika, P., Matematika, P., & Email, C. A. (2022). Jurnal Pengabdian UNDIKMA : Pelatihan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Sebagai Kerangka Pengetahuan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru FKIP , Universitas Terbuka Pendahuluan Dalam upaya meningkatkan keefektifan kegiatan pembelajaran ,. 3(3), 401–409.
Filina, N. Z., Sari, S. M., & Zahraini, Z. (2024). The Utilization of Technological Pedagogical Contect Knowledge (TPACK) in Elementary School Learning. International Journal of Business, Law, and Education, 5(1), 260–266. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.371
Hanifah, U., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2025). Technology, pedagogy, and content knowledge in mathematics education: a systematic literature review. Journal of Education and Learning, 19(1), 579–586. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21816
Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2665
Janah, E. F. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 348. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65655
Mufroh, S. A., Laduna, T., Rm, I., Fatmah, N., Mufroh, S. A., Laduna, T., Rm, I., & Fatmah, N. (2025). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah : Studi Kasus Madrasah Aliyah Amtsilati Jepara Strategies for Increasing Madrasah Competitiveness : A Case Study Madrasah Aliyah Amtsilati Jepara. 33(1), 21–34.
Murtiyasa, B., & Atikah, M. D. (2021). Kemampuan TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2577–2590.
Nay, C., & Dopo, F. (2024). Upaya Digitalisasi Pendidikan Melalui Program Kerja Adaptasi Teknologi di Sekolah Sasaran Kampus Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–59. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3115
Nuraina, & Rohantizani. (2024). Challenges of Teacher Prospective Students on the Preparation of Teaching Materials and TPACK-Based Assessment for Micro Teaching Courses. 7(4), 24–30.
Nurdin, F. A., Faizal, M., & Daeng, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan TPACK pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Lempu PGSD, 1(3), 250–256. https://doi.org/10.70713/lempu.v1i3.4354
Nurhadi., Suryadi, D., & Rachman, A. (2020). Quality Assurance in Higher Education: A Study of Program Accreditation in Indonesia. International Journal of Education Development. https://doi.org/10.1016/j.ijejudev.2020.102192
Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.552
Permana, B. A. C. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Untuk Guru di Kecamatan Sembalun. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4210
Pramana, R. S., Imamora, M., Fazis, M., & Khairat, A. (2023). Pengaruh TPACK (Technological, Pendagogical, and Content Knowledge) dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. MANAZHIM, 5(2), 566–581. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3090
Pulungan, T. N., Kuswantara, H., & Siswanto, D. H. (2024). Studi Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kompetensi Murid. MURABBI, 3(2), 139–151. https://doi.org/10.69630/jm.v4i1.49
Rahmawati, E. (2024). Perana Media Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Sentono Tahun Ajaran 2023/2024. (Doctoral Dissertation, Universitas Widya Dharma).
Saputra, A. K. (2022). Perubahan Paradigma Peran Guru. https://doi.org/10.31237/osf.oi/98jcu
Sarah, S., Si. S. P., Fuadi, T. M., Hadiati, S., Aswita, D., & Saputra, S. (2021). Menjadi Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit K-Media.
Sari, W., Rifki, A. M., Karmila, M., Dwiyama, F., & Aziz, M. B. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid 19. Jurnal Mappesona, 2(1).
Susilawati, W. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Matematis Berbasis Technological Pendagogical Contect Knowledge Menuju Pendidik Profesional.
Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisi Technological Pedagogical Contect Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47–60. https//doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rohantizani Rohantizani, Nuraina Nuraina, Mursalin Mursalin, Rahmi Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.